Sukses

Istighosah Artinya Meminta Pertolongan, Berikut Bacaan Beserta Artinya

Istighosah artinya adalah memohon pertolongan kepada Allah SWT agar kita terlepas dari kesulitan.

Liputan6.com, Jakarta Dalam kehidupan, manusia pasti akan dihadapkan pada ujian. Bagi umat Muslim, Allah SWT adalah satu-satunya tempat untuk mencurahkan keluh kesah dan memohon pertolongan. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meminta pertolongan kepada Allah SWT, salah satunya adalah melalui istighosah. Istighosah artinya adalah memohon pertolongan kepada Allah SWT agar kita terlepas dari kesulitan. 

Permohonan doa dalam istighosah artinya meminta pertolongan adalah pengalaman bersama yang dirasakan saat  dihadapkan pada ujian, berusaha dijauhkan dari wabah penyakit, dan terhindar dari bencana. Untuk itu, istighosah biasanya dilakukan secara berjamaah dengan harapan agar Allah SWT mengabulkan permohonan tersebut.

Berikut ulasan tentang istighosah artinya memohon pertolongan Allah beserta bacaannya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (2/6/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Istighosah

Kata ستغاثة atau istighosah artinya berasal dari kata "al-ghouts" (الغوث) yang berarti pertolongan. Dalam tata bahasa Arab, pola (wazan) "istaf'ala" (استفعل) atau "istif'al" mengindikasikan arti permintaan atau permohonan. Oleh karena itu, istighosah artinya meminta pertolongan. Contohnya adalah kata "ghufron"(غفران) yang berarti ampunan, dan ketika diturunkan ke dalam pola istif'al, menjadi istighfar استغفار yang berarti memohon ampunan.

Menurut ahli nahwu dalam buku Himpunan Teks Khutbah Jumat oleh Agus Hermanto dkk, istighosah artinya meminta pertolongan kepada Allah SWT atau seseorang (yang berwenang). Istighosah termasuk bentuk doa. Bacaan doa istighosah merupakan kumpulan doa, selawat, dan wirid atau zikir terutama istighfar agar Allah berkenan mengabulkannya.

Anjuran untuk beristighosah bagi umat Muslim terdapat dalam salah satu hadist yang berbunyi, Rasulullah bersebda, "Pada hari kiamat, matahari akan mendekati kepala manusia sehingga keringat sebagian orang akan keluar mencapai setengah telinga mereka. Ketika mereka berada dalam kondisi tersebut, mereka akan memohon pertolongan kepada Nabi Adam, kemudian kepada Nabi Musa, dan terakhir kepada Nabi Muhammad." (HR. Al Bukhari).

 

3 dari 5 halaman

Bacaan Istighosah

Istighosah dimulai dengan membaca basmalah kemudian diikuti dengan membaca Al-Fatiha, dan beristighfar sebanyak 3 kali.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ

اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ

صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

Bismillaahir rahmaanir rahiim. Alhamdulillaahi rabbil aalamiin. Ar rahmaanir rahiim. Maaliki yaumiddin. Iyyaaka na'budu wa iyyaaka nasta'iin. Ihdinash shiraathal mustaqiim. Shiraathal ladziina an'amta alaihim ghoiril maghdhuubi'alaihim waladhaalliin.

Artinya: Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Yang maha pengasih lagi maha penyayang. Yang menguasai hari pembalasan. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah, dan hanya kepada Engkaulah pula kami memohon pertolongan.

Tunjukkanlah kami ke jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahi nikmat kepada mereka, bukan jalan mereka yang dimurkai dan bukan pula jalan mereka yang sesat, semoga Engkau kabulkan permohonan kami."

أَسْتَغْفِرُ ٱللّٰهَ الْعَظِيْمَ

Astaghfirullahal adzhiim (3x)

Artinya: Saya mohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung.

4 dari 5 halaman

Doa Istighosah

 أسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ

Astaghfirullahalazim

Artinya: Saya mohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung.

لَاحَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إلَّا بِا للهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ 

La haula wa la quwwata iilla billahil aliyyil azhim. (3x)

Artinya: Tiada daya untuk menjauhi maksiat kecuali dengan pemeliharaan Allah dan tiada kekuatan untuk melakukan ketaatan kecuali dengan pertolongan Allah.

أللَّهُمَّ صَلِّي عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ   

Allahumma sholli alaa sayyidinaa Muhammad wa alaa ali sayyidinaa Muhammad. (3x)

Artinya: Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan kemuliaan kepada junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarganya.

لَا إلهَ إلَّا أنْتَ سُبْحَانَكَ إنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيْنَ 

Laillaha illa anta subhanaka inni kuntu minadhdhalimin. (40x)

Artinya: Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau, maha Suci Engkau, sungguh aku termasuk orang-orang yang telah berbuat dzalim.

يَا اَللهُ يَا قَدِيْمُ 

Ya Allahu ya Qadiim. (33x)

Artinya: Wahai Allah, Wahai Dzat yang ada tanpa permulaan.

يَا سَمِيْعُ يَا بَصِيْرُ

Ya sami’ yaa bashir. (33x) 

Artinya: Ya Allah Dzat Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

يَا مُبْدِعُ يَا خَالِقُ

Ya mubdi’u yaa kholiq. (33x)

Artinya: Wahai Dzat yang mewujudkan sesuatu dari tidak ada, wahai Dzat Yang Maha Pencipta.

يَا حَفِيْظُ يَا نَصِيْرُ يَا وَكِيْلُ ياَ اللهُ

Yaa hafiizhu yaa nashiiru yaa wakiilu ya Allah. (33x)

Artinya: Wahai Dzat yang memelihara dari keburukan dan kebinasaan, wahai Dzat Yang Maha menolong, wahai Dzat yang menjamin rizki para hamba dan mengetahui kesulitan-kesulitan hamba, ya Allah.

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أسْتَغِيْثُ 

Yaa hayyu yaa qayyumu birahmatika astaghits.(33x)

Artinya: Wahai Dzat Yang Hidup, yang terus menerus mengurus makhluknya, dengan rahmat-Mu aku memohon pertolongan-Mu.

 

 

5 dari 5 halaman

Doa Selanjutnya

يَا لَطِيْفُ

Yaa lathiif. (41x)

Artinya: Wahai Dzat yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

أسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ إنَّهُ كَانَ غَفَّارًا

Astaghfirullahalazhiima innahu kaana ghaffaraa. (33x)

Artinya: Aku mohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung, sunggu Allah Dzat yang Maha Pengampun.

أللَّهُمَّ صَلِّي عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ قَدْ ضَاقَتْ حِيْلَتِي أدْرِكْنِي يَا اَللهُ

Allahumma sholli alaa sayyidinaa Muhammadin qad dhaaqat hiilatii adriknii yaa Allah. (3x)

Artinya: Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan kemuliaan kepada junjungan kami Nabi Muhammad, sungguh telah habis daya dan upayaku maka tolonglah kami, Ya Allah Ya Allah Ya Allah.

أللّهُمَّ صَلِّي صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wa sallim salamaatan taamman ‘alaa sayyidinaa Muhammadilladzii tanhaalu bihil ‘uqadu wa tanfariju bihilkurabu wa tuqdhaa bihilhawaa-iju wa tunaalu bihirraghaa ibu wa husnulkhawaatimi wa yustasqalghamaamu bi wajhihilkariimi wa ‘alaa aalihi wa shahbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi’adadi kulli ma’luumin laka.

Artinya: Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta khusnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.

يَا بَدِيْعُ

Yaa badii'u (41x)

Artinya: Wahai Dzat yang menciptakan makhluk tanpa ada contoh sebelumnya."

حَسْبُنَا اللّٰهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

Hasbunallahu wani'mal wakiil (33x)

Artinya: Cukup bagi kami Allah, dan Dia sebaik-baik penolong.

Setelah membaca bacaan doa istighosah, bisa ditutup dengan melafalkan doa tahlil supaya lebih sempurna.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.