Sukses

9 Makanan yang Dapat Mengatasi Perut Kembung

Liputan6.com, Jakarta Makanan yang dapat mengatasi perut kembung dipengaruhi oleh berbagai kandungannya. Walaupun bisa sembuh sendiri, perut kembung sering kali menyebabkan rasa tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Perut kembung terjadi karena tubuh terisi terlalu banyak gas, air, atau zat-zat yang tidak bsia dicerna oleh tubuh. Biasanya hal ini terjadi saat kamu makan terlalu banyak atau terlalu cepat, makan permen karet, minum minuman berkarbonasi, minum dari sedotan, hingga karena perubahan hormon saat menstruasi pada wanita.

Makanan yang dapat mengatasi perut kembung bisa kamu konsumsi untuk segera meredakannya. Pemilihan makanan tentunya sangat penting untuk diperhatikan saat kamu mengalami perut kembung ini. Pasalnya, ada beberapa makanan yang dapat mengatasinya dan ada pula makanan-makanan yang malah dapat memperparah perut kembung yang sedang kamu alami.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (19/3/2020) tentang makanan yang dapat mengatasi perut kembung

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

2 dari 5 halaman

Jahe dan Pisang

Jahe

Makanan yang dapat mengatasi perut kembung pertama adalah jahe. Sifat antiinflamasi jahe bekerja dengan baik pada perut kembung karena produksi gas yang berlebihan. Jahe mengandung enzim pencernaan bernama zingibain, yang dapat membantu tubuh memecah protein. Hal ini sangat ampuh untuk melawan gas berlebih dalam perut.

Efek relaksasi setelah mengonsumsi jahe juga daoat menenangkan usus, mengurangi peradangan usus besar, dan membantu makanan yang kamu makan lebih mudah dicerna, sehingga mengurangi produksi gas dalam perut.

Nikmati jahe dalam secangkir hangat teh buatan sendiri untuk menyeruputnya sebelum atau sesudah makan.

Pisang

Kandungan kalium dalam pisang merupakan faktor utamanya menjadi makanan yang dapat mengatasi perut kembung. Makanan kaya kalium dapat membantu mengeluarkan sodium dan air.

Pisang juga mengandung serat larut yang akan melancarkan saluran pencernaan sehingga makanan-makanan yang tertumpuk di perut akan lebih cepat terurai. Meski begitu, makan satu buah pisang tidak serta-merta dapat langsung menyembuhkan kembung, namun keluhan dapat berkurang secara perlahan.

3 dari 5 halaman

Pepaya dan Mentimun

Pepaya

Pepaya sebagai salah satu makanan yang dapat mengatasi perut kembung dipengaruhi oleh kandungan papain. Papain dalam pepaya adalah enzim yang dapat membantu memecah makanan, sehingga mengurangi kemungkinan produksi gas berlebihan dalam perut.

Cara ini sangat efektif untuk menenangkan sistem pencernaan, terutama selama siklus menstruasi. Selain dengan mengonsumsi papaya, kamu bisa membeli papain dalam bentuk suplemen.

Mentimun

Mentimun sebagai makanan yang dapat mengatasi perut kembung memiliki kandungan quercetin. Salah satu zat aktif bersifat antioksidan ini mampu membantu meredakan perut kembung.

Selain itu, mentimun mengandung silika, asam kafeat, dan vitamin C yang berfungsi untuk mencegah retensi cairan dalam tubuh. Kamu bisa langsung mengonsumsi mentimun mentah atau mencampurkan irisan mentimun dalam air putih.

4 dari 5 halaman

Semangka dan Yoghurt

Semangka

Makanan yang dapat mengatasi perut kembung lainnya adalah semangka. Hal ini juga berkaitan dengan kandungan kaliumnya. Selain itu, semangka juga bersifat diuretik sehingga ginjal akan semakin terpacu untuk membuang air seni.

Hal ini tentu akan semakin cepat mengempiskan perut kembung karena kelebihan gas atau cairan. Karena buah ini mengandung 92% air, semangka kaya akan elektrolit dan enzim yang dibutuhkan guna mencerna berbagai zat seperti pemanis tambahan.

Yoghurt

Yoghurt yang kaya akan probiotik juga merupakan makanan yang dapat mengatasi perut kembung. Berbeda dengan susu, berbagai proses yang telah dilalui yoghurt membuatnya lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Kandungan probiotik dalam yoghurt akan merangsang pertumbuhan bakteri baik yang bisa meredakan perut kembung. Untuk khasiat mengusir kembung yang lebih cepat, kamu bisa mengonsumsi yoghurt dengan buah-buahan seperti pisang atau pepaya.

5 dari 5 halaman

Lemon, Bawang Putih, dan Seledri

Lemon

Lemon atau jeruk nipis juga dapat membantu meredakan kembung dan gejala gangguan pencernaan lainnya. Dengan meminum jus lemon, kamu mampu menggandakan hidrasi sekaligus mendapatkan asam untuk membantu saluran pencernaan bergerak lebih cepat. Hal ini tentunya sangat baik dikonsumsi sebagai makanan yang dapat mengatasi perut kembung.

Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bahan dapur yang merupakan makanan yang dapat mengatasi perut kembung. Bawang putih mampu merangsang sistem pencernaan dan membuang kelebihan cairan dalam tubuh. Kandungan allicin yang ditemukan pada bawang putih juga akan bekerja dengan baik bersama protein alami yang bisa mengurai berbagai zat dalam tubuh.

Seledri

Selain timun, sayuran hijau lainnya yang bisa membantu meredakan perut kembung adalah seledri. Seledri bisa mengendalikan gas berlebih dalam saluran pencernaan.

Karena kemampuannya untuk membersihkan tubuh dari berbagai racun dan zat berbahaya, sayuran ini pun ampuh untuk mencegah penumpukan makanan atau cairan.

Itulah beberapa makanan yang dapat mengatasi perut kembung yang dapat kamu konsumsi. Jika perut kembung yang kamu alami sangat mengganggu dan masih belum hilang setelah menggunakan makanan tersebut, segera periksakan diri ke dokter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini