Sukses

Need Artinya Membutuhkan, Pahami Penggunaan dan Contoh Kalimatnya

Kata need artinya adalah membutuhkan atau menunjukkan ungkapan butuh sesuatu hal.

Liputan6.com, Jakarta Need artinya adalah salah satu kosa kata bahasa Inggris yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Bahkan kata ini terbilang cukup umum dipakai oleh masyarakat secara luas.

Dalam kamus Bahasa Inggris ke Indonesia, kata need artinya adalah membutuhkan atau menunjukkan ungkapan butuh sesuatu hal. Namun, kata need sendiri memiliki banyak makna sesuai dengan konteks atau topik yang sedang dibicarakan.

Makna dari need adalah membutuhkan, perlu, ataupun keinginan. Meski memiliki banyak makna, namun kata need dalam bahasa Indonesia memiliki arti sama yakni ungkapan untuk menunjukkan atau menggambarkan suatu kebutuhan yang penting. 

Agar lebih paham, berikut Liputan6.com ulas mengenai arti need beserta penggunaan dan contoh kalimatnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Need Artinya

Kata need memang sangat familiar digunakan oleh masyarakat luas dalam percakapan sehari-hari. Dalam kamus bahasa Inggris, kata need artinya ini  termasuk kata kerja bisa juga kata benda. Kosa kata verba dan nomina menjadi kelas kata yang harus dipahami. Salah satu contohnya adalah kata need. Arti need umumnya adalah butuh atau membutuhkan. Namun ternyata tidak hanya memiliki arti butuh, karena masih ada beberapa makna lainnya.

Kata need artinya dalam kamus bahasa Inggris ke Indonesia dapat dimaknai juga dengan memerlukan ataupun keharusan. Need artinya tersebut bisa untuk kata kerja ataupun kata benda. Di mana penggunaan kata need umumnya adalah untuk menunjukkan sesuatu yang penting terkait kebutuhan diri secara jasmani ataupun rohani (jiwa dan pikiran).

Menurut Vocabulary, need artinya suatu kebutuhan yang sangat penting, seperti orang yang membutuhkan makanan, minuman, maupun tempat tinggal. Selain kebutuhan fisik seperti tidur, manusia memiliki banyak kebutuhan psikologis, seperti cinta dan persahabatan. Saat seseorang berusaha keras untuk mendapatkan sesuatu, mereka mungkin berkata, "I need it!"

3 dari 5 halaman

Penggunaan Kata Need

Need sendiri tergolong ke dalam part of speech yang bisa bermakna dua hal yaitu kata kata kerja dan noun kata benda. Oleh karena itu, ketika menggunakannya kita harus mengetahui terlebih dahulu apakah kita menggunakannya sebagai kata kerja atau kata benda. Berikut penjelaannya:

a. Need sebagai Kata Kerja

Definisi need sebagai kata kerja, menurut Merriam Webster adalah ‘to be needful or necessary’ (menjadi perlu atau memerlukan). Dalam konteks ini, kata need bisa diterjemahkan sebagai memerlukan sesuatu hal.

Selain itu, Merriam Webster juga mendefinisikan need sebagai kata kerja dengan ‘to be in want’ (berada dalam keinginan). Kata need dalam konteks ini biasanya digunakan untuk mendeskripsikan keinginan akan suatu hal.

b. Need sebagai Kata Benda

Kata need sebagai kata benda dalam dictionary.com didefinisikan sebagai ‘a lack of something wanted or deemed necessary’ (kurangnya sesuatu yang diinginkan atau dianggap perlu). Dalam konteks ini, need bisa dideskripsikan sebagai sesuatu yang dianggap perlu oleh seseorang.

Definisi kata need sebagai kata benda selanjutnya adalah ‘urgent want, as of something requisite’ (keinginan mendesak, sebagai sesuatu yang diperlukan). Dalam konteks ini, kata need bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai kebutuhan yang mendesak.

4 dari 5 halaman

Contoh Kalimat Need

Agar lebih memahami kata need, berikut ini terdapat contoh kalimatnya yang bisa anda pahami, yakni:

a. Kata Benda atau Noun

  • You can always call me at home if the need arises. (Anda selalu dapat menelepon saya di rumah jika diperlukan.)
  • These new methods reduce the need to use harmful chemicals on crops. (Metode baru ini mengurangi kebutuhan untuk menggunakan bahan kimia berbahaya pada tanaman.)
  • We find that there is still a need for further discussion. (Kami menemukan bahwa masih ada kebutuhan untuk diskusi lebih lanjut.)
  • Our experienced staff will go out of their way to meet your every need. (Staf kami yang berpengalaman akan berusaha keras untuk memenuhi setiap kebutuhan Anda.)
  • He has trouble expressing his emotional needs. (Dia kesulitan mengungkapkan kebutuhan emosionalnya.)
  • I felt a need to take control of the situation. (Saya merasa perlu untuk mengendalikan situasi.)
  • She has an overwhelming need to be liked and respected. (Dia memiliki kebutuhan yang sangat besar untuk disukai dan dihormati.)
  • I don't feel the need to defend my decision. (Saya tidak merasa perlu membela keputusan saya.)

b. Kata Kerja atau Verb

  • I need some advice. What do you think of this dress? (Saya butuh saran. Apa pendapat Anda tentang gaun ini?)
  • I just need a couple of minutes to get ready. (Aku hanya perlu beberapa menit untuk bersiap-siap.)
  • Most babies need at least 12 hours of sleep a day. (Sebagian besar bayi membutuhkan setidaknya 12 jam tidur sehari.)
  • We badly need a vacation. (Kami sangat membutuhkan liburan.)
  • Further research is urgently needed if we are to find a cure. (Penelitian lebih lanjut sangat dibutuhkan jika kita ingin menemukan obatnya.)
  • Another delay is the last thing I need! (Penundaan yang lain adalah hal terakhir yang saya butuhkan!)
  • Men? Who needs them?! I certainly don't. (Pria? Siapa yang butuh mereka?! Saya tentu saja tidak.)
5 dari 5 halaman

Perbedaan Kata Need dan Want

Dalam bahasa Inggris ada kosa kata need dan want yang hampir memiliki makna yang serupa. Padahal kedua arti need dan want ternyata punya perbedaan. Perbedaan need dan want sebenarnya bisa dilihat dari segi artinya. Arti need adalah kebutuhan atau keperluan. Sementara itu arti want adalah keinginan atau ingin.

Selain itu, perbedaan need dan want juga terletak pada penggunaannya. Dari segi penggunaan, need dan want cukup berbeda. Biasanya kata need dalam bahasa Inggris disertai dengan kata benda atau kata kerja. Sementara untuk want umumnya diikuti dengan verb -ing.

Need digunakan untuk menunjukkan kebutuhan ataupun keperluan yang mana terbilang penting. Biasanya kata need juga digunakan untuk mengungkapkan atau menunjukkan sifat yang lebih terbatas. Sedangkan want biasanya merujuk pada keinginan yang lebih luas tidak terbatas dan menunjukkan hasrat yang selalu ingin dipenuhi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.