Sukses

6 Fakta Unik Terapi Shiatsu, Cara Alami Orang Jepang Hilangkan Kerutan di Wajah

Sederet tips yang biasa diterapkan oleh masyarakat Jepang ini bisa dipraktikkan agar wajah menjadi awet muda.

Liputan6.com, Jakarta Jepang merupakan salah satu negara yang menyimpan beragam keunikan. Selain punya budaya yang unik, pemadangan yang indah, kebiasaan masyarakat Jepang yang unik dan berbeda tentunya tak lepas dari perhatian masyarakat negara lain.

Masyarakat Jepang selalu berhasil menciptakan sebuah kebiasaan yang bahkan kerap dilirik dan diikuti oleh masyarakat negara lain. Salah satu kebiasaan unik masyarakat Jepang adalah terkait dengan gaya hidup yang dapat membuat seseorang menjadi awet muda.

Mempunyai paras yang awet muda tentunya impian setiap orang, khususnya wanita. Rupanya Jepang mempunyai sebuah terapi unik yang bisa membuat seseorang menjadi awet muda yang disebut Shiatsu.

Shiatsu adalah salah satu pijat paling sederhana yang dapat dilakukan untuk diri sendiri, dan dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Efeknya diyakini sebagai pencegahan dan penyembuhan untuk menghilangkan stres atau nyeri sendi

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang cara unik masyarakat Jepang hilangkan kerutan di wajah, Senin (14/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Keunikan Shiatsu

Melansir dari Brigtside, Shiatsu merupakan terapi Jepang yang lebih dari sekadar jenis pijatan. Shiatsu diterjemahkan sebagai tekanan jari, dan ini adalah bentuk pijat terapeutik yang menggunakan teknik menguleni, menekan, mengetuk, meregangkan, dan menenangkan, yang berasal dari tahun 1900-an di Jepang.

Efek memberikan tekanan pada area tubuh, yang dapat bermanfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan kita dengan lebih dari satu cara bergantung pada jari, ibu jari, dan telapak tangan untuk memberikan tekanan tersebut.

Pijat Shiatsu yang berasal dari Jepang ini angat bermanfaat untuk stres dan kecemasan, pereda nyeri otot dan sendi, kelelahan, insomnia, atau kondisi seperti linu panggul, radang sendi, dan sinusitis

3 dari 7 halaman

2. Konsep Shiatsu

Melansir dari Brightside, salah satu konsep dasar pengobatan Jepang adalah qi (diucapkan "chee"). Ketika qi tidak seimbang, gejala seperti pilek, flu, sakit kepala, nyeri tubuh, nyeri otot, atau kesulitan pencernaan akan muncul.

Shiatsu bertujuan untuk merangsang dan menyelaraskan aliran qi ke seluruh tubuh seseorang, yang membuat tubuh merasa baik dan sehat. Terapis Shiatsu dapat mengenali ketidakseimbangan dalam tubuh kita dan, melalui sesi, berusaha untuk memperbaikinya.

4 dari 7 halaman

3. Membantu Hilangkan Kerutan di Bawah Mata

Kerutan di bawah mata tentunya membuat tingkat kepercayaan diri menjadi berkurang. Kulit di bawah mata sangat tipis, yang berarti lebih mudah menjadi kendur dan keriput, dan menua lebih cepat daripada bagian kulit lainnya di tubuh kita.

Ada banyak terapi yang bisa diterapkan untuk membantu menghilanhkan kerutan di bawah mata salah satunya adalah terapi Shiatsu yang biasa diterapkan oleh masyarakat Jepang. Shiatsu dapat membantu kita meremajakan area ini dan membuat kulit terlihat lebih kencang dan jauh lebih muda.

Cara melakukan terapi Shiatsu untuk menghilangkan kerutan di wajah cukup mudah, yakni dengan meletakkan jari telunjuk, tengah, dan manis pada tulang tepat di bawah setiap mata, dan gerakannya sederhana.

Gerakan yang bisa dilakukan yakni dengan tekan 3 titik dengan ringan dengan waktu mempertahankan jari selama 10 detik dan diulangi sebanyak 2 kali.

5 dari 7 halaman

4. Hilangkan Kerutan Diantara Alis

Selain membantu menghilangkan kerutan di bawah mata, Shiatsu juga dapat membantu menghilangkan kerutan diantara alis. Gerakan yang bisa dilakukana adalah menempatkan jari telunjuk, tengah, dan manis pada 3 titik diantara alis. Tekan di tempat itu selama 5 hingga 7 detik, lalu ulangi sekali lagi.

Shiatsu dapat membantu mengembalikannya agar terlihat lebih muda hanya dengan sebuah gerakan sederhana dan dilakukan secara rutin.

6 dari 7 halaman

5. Hilangkan Kerutan di Sudut Mata

Seiring dengan bertambahnya usia, kerutan tak hanya muncul di sekitar alis, ataupun bawah mata. Kerutan juga bisa muncul di sudut mata dan menghilangkan pesona awet muda seseorang. Kerutan di sudut mata yang paling menonjol di kulit wajah. Paparan UV dan penuaan adalah 2 penyebab utama, tetapi kerutan tersebut bisa diatasi dengan terapi Shiatsu.

Gerakan yang bisa dilakukan adalah meletakkan jari telunjuk di sudut luar mata dan menghangatkan area tersebut sedikit. Proses sederhana yang bisa dilakukan yakni tekan dengan jari, lalu lepaskan. Selanjutnya menarik otot ke atas ke arah pelipis tanpa melepaskan jari dari area tersebut. Terapi Shiatsu untuk menghilangkan kerutan di sudut mata bisa diulangi 3 kali selama 3 detik di kedua sisi.

7 dari 7 halaman

6. Membantu Menghilangkan Bengkak di Bawah Mata

Manfaat Shiatsu selanjutnya adalah dapat membantu menghilangkan bengkak di bawah mata. Shiatsu mempunyai teknik khusus untuk menghilangkan bengkak di bawah mata. Apabila terapi dilakukan secara rutin tentunya akan membuahkan hasil yang maksimal.

Gerakan Shiatsu yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bengkak di bawah mata adalah meletakkan jari telunjuk kita di sudut dalam mata. Selanjutnya harus membuat gerakan, mengikuti kontur hingga mencapai sudut luar mata kita. Setelah itu, letakkan kedua jari telunjuk dan jari tengah pada titik dalam dan luar mata dan tekan dengan ringan ke bawah.

Gerakan beberapa langkah Shiatsu ini bisa dilakukan sebanyak kali 3 kali masing-masing selama 3 detik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini