Sukses

Medium Seni Musik adalah Komponen Penting dalam Musik, Kenali Lebih Jauh

Kenali apa saja medium seni musik.

Liputan6.com, Jakarta Medium seni musik adalah komponen penting dalam musik. Seni musik adalah seni yang punya banyak penggemar. Musik bisa jadi cara mengekspresikan perasaan, ide, atau emosi.

Hampir setiap budaya manusia memiliki tradisi seni musiknya sendiri. Contoh instrumen awal seperti seruling dan drum telah ditemukan sejak ribuan tahun yang lalu. Ada banyak jenis musik di seluruh dunia dengan penggemarnya sendiri.

Musik juga memiliki banyak istilah yang menjelaskan bagaimana seharusnya dimainkan atau dinyanyikan. Salah satu bagian paling penting adalah medium seni musik. Medium seni musik adalah dasar utama dari seni ini.

Dalam musik, medium seni musik adalah komponen yang sangat vital. Tanpa medium seni musik, sebuah seni tidak dapat disebut dengan musik. Mengetahui medium seni musik adalah cara dasar mempelajari seni ini.

Berikut ulasan mengenai medium seni musik seperti dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (27/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Pengertian medium

Medium merupakan pembawa sesuatu seperti informasi atau gagasan manusia. Medium digunakan untuk menyalurkan dan menyimpan sebuah pesan. Bentuk jamak dari medium adalah media.

Dalam konteks seni rupa, "medium seni" mengacu pada bahan seni atau perlengkapan seniman yang digunakan untuk membuat sebuah karya seni. Medium seni musik adalah sesuatu yang digunakan untuk membuat sebuah musik.

3 dari 7 halaman

Pengertian musik

Musik adalah kumpulan suara atau irama yang terkoordinasi. Suara ada di sekitar, mulai dari kicau burung dan deburan ombak di garis pantai hingga klakson mobil di lalu lintas. Musik adalah suara yang disatukan dengan cara yang disengaja untuk menciptakan suasana tertentu atau untuk mengekspresikan ide atau emosi.

Suara yang terorganisir seperti ini disebut musik. Membuat musik adalah proses menyusun suara dan nada, sering kali menggabungkannya untuk menciptakan komposisi yang bersatu.

Musik terdiri dari suara, getaran, dan momen hening, dan tidak selalu harus menyenangkan atau indah. Musik dapat digunakan untuk menyampaikan berbagai macam pengalaman, lingkungan, dan emosi.

4 dari 7 halaman

Medium seni musik

Medium seni musik adalah sesuatu yang digunakan untuk membuat sebuah musik. Medium seni musik adalah sarana di mana komposer berkomunikasi dengan pendengar di mana mereka adalah media ekspresinya.

Medium seni musik adalah nada. Nada merupakan perpaduan antara bunyi dan irama. Suara dihasilkan oleh instrumen di mana getaran periodik dapat dikontrol oleh pemainnya. Nada adalah media musik dan mengacu pada suara yang mengalir di udara dan mencapai penonton. Nada merupakan medium seni musik yang paling utama.

5 dari 7 halaman

Pembentuk nada dalam medium seni musik

Ada empat komponen pembentuk nada. Tiap komponen ini memiliki kualitasnya sendiri. Berikut empat komponen pembentuk nada:

Pitch

Pitch mengacu pada tinggi dan rendahnya nada.Lokasi nada dalam skala musik berkaitan dengan tinggi atau rendah. Getaran dan bahan yang menghasilkan suara menentukan tinggi nada suatu nada Ini ditentukan oleh laju getaran yang sebagian besar bergantung pada panjang benda yang bergetar.

Semakin lambat getaran, semakin lambat nada; semakin pendek bahan yang bergetar, semakin tinggi nada yang dihasilkannya.

Timbre

Timbre juga disebut tone color atau tone quality adalah kualitas nada yang khas dalam musik. Timbre adalah kualitas suara yang dirasakan dari not musik, suara atau nada. Timbre membedakan berbagai jenis produksi suara, seperti suara paduan suara dan alat musik.

6 dari 7 halaman

Pembentuk nada dalam medium seni musik

Durasi

Dalam musik, durasi adalah jumlah waktu atau seberapa lama atau singkat sebuah not, frase, bagian, atau komposisi. Panjang suara yang bervariasi dalam waktu menciptakan ritme, dan variasi inilah yang membuat komposisi menarik.

Dalam musik, waktu ditunjukkan dengan simbol yang disebut not. Sebuah nada bisa berlangsung kurang dari satu detik, sementara simfoni bisa berlangsung lebih dari satu jam.

Intensitas

Intensitas dalam medium seni musik adalah kenyaringan dan kelembutan suara yang dihasilkan oleh berbagai tingkat tekanan yang diterapkan pada instrumen yang menghasilkan suara. Intensitas membangkitkan fitur emosional dalam musik saat musik bergerak dari keras ke lembut dan sebaliknya.

Indikasi simbolik intensitas sering ditulis dalam bahasa Italia seperti forte (keras), fortissimo (sangat keras), piano (lembut) dan pianissimo (sangat lembut). Indikasi kelembutan dan kenyaringan ditulis sebagai crescendo (menjadi lebih keras), decrescendo (berkurang kenyaringan) atau diminuendo (menjadi lebih lembut).

7 dari 7 halaman

Elemen-elemen seni musik lainnya

Melodi

Melodi adalah rangkaian nada terkoordinasi yang membentuk garis utama sebuah lagu. Melodi bisa dihasilkan dari suara manusia atau instrumental. Banyak komposisi musik terkenal memiliki melodi atau tema yang mudah diingat.

Harmoni

Harmoni mengacu pada beberapa baris not musik yang berada di bawah melodi dan melengkapinya. Kamu bisa mendengar harmoni, tapi itu tidak semenonjol melodi. Harmoni sering kali dibentuk oleh serangkaian akor, atau tiga nada atau lebih yang dimainkan secara bersamaan. Saat kamu mendengar sebuah karya, melodinya bisa menonjol, tetapi terkadang suara atau suara lain membantu mendukungnya dan membuat musik menjadi lebih kompleks inilah yang disebut harmoni.

Ritme

Ritme adalah pola gerakan berulang dalam suara. Ritme juga bisa disebut dengan irama. Pada dasarnya ritme adalah penempatan suara dalam waktu. Ini melibatkan unit suara tertentu yang diatur sebagai ketukan. Saat kamu mengetuk kaki mengikuti musik, kamu "menjaga ketukan" atau mengikuti denyut ritmis struktural musik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini