Sukses

10 Manfaat Daun Sage Untuk Kesehatan, Bisa Jadi Sumber Antioksidan

Daun sage memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Daun sage merupakan salah satu daun yang kerap dimanfaatkan sebagai penyedap masakan. Daun sage masih merupakan satu keluarga dengan daun rosemary, thyme, basil, dan oregano, sehingga daun ini pun memiliki aroma yang kuat.

Daun sage bisa didapatkan dalam berbagai bentuk, mulai dari yang masih segar baru dipetik, kering, hingga yang sudah diekstrak menjadi minyak. Daun ini sangat cocok untuk penyedap berbagai masakan. 

Namun, selain sebagai penyedap, ternyata daun sage juga membawa berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Dalam kandungan nutrisi daun sage ternyata mengandung berbagai asupan yang memiliki manfaat seperti sumber antioksidan, mampu menurunkan kadar gula dalam darah, dan lain sebagainya.

Guna mengetahui manfaat daun sage untuk tubuh, simak artikel oleh Liputan6.com berikut ini yang telah merangkumnya dari berbagai sumber, Senin (9/10/2020).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat Daun Sage Untuk Kesehatan

1. Dapat meningkatkan antioksidan

Daun sage merupakan salah satu tumbuhan herbal yang paling banyak mengandung antioksidan alami. Dalam daun sage memiliki 160 polifenol yang berbeda-beda. Sehingga jika dikonsumsi secara rutin dapat menangkal radikal bebas.

Selain itu, dalam daun sage juga mengandung senyawa asam kafeat, asam rosmarinic, asam klorogenat, asam ellagic yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan fungsi otak serta mencegah penyakit kanker. 

Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dilakukan terhadap beberapa responden yang diminta untuk meminum 1 cangkir teh sage sebanyak 2 kali sehari. Ternyata hal tersebut dapat meningkatkan pertahanan antioksidan. Bahkan, tak hanya itu, kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL) pun dapat menurun dengan signifikan.

 

2. Efektif untuk menurunkan kadar gula

Mengonsumsi daun sage ternyata dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Jaman dahulu kala, daun sage ternyata banyak dimanfaatkan sebagai obat diabetes. Hal ini pun telah dibuktikan melalui penelitian terhadap manusia dan hewan uji.

Pada penelitiannya terhadap manusia, ekstrak daun sage ternyata mampu meningkatkan sensitifitas insulin dan menurunkan kadar gula darah. Bahkan, daun ini ternyata dapat bekerja layaknya rosiglitazone atau obat diabetes. Meski demikian, masih dibutuhkan lebih banyak riset mendalam untuk hal ini.

 

 

3 dari 6 halaman

Manfaat Daun Sage Untuk Kesehatan

3. Mampu redakan gejala menopause

Ketika sudah memasuki usia lanjut atau di atas 40 tahun, wanita pada umumnya akan mengalami menopause. Ketika dalam kondisi ini, tubuh wanita akan mengalami penurunan hormon estrogen sehingga gejala yang datang adalah vagina kering dan keringat berlebih.

Dengan mengonsumsi daun sage ternyata dapat memiliki manfaat mirip dengan estrogen, sehingga berpotensi untuk meredakan berbagai gejala menopause yang membuat kondisi tubuh menjadi tidak nyaman.

 

4. Bisa menjaga kesehatan mulut

Jika digunakan sebagai obat kumur, air rebusan daun sage ternyata memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri yang dapat menyebabkan plak gigi. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa air rebusan daun sage mampu membunuh bakteri Streptococcus mutans penyebab gigi berlubang.

Kemudian, dalam penelitian lainnya juga menyebutkan bahwa daun sage dapat menjadi obat untuk infeksi tenggorokan, infeksi gusi, sariawan, dan abses gigi. Namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal tersebut.

 

 

4 dari 6 halaman

Manfaat Daun Sage Untuk Kesehatan

5. Meningkatkan memori dan kesehatan otak

Dalam sebuah riset yang dilakukan oleh NCBI, menunjukkan bahwa daun sage memiliki kemampuan untuk melindungi otak dari gangguan saraf serta dampak positif untuk keterampilan kognitif.

Kemudian dalam penelitian lainnya juga dijelaskan bahwa daun sage dapat meningkatkan kemampuan memori jangka pendek pada anak-anak dan remaja.

 

6. Mencegah peradangan

Dalam daun sage mengandung beberapa senyawa yang memiliki efek sebagai anti-inflamasi. Dalam penelitian tersebut juga membuktikan bahwa daun sage memiliki kemampuan untuk mengobati berbagai peradangan pada fibroblas gingiva (jenis sel yang ada di jaringan ikat gusi).

 

 

5 dari 6 halaman

Manfaat Daun Sage Untuk Kesehatan

7. Menurunkan kolesterol jahat (LDL)

Seperti yang telah disebutkan secara singkat di atas, daun sage sejak dahulu banyak dimanfaatkan sebagai obat diabetes, dan juga dalam daun sage ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL.

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa konsumsi 2 cangkir teh sage setiap harinya ternyata dapat menurunkan total kolesterol jahat atau LDL dalam waktu dua minggu saja. Hal ini pun juga dapat membuat kadar kolesterol baik atau HDL jadi meningkat.

 

8.  Menyehatkan tulang

Dalam daun sage mengandung berbagai macam nutrisi seperti kalsium dan vitamin K, dua senyawa tersebut merupakan nutrisi yang sangat baik untuk tulang. Bahkan, satu sendok daun sage memiliki kandungan 10% RAH vitamin K dan 1% RAH kalsium.

 

 

6 dari 6 halaman

Manfaat Daun Sage Untuk Kesehatan

9. Mencegah kanker

Daun sage memang memiliki berbagai macam manfaat, ternyata salah satunya adalah memiliki potensi untuk mencegah kanker. Meski demikian, hal ini masih harus diteliti lebih dalam karena penelitian potensi pencegahan kanker masih dilakukan pada hewan uji.

Dalam riset tersebut membuktikan bahwa daun sage mampu mencegah berbagai macam kanker mulai dari kanker payudara, ginjal, kulit, hati, hingga usus besar.

 

10. Mencegah diare

Daun sage yang masih segar dan baru dipetik ternyata memiliki manfaat sebagai salah satu obat tradisional yang meredakan diare. Dalam daun sage mengandung zat anti-inflamasi untuk menenangkan usus.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini