Sukses

12 Makanan yang Baik untuk Pertumbuhan Rambut, Cegah Kebotakan

Nutrisi yang baik penting untuk pertumbuhan rambut.

Liputan6.com, Jakarta Kerontokan rambut menjadi masalah umum yang dialami banyak orang. Meningkatkan pertumbuhan rambut merupakan solusi dari masalah ini. Rambut bisa tumbuh sekitar 0,5 inci tiap bulannya. Tingkat pertumbuhan rambut tergantung pada faktor seperti usia, kesehatan, genetika, dan makanan.

Meski beberapa faktor seperti usia dan genetika tak bisa diubah, Anda masih bisa meningkatkan pertumbuhan rambut melalui makanan. Makanan yang dimakan berdampak pada pertumbuhan, kekuatan, dan volume rambut.

Kunci pertumbuhan rambut terletak pada akarnya. Jadi konsumsi makanan yang dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala dan folikel rambut dapat membantu.

Nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut di antaranya adalah biotin, zat besi vitamin D, E, C, dan asam lemak omega-3. Berikut 12 makanan yang baik untuk pertumbuhan rambut seperti dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (20/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Makanan yang baik untuk pertumbuhan rambut

Telur

Telur adalah sumber protein dan biotin yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Biotin sangat penting untuk produksi protein rambut yang disebut keratin. Keratin membantu meningkatkan kekuatan rambut dan mencegah kerontokan. Rambut menipis dan rambut rontok adalah dua gejala kekurangan biotin.

Telur juga mengandung senyawa lain yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, di antaranya L-lisin dan vitamin D. Telur juga merupakan sumber seng, selenium, dan nutrisi sehat rambut lainnya.

Hati sapi

Hati sapi adalah salah satu sumber biotin yang baik. Konsumsi hati sapi bisa meningkatkan produksi keratin secara alami. Protein dalam hati sapi membantu pertumbuhan dan membantu memperbaiki serta memperkuat folikel rambut.

Hati sapi juga merupakan sumber zat besi tinggi yang bisa mencegah kerontokan rambut. Kekurangan zat besi dikaitkan dengan kerontokan rambut.

3 dari 7 halaman

Makanan yang baik untuk pertumbuhan rambut

Bayam

Bayam adalah sayuran sarat nutrisi bermanfaat. Bayam mengandung folat, zat besi, dan vitamin A dan C, yang semuanya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Vitamin A membantu kelenjar kulit menghasilkan sebum yang bisa melembapkan kulit kepala.

Bayam juga merupakan sumber zat besi nabati terbaik. Nutrisi ini penting untuk pertumbuhan rambut. Zat besi membantu sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk memicu metabolisme dan membantu pertumbuhan dan perbaikan rambut.

Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, herring, dan mackerel kaya akan omega-3 yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Konsumsi omega-3 bisa membantu mengurangi rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Ikan berlemak juga merupakan sumber protein, selenium, vitamin D3 dan vitamin B. Semua nutrisi ini dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kekuatan rambut.

4 dari 7 halaman

Makanan yang baik untuk pertumbuhan rambut

Ubi jalar

Ubi jalar adalah sumber beta-karoten yang bagus. Tubuh mengubah senyawa ini menjadi vitamin A yang terkait dengan pertumbuhan rambut yang sehat. Terlebih lagi, vitamin A juga dapat mempercepat laju pertumbuhan rambut dan mendorong pertumbuhan rambut yang lebih tebal, sekaligus mencegah penurunan kualitas folikel rambut lainnya.

Alpukat

Alpukat merupakan sumber vitamin E yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Vitamin E juga melindungi area kulit, seperti kulit kepala, dari stres oksidatif dan kerusakan. Terlebih lagi, alpukat adalah sumber asam lemak esensial yang penting untuk pertumbuhan rambut.

5 dari 7 halaman

Makanan yang baik untuk pertumbuhan rambut

Paprika

Paprika adalah sumber vitamin C yang dapat membantu pertumbuhan rambut. Vitamin C membantu meningkatkan produksi kolagen yang dapat membantu memperkuat helai rambut. Vitamin C juga merupakan antioksidan kuat yang dapat melindungi helai rambut dari stres oksidatif. Vitamin C dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut sekaligus merangsang produksi sebum yang membantu menjaga kesehatan rambut.

Jeruk

Jeruk merupakan sumber vitamin C yang sangat terkenal. Sama seperti paprika, vitamin C pada jeruk membantu meningkatkan kolagen untuk memperkuat rambut. Kandungan vitamin C jeruk juga memudahkan tubuh menyerap zat besi yang ditemukan dalam makanan seperti daging merah dan bayam. Kekurangan zat besi dikaitkan dengan peningkatan rambut rontok.

6 dari 7 halaman

Makanan yang baik untuk pertumbuhan rambut

Tiram

Tiram adalah salah satu sumber seng terbaik. Seng adalah mineral yang membantu mendukung pertumbuhan rambut dan siklus perbaikan rambut. Kekurangan seng dalam makanan dapat meningkatkan telogen effluvium, bentuk kerontokan rambut yang umum tetapi dapat disembuhkan.

Namun, mengonsumsi terlalu banyak seng juga dapat meningkatkan kerontokan rambut. Itulah mengapa mendapatkan seng dari makanan seperti tiram mungkin lebih baik daripada mengonsumsi suplemen.

Udang

Udang adalah sumber protein, vitamin B, seng, zat besi, dan vitamin D yang bisa meningkatkan pertumbuhan rambut. Udang juga mengandung asam lemak omega-3 telah dikaitkan dengan peningkatan pertumbuhan rambut.

7 dari 7 halaman

Makanan yang baik untuk pertumbuhan rambut

Biji-bijian

Biji-bijian seperti biji bunga matahari, chia dan flaxseed merupakan sumber vitamin E, seng dan selenium yang penting untuk pertumbuhan rambut. Terlebih lagi, biji-bijian tertentu seperti flaxseed dan biji chia juga mengandung asam lemak omega-3.

Kacang kenari

Kacang kenari mengandung asam linolenat dan alfa-linolenat yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Jenis kacang lainnya yang baik untuk pertumbuhan rambut adalah almond, kedelai, kacang hitam, dan banyak lagi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini