Sukses

8 Jenis Masker Wajah dan Fungsinya untuk Kulit Sehat dan Cantik

Jenis masker wajah memiliki penggunaan yang berbeda tergantung pada jenis wajah dan usia.

Liputan6.com, Jakarta Jenis masker wajah perlu kamu kenali agar penggunaannya tepat. Masker wajah sebagai salah satu produk perawatan kecantikan disukai banyak orang karena manfaatnya yang baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Jenis masker wajah ini memiliki perbedaan dari bahan, bentuk, dan tentunya kegunaannya. Masker wajah ada yang bentuknya seperti krim, gel, dan lain sebagainya. Menggunakannya secara teratur dapat mengatasi berbagai masalah pada wajahmu. 

Jenis masker wajah memiliki penggunaan yang berbeda tergantung pada jenis wajah dan usia. Mungkin kamu sudah sering mendengar beberapa jenis masker, seperti sheet mask, peel-off mask, clay mask, hingga gel mask.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Merdeka dan berbagai sumber lainnya, Selasa (13/7/2021) tentang jenis masker wajah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jenis Masker Wajah dan Fungsinya

Cream Mask

Cream mask merupakan salah satu jenis masker wajah yang mungkin sudah familier kamu temukan. Biasanya jenis masker wajah berbentuk krim ini cocok digunakan pada tipe kulit normal dan kering. Jenis masker wajah berbasis krim cocok untuk kulit normal hingga kering karena dapat membantu memberikan kelembapan dan hidrasi, serta melembutkan kulit.

Cream mask membuat kulit lebih sehat, kenyal, dan halus. Kamu bisa memilih cream mask dengan bahan-bahan seperti AHA, BHA, minyak esensial, dan butter alami, terutama jika bahan-bahan ini belum menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit.

Gel Mask

Jenis masker wajah berikutnya adalah gel mask, yaitu masker yang memiliki konsentrasi gel. Jenis masker wajah satu ini cocok digunakan oleh jenis kulit kering dan sensitif. Efek menenangkan dan mendinginkan dari masker gel sangat bagus untuk jenis kulit kering dan sensitif yang membutuhkan hidrasi sebelum pengencangan dan detoksifikasi.

Masker gel mengandung kolagen dan antioksidan yang membantu pemulihan kulit, bahkan produk gel mask biasanya juga menawarkan rehidrasi total pada kulit. Sensasi mendinginkan dan menenangkan inilah yang membuat masker gel sangat cocok digunakan pada kulit kering, dehidrasi, atau sensitif.

3 dari 5 halaman

Jenis Masker Wajah dan Fungsinya

Sheet Mask

Sheet mask merupakan salah satu jenis masker wajah yang sangat populer sekarang ini. Hal ini disebabkan karena penggunaannya yag sangat praktis. Tidak hanya mudah digunakan, masker ini juga cocok untuk hampir semua jenis kulit.

Masker yang berbentuk lembaran tisu atau kapas dengan lubang di bagian mata, hidung, dan bibir ini cukup ditempelkan pada wajah setelah mencuci muka. Setelah itu diamkan selama 15-20 menit agar kandungannya dapat meresap ke dalam kulit. Setelah sheet mask dilepas, oleskan sisa cairan yang tertinggal di kulit ke seluruh permukaan wajah sambil dipijat lembut.

Setelah memakai sheet mask, kulit akan terasa lebih sejuk dan lembap. Kamu tidak perlu membilas wajah setelah menggunakan sheet mask.

Peel-Off Mask

Jenis masker wajah selanjutnya adalah peel-off mask, yang tidak kalah praktis digunakan. Peel-off mask ini sangat bagus digunakan untuk mengatasi jerawat atau menghaluskan pori-pori. Kamu akan mengalami pengelupasan ringan saat menggunakannya, yang sangat bagus bagi kamu yang membutuhkan pembersihan wajah secara lebih dalam namun tetap bersifat ringan.

Peel-off mask baik digunakan oleh hampir semua jenis kulit. Jenis masker wajah ini secara fisik menghilangkan semua yang menempel di lapisan paling atas kulit seperti sel kulit mati, debu, minyak, dan komedo. Peel-off mask biasanya berbahan dasar buah atau tumbuhan dan menggunakan bahan-bahan alami.

4 dari 5 halaman

Jenis Masker Wajah dan Fungsinya

Clay Mask

Clay mask atau masker tanah liat adalah jenis masker wajah yang bagus untuk kulit berminyak. Bentonit dan tanah liat kaolin adalah jenis clay mask yang paling umum digunakan. Kedua jenis tanah liat ini memiliki banyak kegunaan sebagai produk perawatan kecantikan.

Kemampuannya telah terbukti dapat menyerap racun dan menghilangkannya dari kulit. Masker tanah liat atau clay mask juga sangat bagus untuk kulit yang rentan berjerawat. Clay mask mampu mengeringkan jerawat dan menyerap kelebihan minyak di wajah.

Mud Mask

Mud mask adalah jenis masker wajah berbahan dasar lumpur yang mengandung beragam mineral. Masker wajah jenis ini biasanya diolah dari lumpur laut atau lumpur abu vulkanis.

Walaupun sekilas mirip dengan clay mask, mud mask memiliki kandungan air lebih banyak sehingga mampu menghidrasi kulit dengan lebih baik. Mud mask juga cocok untuk segala jenis kulit. Jika clay mask berfungsi menyerap minyak, mud mask cenderung membuat kulit lebih lembap.

5 dari 5 halaman

Jenis Masker Wajah dan Fungsinya

Exfoliating Mask

Jenis masker wajah selanjutnya adalah exfoliating mask, yang juga cocok digunakan oleh hampir semua jenis kulit. Exfoliating mask berfungsi untuk mengelupas sel-sel kulit mati yang menyebabkan kulit nampak kusam. Selain itu, jenis masker wajah ini juga dapat membersihkan kotoran yang menempel di pori-pori menggunakan asam hidroksi (seperti asam glikolat dan laktat) dan enzim buah (biasanya dari pepaya dan nanas).

Tidak hanya itu, masker eksfoliasi juga memiliki khasiat pencerah kulit alami, yang akan memberikan cahaya sehat dari dalam kulit. Usahakan untuk tidak menggunakan jenis masker ini lebih dari sekali dalam seminggu. Masker eksfoliasi juga terkenal membuat kulit menjadi kering, jadi jangan lupa untuk menambah kelembapan kulit dengan moisturizer sesudahnya.

Sleeping Mask

Sleeping mask atau masker yang digunakan semalaman saat tidur merupakan jenis masker wajah yang biasanya digunakan untuk hidrasi dosis ekstra saat benar-benar membutuhkannya.

Saat cuaca dingin dan kulit terasa kusam dan kering, atau jika kamu tinggal di tempat yang kering sepanjang tahun, menggunakan sleeping mask adalah pilihan yang tepat. Sleeping mask biasanya digunakan semalaman untuk meremajakan, melembapkan, dan menghidrasi kulit secara menyeluruh dan mendalam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini