Sukses

11 Manfaat Minum Jamu Beras Kencur Setiap Hari, Jaga Saluran Pencernaan

Penjelasan lengkap mengenai manfaat minum jamu beras kencur setiap hari.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minum jamu beras kencur setiap hari dipercaya bisa meningkatkan nafsu makan. Manfaat ini sangat cocok bagi yang memiliki berat badan kurang dan sampai sebabkan masalah kesehatan.

Tak hanya meningkatkan nafsu makan, manfaat minum jamu beras kencur setiap hari pun bisa jaga kesehatan organ vital manusia. Termasuk tingkatkan stamina dan suburkan rahim wanita yang mengonsumsinya.

Berbagai manfaat minum jamu beras kencur setiap hari ini berasal dari kandungan di dalamnya. Mulai dari vitamin B, senyawa alkaloid, minyak atsiri, dan lain sebagainya.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat minum jamu beras kencur setiap hari dari berbagai sumber, Jumat (4/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Manfaat Minum Jamu Beras Kencur Setiap Hari

Nafsu Makan

Manfaat jamu beras kencur yang sangat terkenal adalah bisa menambah nafsu makan. Jamu beras kencur ini cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak yang memiliki masalah dengan nafsu makan.

Konsumsi jamu beras kencur secara rutin mampu meningkatkan nafsu makan anak dan stamina tubuh. Kencur juga berkhasiat untuk mempertebal dinding perut. Manfaat ini cocok buat kamu yang memiliki masalah maag yang menyebabkan penipisan dinding perut.

Flu

Manfaat jamu beras kencur selanjutnya dapat menyembuhkan flu. Manfaat ini dirasakan karena adanya efek hangat yang dihasilkan kencur. Efek hangat dari kencur bisa menghilangkan rasa mual yang disebabkan oleh flu.

Batuk juga bisa disembuhkan dengan mengonsumsi jamu beras kencur. Sensasi hangat dari kencur bisa menetralkan batuk dan rasa pegal. Sakit kepala karena flu juga bisa diringankan dengan mengonsumsi jamu beras kencur ini.

Bahan utama kencur digunakan sebagai obat untuk sakit kepala traumatis pada mereka yang menderita migran.

3 dari 7 halaman

Manfaat Minum Jamu Beras Kencur Setiap Hari

Diabetes

Jamu beras kencur dibuat dari beras dan rimpang kencur yang diduga memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi. Oleh sebab itu jamu beras kencur dipercaya memiliki banyak khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh, di antaranya yaitu untuk mengontrol berat badan dan sebagai anti diabetes.

Penelitian yang dilakukan oleh Program Studi Farmasi, Universitas Tanjung Pura menunjukkan bahwa beras kencur memiliki efek terhadap tikus ditandai dengan penurunan kadar glukosa darah, pengontrolan berat badan serta mampu mengurangi kerusakan pada pulau Langerhans pankreas.

Sariawan

Kencur sebagai bahan utama jamu ini mampu menyembuhkan masalah sariawan. Rasa hangat dan sifat anti-bakterinya dapat meringankan sariawan.

Manfaat lainnya bisa didapatkan dari kandungan minyak atsiri (borneol, kamfer, sineol, etilalkohol) sehingga dapat dimanfaatkan sebagai peluruh dahak atau pembersih tenggorokan dan masalah tenggorokan lainnya.

 

4 dari 7 halaman

Manfaat Minum Jamu Beras Kencur Setiap Hari

Infeksi

Terdapat penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Untuk meringankan kondisi penyakitnya, kamu bisa mengonsumsi jamu beras kencur. Manfaat jamu beras kencur ini didapatkan dari kandungan zat-zat di dalamnya yang bersifat antibakteri. Zat antibakteri ini bisa melawan infeksi atau berbagai penyakit akibat bakteri.

Diare

Kencur mengandung zat-zat sitotoksik dan antibakteri yang mampu meringankan diare. Sebagian besar kasus diare disebabkan oleh infeksi pada saluran pencernaan. Mikroba yang bertanggung jawan untuk infeksi ini termasuk bakteri, virus atau parasit.

Sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri dari kencur dapat membunuh bakteri dan menyembuhkan diare dengan cepat. Jamu beras kencur mampu menghindari tubuh dari dehidrasi akibat kekurangan cairan saat diare.

5 dari 7 halaman

Manfaat Minum Jamu Beras Kencur Setiap Hari untuk Jaga Stamina

Manfaat jamu beras kencur untuk kesuburan berkaitan dengan peningkatan stamina. Apabila kamu mempunyai masalah di ranjang dengan pasangan karena tidak mendapatkan hasil yang diinginkan, kencur merupakan alternatif yang patut dicoba. Untuk efek maksimal, kamu dapat meminumnya sebelum tidur.

Bagi pria, manfaat jamu beras kencur untuk kesuburan dengan mengonsumsinya secara rutin dapat digunakan sebagai penambah vitalitas dan stamina. Sebaiknya minuman beras kencur juga ditambah dengan madu agar mendapatkan hasil optimal.

Manfaat jamu berask kencur untuk keseburan ini, juga berlaku bagi kamu yang bekerja dengan aktivitas menumpuk. Konsumsi jamu beras kencur dapat membantu menghilangkan lelah dan lesu. Konsumsi jamu beras kencur secara rutin dapat membuat badan menjadi lebih segar dan bugar.

Kencur mengandung berbagai nutrisi sehingga dapat membantu dalam meningkatkan energi dan kesadaran, serta dapat mengatasi kelelahan. Itulah beberapa manfaat jamu beras kencur untuk kesuburan yang bisa kamu dapatkan.

6 dari 7 halaman

Manfaat Minum Jamu Beras Kencur Setiap Hari

Berat Badan

Manfaat luar biasa lainnya dari jamu beras kencur yaitu untuk menurunkan berat badan. Ada banyak produk herbal yang mengklaim bisa membuat Anda menurunkan berat badan dalam sekejap. 

Namun, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi produk-produk semacam ini, karena cenderung memiliki efek samping. Untuk menurunkan berat badan, Anda perlu waktu dan melakukan lebih banyak latihan. 

Juga, mengkonsumsi minuman tradisional adalah salah satu cara paling aman untuk mendukung penurunan berat badan Anda. Jamu beras kencur membantu menurunkan berat badan dengan cara yang paling alami dan sehat.

Kanker

Kencur mengandung etil p-metoksisinamat yang bersifat anti-kanker. Kandungan yang terdapat dalam jamu beras kencur ini dapat menghambat proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler. Hambatan pada proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler bisa mencegah terjadinya penyakit kanker.

7 dari 7 halaman

Manfaat Minum Jamu Beras Kencur Setiap Hari

Kesuburan

Manfaat jamu beras kencur untuk kesuburan yang pertama adalah membantu menyuburkan rahim. Jamu ini sangat baik terutama untuk kamu yang pernah mengalami keguguran. Kamu bisa menggunakan jamu beras kencur dicampur dengan daun sirih dan bawang putih.

Ketiga bahan ini dihancurkan seperti biasa kemudian ditambahkan air dan peras airnya. Minum dengan madu saat pagi hari dan lebih baik saat sedang menstruasi. Ramuan ini bisa membantu kamu menyuburkan rahim. Tentunya manfaat jamu beras kencur untuk kesuburan satu ini sangat baik untuk diterapkan secara teratur.

Lambung

Salah satu manfaat sehat jamu beras kencur, jika dikonsumsi sehari-hari, yaitu dapat membantu menebalkan dinding lambung, yang terdiri dari mukosa luar dan dalam, muscularis externa, dan serosa. 

Jadi, jamu beras kencur bermanfaat untuk pasien gastritis yang menderita kerusakan dinding lambung. Menurut berbagai sumber, obat gastritis dapat menyebabkan dinding perut manusia menjadi lebih rentan. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini