Sukses

18 Wisata Alam Indonesia Terpopuler yang Mendunia, Wajib Dikunjungi

Wisata alam Indonesia yang populer terdiri dari berbagai pilihan, mulai dari gunung hingga pantai.

Liputan6.com, Jakarta Wisata alam Indonesia yang populer terdiri dari berbagai pilihan, mulai dari gunung hingga pantai. Kekayaan alam yang dimiliki Indonesia tidak perlu diragukan lagi, kamu bisa menemukan destinasi alam yang unik dari Sabang hingga Merauke.

Dari puncak gunung yang sejuk dengan pemandangan yang begitu memesona, hingga alam bawah laut yang alami dengan ikan warna-warni bisa kamu temukan. Kamu tinggal memilih wisata alam seperti apa yang kamu inginkan.

Wisata alam Indonesia sudah terkenal hingga ke mancanegara. Hal ini karena di setiap pulau besar, Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua terdapat berbagai wisata alam yang elok. Tak heran, banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. 

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (21/4/2021) tentang wisata alam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Wisata Pantai

Indonesia memiliki jajaran pantai cantik dan eksotis. Pantai-pantai ini menjadi potensi wisata alam Indonesia yang banyak menarik wisatawan. Berikut beberapa pantai terindah yang ada di Indonesia:

Nusa Penida

Salah satu tempat wisata Indonesia terbaik dari Pulau Bali adalah Nusa Penida. Nusa Penida sekarang tentunya sangat banyak diminati wisatawan. Apalagi dengan keindahan yang ditawarkan oleh Nusa Penida dengan berbagai pantai uniknya. Tidak salah bila Nusa Penida menjadi salah satu destinasi yang paling ramai dikunjungi wisatawan. 

Nusa Penida cocok dijadikan destinasi liburan pelepas penat. Keindahan pemandangan alam pantai yang asri dengan pengalaman bermain air yang sangat seru bisa kamu dapatkan. Berbagai destinasi menarik bisa kamu kunjungi seperti Pantai Kelingking, Angel’s Billabong, Pantai Atuh, Pasih Uug (Broken Beach), Crystal Bay, hingga Mata Air Tembeling.

Pantai Pink, Komodo

Pink Beach merupakan pantai yang berada di cekungan bagian selatan Pulau Komodo. Warna pink di pantai ini berasal dari batuan koral yang hancur di lautan. Namun versi lain mengatakan, pasir merah jambu tersebut berasal dari hewan mikroskopik bernama firaminifera.

Pantai Ora, Seram Utara

Wisata alam Indonesia di Maluku yang memiliki keindahan tiada tara adalah Pantai Ora di Seram Utara. Dengan pantai yang dihiasi oleh pegunungan, laut biru yang jernih serta pepohonan yang rindang, panorama alamnya membuat siapa saja betah tinggal di sini. Selain pemandangan yang luar biasa indahnya, pondok-pondok yang eksotik menambah keunikan Pantai Ora.

Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Pantai Tanjung Tinggi dikenal dengan bebatuan granit raksasa di sepanjang pesisirnya. Pantai Tanjung tinggi diapit oleh dua semenanjung, yaitu tanjung Kelayang dan tanjung Pendam. Keistimewaan dari pantai berpasir putih ini adalah ratusan batu granit besar yang tersebar di kedua semenanjung dan juga di laut di depan pantai.

Pantai Nihiwatu, Sumba

Pantai Nihiwatu merupakan salah satu wisata alam Indonesia yang sudah terkenal hingga mancanegara. Pantai ini bahkan masuk dalam 17 besar World’s 100 Best Beaches In The World oleh CNN pada 2016 lalu. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih, air super jernih, dan panorama matahari terbenam yang cantik.

3 dari 6 halaman

Wisata Pegunungan

Indonesia dikelilingi oleh gunung berapi baik aktif maupun tidur. Kawasan pegunungan di Indonesia menjadi wisata alam menarik yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Berikut wisata alam pegunungan yang terkenal di Indonesia:

Rinjani, Lombok

Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat merupakan gunung favorit bagi pendaki karena keindahan pemandangannya. Salah satu daya tarik terbesar Rinjani adalah Danau Segara Anak dengan warna biru lautnya.

Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo

Dataran Tinggi Dieng di Kabupaten Wonosobo merupakan kawasan pegunungan eksotis di Jawa Tengah. Dieng adalah dataran tinggi yang curam dan terjal, tetapi ditanami oleh berbagai macam tanaman dan sayuran.

Gunung Bromo

Gunung Bromo tentunya tidak boleh dilupakan sebagai tempat wisata alam Indonesia terbaik. Tak berbeda jauh dengan pemandangan Gunung Semeru yang indah, Bromo menyajikan pemandangan sunrise dan padang pasirnya yang sangat luas.

Salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia ini tidak terlalu tinggi, kamu bisa menuju puncaknya dengan menyusuri tangga yang ada. Selain itu kamu juga dapat berkeliling di kawasan Gunung Bromo dengan menunggangi kuda. Bromo mungkin salah satu wilayah yang paling tidak boleh dilewatkan bagi kamu pecinta wisata alam.

4 dari 6 halaman

Wisata Bawah Laut

Potensi wisata alam Indonesia juga bisa ditemukan di bawah laut. Wilayah perairan Indonesia terkenal akan keindahan bawah lautnya. Berikut beberapa destinasi untuk menikmati keindahan bawah laut Indonesia:

Raja Ampat

Raja Ampat mulai dikenal sebagai surga tersembunyi di Timur Indonesia. Raja Ampat merupakan kepulauan yang terdiri dari lebih dari 1.500 pulau kecil, gundukan pasir, dan beting yang mengelilingi empat pulau utama yaitu Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool.

Wisata alam Indonesia satu ini menjadi tujuan utama para penggemar pesona bawah air. Wilayah Raja Ampat meliputi 9,8 juta hektar tanah dan laut, rumah bagi 540 jenis karang, lebih dari 1.000 jenis ikan karang dan 700 jenis moluska. Raja Ampat menjadi kekayaan laut yang paling beragam di dunia.

Gili Trawangan

Lombok menjadi daya tarik wisata yang tak kalah eksotis dari Bali sebagai salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia. Jajaran pantai, gugusan pulau kecil, dan kehidupan laut yang spektakuler untuk dijelajahi, pulau Lombok menjadi paket lengkap untuk berlibur di kawasan Nusa Tenggara Barat.

Selain itu, Lombok juga terkenal dengan Gili yang dimilikinya. Gili berarti pulau kecil dalam bahasa Sasak. Lombok memiliki lebih dari 20 Gili. Tiga yang paling diminati wisatawan adalah Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air.

Bunaken, Sulawesi Utara

Taman Nasional Bunaken termasuk dalam International Heritage yang menjadi favorit para penyelam. Bunaken terkenal dengan underwater great walls atau biasa disebut hanging walls yang merupakan dinding-dinding karang besar berbentuk vertikal dan melengkung ke atas.

Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur merupakan gugusan pulau yang keindahannya sudah memikat dunia internasional. Salah satu objek wisata yang paling terkenal di kepulauan Derawan adalah spesies ubur-ubur yang tidak berbahaya. Banyak wisatawan lokal maupun luar negeri yang berbondong-bondong untuk menikmati keindahan ubur-ubur ini.

Pemandangan baik di daratan maupun pemandangan di bawah laut kepulauan derawan ini benar-benar sangat mengagumkan. Pantai dengan pasir putih dan lautan yang biru dan sangat jernih sehingga menjadi lokasi diving yang sangat populer saat ini baik untuk penyelam lokal maupun penyelam dari laur negeri. Dengan memiliki lebih dari 30 gugusan pulau yang begitu indah membuat atensi wisatawan semakin hari semakin besar kepada Kepulauan Derawan ini.

Wakatobi

Kabupaten Wakatobi telah ditetapkan sebagai Taman Laut Nasional. Wakatobi memiliki total 1,4 juta hektar, 900.000 hektar di antaranya dihiasi dengan berbagai jenis spesies terumbu karang tropis. Wakatobi dikenal secara luas memiliki jumlah spesies terumbu dan ikan tertinggi di dunia.

Pulau-pulau ini juga terkenal sebagai penghalang karang terbesar di Indonesia, kedua setelah Great Barrier Reef di Australia. Tidak heran Wakatobi menjadi salah satu tempat wisata alam Indonesia terbaik.

Wakatobi menjadi pusat penyelaman yang menawarkan pengalaman tak terlupakan. Ada lebih dari 50 situs menyelam spektakuler yang mudah diakses dari pulau-pulau utama. Wakatobi sendiri dikatakan memiliki 942 spesies ikan dan 750 spesies terumbu karang dari total 850 koleksi dunia.

5 dari 6 halaman

Wisata Danau

Tak cuma pegunungan dan laut, Indonesia juga punya bentang alam indah berupa danau. Danau-danau ini terbentuk dengan berbagai cara, mulai dari letusan gunung berapi atau fenomena alam ribuan tahun lalu. Berikut danau-danau indah di Indonesia:

Danau Toba

Danau Toba merupakan danau terbesar di Asia Tenggara dan salah satu danau terdalam di dunia. Danau kawah besar ini memiliki sebuah pulau hampir seukuran Singapura di tengahnya yaitu pulau Samosir. Pulau Samosir menjadi destinasi untuk belajar sejarah, seperti kuburan batu dan desa tradisional.

Salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia ini berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut memiliki iklim sejuk, jauh dari panas, kelembaban, dan polusi kota. Pada akhir tahun warga sekitar biasa menggelar Festival Danau Toba.

Danau Sentani, Papua

Danau Sentani berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops yang memiliki luas sekitar 245.000 hektar. Danau terluas di Papua ini memiliki 21 buah pulau kecil yang ditinggali oleh SUku Sentani. Di danau ini juga terdapat 30 spesies ikan air tawar dan empat di antaranya merupakan endemik Danau Sentani.

6 dari 6 halaman

Wisata Konservasi

Keanekaragaman bentang alam yang tersebar, membuat Indonesia memiliki banyak lokasi cagar alam atau konservasi. Cagar alam ini bertujuan melindungi flora dan fauna agar terhindar dari kepunahan. Berikut wisata konservasi di Indonesia yang bisa dikunjungi:

Taman Nasional Komodo

Terletak di antara pulau Sumbawa dan Flores di provinsi Nusa Tenggara Timur, Pulau Komodo menjadi Taman Nasional Komodo, kadal terbesar di dunia yang hanya dapat ditemui di wilayah ini. Pada tahun 1986, Taman Nasional Komodo ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia dan Cagar Manusia serta Biosfer oleh UNESCO.

Taman Nasional Komodo meliputi total 29 pulau vulkanik termasuk 3 pulau utama Rinca, Padar dan Komodo. Salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia ini merupakan rumah bagi sekitar 2.500 Naga Komodo dan fauna darat lainnya.

Medan taman ini unik dan beragam, terdiri dari lereng pegunungan, hutan hujan tropis, padang rumput hutan, dan pantai berpasir putih bersih. Lingkungan laut di Taman Nasional Komodo adalah salah satu yang terkaya di dunia dalam flora dan fauna.

Hutan Hujan Tropis Sumatera

Hutan Hujan Tropis Sumatera merupakan lokasi pelestarian untuk beberapa spesies yang hampir punah seperti harimau sumatera, orangutan sumatera, gajah sumatera dan badak sumatera bercula dua. Hutan Hujan Tropis terbagi menjadi beberapa area, yaitu Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Kerinci Seblat dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

Taman Nasional Way Kambas

Wisata alam Indonesia di Pulau Sumatera ini adalah Taman Nasional Way Kambas di Lampung. Bagi kamu yang menyukai kegiatan alam yang seru dan menyenangkan bisa mengunjungi taman nasional ini. Salah satu daya tarik utama Taman Nasional Way Kambas tentunya adalah tempat konservasi gajah yang sangat terkenal. Kamu tentunya harus mengunjungi tempat ini setidaknya sekali seumur hidup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini