Sukses

10 Manfaat Jus Nangka bagi Tubuh, Simak Cara Membuatnya

Selain segar, ternyata jus nangka memiliki manfaat yang sangat banyak.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat jus nangka sangat banyak dan baik bagi tubuh. Buah yang hidup di daerah tropis ini sering dikonsumsi saat diet sehat. Hal ini tidak lepas dari manfaat jus nangka yang memang memiliki banyak sekali nutrisi dan dibutuhkan oleh tubuh.

Untuk masyarakat yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia, tidak sulit tentunya memperoleh manfaat jus nangka. Sebab, memang buah nangka sangat mudah untuk ditemukan di daerah-daerah Indonesia.

Mengapa untuk mengonsumsinya dengan di jus? Selain rasa segar dari nangka itu sendiri, buah bergam nutrisi buah nangka akan lebih mudah terserap, karena buah sudah melalui proses penggilingan yang membuat sari-sari serta serat menjadi lebih mudah dicerna.

Dengan beragamnya manfaat jus nangka yang bisa didapatkan, jadi tidak ada salahnya apabila buah nangka menjadi menu wajib yang dikonsumsi sehari-hari.

Membahas lebih lanjut mengenai beragam manfaat jus nangka, berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, Rabu (4/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Kontrol Gula Darah dan Jaga Tekanan Darah

1. Kontrol Gula Darah

Buah nangka adalah jenis buah yang mempunyai kandungan indeks glikemik rendah. Indeks glikemk adalah ukuran seberapa cepat terpengaruhnya gula darah untuk naik setelah mengonsumsi makanan. Salah satu penyebab mengapa buah nangka memiliki indeks glikemik rendah, karena adanya serat yang cukup banyak.

Serat tersebut bisa memperlambat proses mencerna makanan. Hal ini membuat gula yang terdapat pada makanan tidak terlalu memengaruhi naiknya kondisi gula darah tubuh. Makanan dengan kandungan indeks glikemik rendah juga menjadi salah satu jenis makanan yang wajib dikonsumsi penderita diabetes.

 

2. Jaga Tekanan Darah

Manfaat jus nangka selanjutnya, yaitu mampu menjaga tekanan darah. Manfaat jus nangka tersebut dari kandungan kalium di dalamnya. Merujuk American Heart Association (AHA), jenis makanan yang memiliki kandungan kalium akan membantu seseorang menurunkan tekanan darah.

Cara kerja kalium dalam menurunkan tekanan darah dengan menangkal efek natrium serta mengurangi ketegangan pada dinding sekitar pembuluh darah.

3 dari 7 halaman

Meningkatkan Imunitas dan Menjaga Tulang

3. Meningkatkan Imunitas

Kemudian manfaat jus nangka yang bisa didapatkan berupa peningkatan kekebalan tubuh. Antioksidan serta vitamin dalam buah nangka bisa menjadi penunjang untuk peningkatan sistem kekebalan tubuh. Ada baiknya bagi Anda yang memiliki masalah kekebalan tubuh, bisa mengonsumsi jus buah nangka secara rutin. Sebab dengan mengonsumsinya secara rutin, bisa melindungi dari serangan virus dan bakteri.

 

4. Menjaga Tulang

Manfaat jus nangka selanjutnya membantu tubuh untuk memperkuat dan menjaga kesehatan tulang. Nangka memiliki kandungan magnesium yang penting dalam penguatan tulang. Selain itu beragam vitamin pada nangka juga membantu meningkatkan kualitas tulang.

Anda juga bisa memberi jus buah nangka pada anak-anak. Sebab, selama masa pertumbuhan, akan sangat baik apabila asupan yang membantu pertumbuhan tulang ditingkatkan.

4 dari 7 halaman

Percepat Penyembuhan Luka dan Sumber Energi

5. Percepat Penyembuhan Luka

Jus nangka baik dalam penyembuhan berbagai macam luka tubuh. Sebab, nangka kaya vitamin C. Kandungan vitamin C sangat membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Bahkan, vitamin C juga membantu proses pembentukan kolagen lebih cepat.

Kolagen adalah zat yang penting dalam membantu tubuh menjaga kesehatan kulit, tulang, pembuluh darah, serta bagian tulang rawan. Dengan rutin mengonsumsi nangka maka akan membuat penyembuhan luka jadi lebih cepat.

 

6. Sumber Energi

Rasa manis pada nangka berasal dari kandungan sukrosa dan fruktosa. Kedua bahan tersebut adalah gula alami yang dapat memberi tubuh asupan tenaga. Tapi, karena kandungan gula tersebut, Anda perlu membatasi konsumsinya. Jika dikonsumsi berlebihan bisa menimbulkan kelebihan kalori di tubuh.

5 dari 7 halaman

Menjaga Kesehatan Mata dan Cegah Sembelit

7. Menjaga Kesehatan Mata

Di dalam buah nangka terdapat kandungan vitamin A Beta-Karoten yang sangat berlimpah. Kandungan tersebut merupakan nutrisi baik untuk mata. Nutrisi tersebut juga melindungi mata dari infeksi virus dan bakteri. Dengan mengonsumsi jus nangka juga sangat efektif mencegah degenerasi retina dan mengurangi risiko timbulnya katarak mata.

 

8. Cegah Sembelit

Serat yang cukup tinggi pada jus nangka membantu terhindar dari masalah sembelit. Serat sangat berguna untuk mencegah terjadinya gangguan pencernaan seperti susah buang air besar. Dengan konsumsi nangka dalam jumlah cukup, akan melunakkan feses dan membuat feses lebih lancar keluar dari tubuh. Selain itu, dengan pencernaan yang lancar membuat tubuh semakin sehat.

6 dari 7 halaman

Mencegah Anemia dan Menjaga Kesehatan Kulit

9. Mencegah Anemia

Manfaat jus nangka yang tidak kalah menarik, yaitu mampu mencegah anemia. Anemia bisa membuat Anda merasa lemas dan letih hingga mengganggu aktivitas. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mendapatkan manfaat jus nangka agar terhindar dari kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin di mana berfungsi untuk menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh.

 

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat jus nangka yang terakhir, dapat menjaga kesehatan kulit. Kandungan antioksidan pada jus nangka, mampu memerangi radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan kulit dan membuat kulit terlindungi dari berbagai tanda penuaan.

7 dari 7 halaman

Cara Membuat Jus Nangka

Untuk mendapatkan berbagai manfaat jus nangka di atas, perlu mengolahnya dengan benar dan memperhatikan kandungan atau campurannya. Salah satunya gula, di mana ada baiknya untuk tidak menambahkan gula atau susu kentl manis di dalam campuran jus.

Penambahan gula dan susu kental manis bisa menambah asupan kalori yang justru membuat berat badan bisa bertambah. Simak bagaimana cara membuat jus nangka yang rendah kalori berikut ini:

Bahan:

- 50 gram nangka

- 100 ml Air matang

- Es batu secukupnya

 

Langkah membuat jus nangka:

a. Pisahkan daging nangka dari bijinya.

b. Masukkan nangka ke dalam blender.

c. Tuang air ke dalam blender.

d. Tambahkan es batu kemudian blender hingga halus dan tercampur rata.

e. Tuang ke dalam gelas dan nikmati selagi dingin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini