Sukses

8 Wisata Kuliner Tasikmalaya Legendaris yang Menggugah Selera

Wisata Kuliner Tasikmalaya menawarkan cita rasa yang menggugah selera.

Liputan6.com, Jakarta Wisata kuliner Tasikmalaya dapat kamu kunjungi saat berlibur. Jadi, saat berwisata ke Tasikmalaya, selain menikmati keindahan alam yang luar biasa, kamu juga bisa menikmati sajian kuliner unik dan khas yang sudah dijual sejak dulu kala.

Dari pecel, kupat tahu, bubur, hingga soto khas Tasikmalaya bisa kamu nikmati. Namun, berbagai makanan tersebut memiliki keistimewaannya masing-masing yang tidak bisa didapatkan di tempat lainnya. Makanan khas Tasikmalaya ini dijamin membuatmu ketagihan.

Wisata Kuliner Tasikmalaya menawarkan cita rasa yang menggugah selera. Apalagi, sajian kuliner ini sudah ada sejak lama dan kelezatannya tetap terasa istimewa. Kamu tentunya bisa menikmati salah satu sajian kuliner khas sunda ini dengan beragam bumbunya yang khas.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (8/4/2020) tentang wisata kuliner Tasikmalaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pecel Oranye dan Nasi Tutug Oncom Mr Rahmat

Pecel Oranye

Wisata kuliner Tasikmalaya Jawa Barat yang pertama adalah Pecel Oranye. Memang, pecel merupakan makanan universal yang bisa dinikmati oleh siapa saja dan sudah banyak ditemukan di mana saja terutama di Pulau Jawa.

Namun, ketika berkunjung ke Tasikmalaya, ada yang berbeda dengan menu pecelnya. Di sini ada pecel yang sangat terkenal, yaitu Pecel Oranye. Pecel Oranye ini merupakan salah satu sajian kuliner legendaris yang sudah ada sejak tahun 1925.

Warung Pecel Oranye memiliki menu andalan pecel dengan bumbu kacang yang sangat nikmat. Rasa Pecel Oranye ini sangat khas, campur-campur antara manis, asam, dan asin. Bumbu pecel ini kemudian disiram di atas sayuran.

Kini warung yang terletak di Jalan Empang No. 27, Pasar Mambo, Tasikmalaya ini tidak hanya menjual pecel melainkan juga menjual surabi.

Nasi Tutug Oncom Mr Rahmat

Wisata kuliner Tasikmalaya selanjutnya adalah Nasi Tutug Oncom Mr Rahmat. Nasi Tutug merupakan makanan khas dari Tasikmalaya yang sangat terkenal, dan salah satu tempat makanan nasi tutug yang paling direkomendasikan adalah Nasi Tutug Oncom Mr Rahmat ini.

Nasi TO Mr Rahmat ini berada di jalan Cikarang. Selain nasi tutug oncom, warung ini pun juga menyediakan menu olahan lain khas Sunda yang bisa kamu nikmati ketika berada di tempat makan satu ini.

3 dari 5 halaman

Nasi Cikur Panyerutan dan Kupat Tahu Mangunreja

Nasi Cikur Panyerutan

Wisata kuliner Tasikmalaya Jawa Barat berikutnya adalah Nasi Cikur Penyerutan. Nasi Cikur ini merupakan makanan khas Tasikmalaya. Dijual di salah satu warung yang berada di pertigaan antara Jalan Panyerutan dan Jalan Tentara Pelajar, Tasikmalaya.

Nasi Cikur merupakan nasi goreng yang dimasak dengan menggunakan kencur muda. Cikur adalah kencur dalam bahasa Sunda. Uniknya, kencur yang digunakan adalah kencur muda atau kencur dengan umbi yang masih putih. Inilah yang menjadikan Nasi Cikur memiliki cita rasa renyah meskipun ada rasa sedikit getir dan aromanya yang wangi.

Tidak lupa, wisata kuliner Tasikmalaya ini ditambahkan dengan beragam lauk seperti telur dadar, daging ayam suwir, tahu goreng, serundeng, acar wortel, dan keripik tempe. Saat ke Tasikmalaya Jawa Barat jangan sampai tidak mencoba Nasi Cikur ini. Nasi Cikur yang terkenal adalah racikan Ny. Iyen di Kantin 43.

Kupat Tahu Mangunreja

Kupat Tahu juga merupakan sajian kuliner yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Tasikmalaya. Kupat Tahu Mengunreja ini sudah ada sejak zaman Belanda. Ketika itu, kuliner ini dijajakan dengan berkeliling sambil dipikul. Namun kini sudah memiliki kedai atau rumah makan.

Walaupun penampilannya mirip dengan kupat tahu pada umumnya, namun cita rasa Kupat Tahu Mangunreja ini berbeda. Dimana untuk memasaknya masih menggunakan kayu bakar, sehingga memiliki aroma yang sangat khas. Selain itu, penggunaan bumbu kacang yang dibuat dengan cara ditumbuk juga membuat cita rasanya menjadi berbeda dengan yang lainnya.

Buat kamu yang penasaran dengan sajian kupat tahu ini, bisa langsung menuju Jalan Raya Garut, Mangunreja, Tasikmalaya.

4 dari 5 halaman

Bubur Ayam Hj. Zaenal dan Mie Bakso Laksana

Bubur Ayam Hj. Zaenal

Saat kamu berkunjung ke Tasikmalaya Jawa Barat, pecinta bubur wajib mencoba sajian Bubur Ayam Haji Zaenal. Salah satu wisata kuliner Tasikmalaya ini sudah sangat terkenal hingga ke luar kota Tasikmalaya.

Merupakan salah satu makanan legendaris yang ada di Tasikmalaya Jawa Barat, maka enggak heran kalau rumah makan ini selalu ramai pengunjung baik dari dalam kota maupun luar kota Tasikmalaya.

Bubur Ayam Haji Zaenal ini sudah ada sejak tahun 1969. Hal unik dari sajian bubur ayam ini adalah tidak terlalu kental alias agak encer. Bubur ini juga disajikan dengan topping yang melimpah berupa suwiran ayam kampung, ati ayam, cakwe, dan daun bawang.

Buat kamu yang penasaran dengan sajian kuliner legendaris Tasikmalaya ini, bisa langsung menuju ke Jalan Kalektoran, Tasikmalaya, Jawa Barat. Karena sudah sangat terkenal dan menjadi kuliner favorit, kamu jangan sampai kehabisan. Kamu bisa ke sini mulai pukul 6 pagi hingga 2 siang.

Mie Bakso Laksana

Wisata kuliner Tasikmalata tentunya tidak hanya seputar masakan sunda saja. Untuk mencicipi hidangan selain nasi ataupun masakan Sunda, maka kamu bisa mengunjungi mie bakso Laksana yang berada di Jalan Pemuda, Tasikmalaya.

Salah satu tempat makan yang sangat melegenda ini menyediakan mie bakso kuah, mie bakso tahu dan juga berbagai jenis yamin yang tentu saja akan menggoyang lidah.

5 dari 5 halaman

Soto Ayam Pataruman dan Rumah Makan Pantai Dadaha

Soto Ayam Pataruman

Sajian menu kuliner legendaris di Tasikmalaya yang wajib kamu coba juga adalah Soto Ayam Pataruman. Salah satu penjual Soto Ayam Pataruman yang legendaris adalah Ibu Rina yang dimana telah berjualan sejak tahun 1960-an.

Sebenarnya tidak ada sesuatu yang khusus dalam pembuatan dan penyajian soto ayam ini. Namun, soto ayam ini memiliki konsistensi cita rasa yang khas dari dulu hingga kini. Cita rasa mulai dari sejak tahun 1960-an hingga kini tidak berubah. Itulah yang membuat soto ayam ini selalu ramai pengunjung baik dari dalam maupun luar kota Tasikmalaya.

Buat kamu yang penasaran dengan rasa soto ayam legendaris di Tasikmalaya ini, kamu bisa langsung menuju Jalan Pataruman Nomor 23, Tasikmalaya.

Rumah Makan Pantai Dadaha

Walaupun namanya Rumah Makan Pantai, wisata kuliner Tasikmalaya ini tidak terletak di tepi pantai. Tapi, menu yang dijual khas menu yang biasa dijajakan di pantai seperti gurame bakar, ikan bakar, tapi juga menu-menu lain yang tidak berbau makanan laut seperti ayam goreng atau bakar.

Menikmati masakan pantai yang enak tak perlu jauh-jauh. Semua makanan yang disajikan diolah dengan bumbu-bumbu pilihan, rasa terjamin, dan sambal yang enak. Rumah makan ini wajib dicoba kalau kamu berada di Tasikmalaya.

Lokasinya berada di Jl. Terusan BCA RT.02 / RW.10, Tuguraja, Cihideung, Tuguraja, Cihideung, Tasikmalaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini