Sukses

12 Jenis Kaktus Serta Harganya, Cocok untuk Dekorasi Ruangan

Ada berbagai jenis kaktus berdasarkan bentuk dan ukurannya.

Liputan6.com, Jakarta Jenis kaktus ada beragam bentuk dan ukuran yang bisa Anda pilih sebagai dekorasi atau hiasan rumah. Kaktus dapat tumbuh tanpa air dalam waktu yang lama. Hal ini karena kaktus punya mekanisme penyimpan air di dalamnya.

Tanaman khas gurun pasir ini terkenal dengan ukurannya yang besar dan memiliki duri di seluruh permukaannya. Namun, sekarang tanaman yang memiliki nama latin cactaceae, dapat ditanam di mana saja dan menjadi salah satu primadona tanaman hias.

Kaktus memang menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menghias ruangan agar terlihat lebih indah, asri dan nyaman. Selain karena kaktus tidak memerlukan perawatan yang sulit, kaktus juga memiliki banyak sekali jenis dengan beragam bentuk, ukuran dan warna yang tentunya masing-masing memiliki keunikan dan kecantikannya sendiri.

Berikut ini penjelasan mengenai jenis kaktus beserta harganya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (11/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Kaktus Beserta Harganya

1. Kaktus Centong

Jenis kaktus hias yang pertama adalah kaktus centong atau nama ilmiahnya Opuntia cochenillifera. Disebut kaktus centong karena bentuknya yang lebar menyerupai centong nasi yang biasa kita gunakan di rumah. Kaktus centong cocok diletakkan di area teras rumah atau area taman. Ukuran mini bisa ditanam di pot dengan diameter sekitar 20 cm sampai 30 cm. Jenis kaktus ini memiliki harga sebesar Rp 50.000

2. Kaktus Koboi

Kaktus koboi adalah salah satu jenis kaktus yang paling populer di antara jenis kaktus hias lainnya. Bentuk awal kaktus koboi mini bisa Anda tempatkan di pot berdiameter 20 cm. Jika terus tumbuh besar, Anda bisa memindahkannya ke area taman rumah. Untuk memelihara kaktus koboi, pastikan anda menjauhkan penempatannya dari jangkauan anak-anak. Sebab jumlah duri pada kaktus koboi cukup banyak dan sangat tajam. Jenis kaktus ini memiliki harga sebesar Rp50.000.

3. Kaktus Sansevieria

Jenis kaktus ini sudah dikenal sejak dulu sebagai kaktus hias yang berukuran mini dan mudah dirawat. Jumlah duri pada kaktus sansevieria juga sedikit, hanya pada bagian ujung daun dan tidak terlalu tajam. Jenis kaktus sansevieria yang populer adalah sansevieria pagoda dan sansivieria boncel. Jenis kaktus ini memiliki harga sebesar Rp50.000.

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Kaktus Beserta Harganya

4. Kaktus Gymno

Kaktus dengan nama ilmiah Gymnocalycium ini terbilang unik karena memiliki warna cantik pada bagian batang dan dapat berbunga jika dirawat dengan baik. Warna kaktus gymno antara lain jingga, ungu, pink, kuning, dan merah. Cocok sekali diletakkan di area jendela atau meja di rumah Anda. Jenis kaktus gymno grafting atau gymno rubra asal Korea Selatan disebut sebagai yang tercantik karena memiliki bunga yang indah banget. Jenis kaktus ini memiliki harga sebesar Rp45.000 untuk lokal dan Rp70.000 untuk import.

5. Kaktus Crassula

Jenis kaktus hias mini selanjutnya adalah kaktus crassula atau disebut juga dengan kaktus sukulen. Bentuk kaktus crassula sangat unik dan variatif. Ada yang menyerupai umbi yang bertumpuk untuk tipe crassula budha temple, dan bentuk yang mirip seperti ganggang laut untuk tipe crassula ovate Gollum. Jenis kaktus ini memiliki harga sebesar Rp35.000-Rp50.000.

6. Kaktus Mammillaria

Satu lagi dari jenis kaktus hias mini yang memiliki ciri khas duri yang sangat banyak, namun warnanya begitu cantik. Kaktus mammilaria juga bisa menghasilkan bunga yang mekar cukup besar. Enggak heran jika harganya terbilang mahal, mulai dari Rp100.000-an sampai Rp400.000-an per tanaman. Tipe kaktus mammilaria yang umum dijual di pasaran adalah mammilaria elongate var intertexta, dan mamilaria triple head.

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Kaktus Beserta Harganya

7. Kaktus Haworthia

Kaktus haworthia memiliki bentuk yang mirip dengan kaktus sansevieria. Karena berasal dari daratan Afrika, kaktus haworthia mampu bertahan hidup di daerah dengan cuaca panas dan kering. Buat anda yang tinggal di area perkotaan yang terbilang gersang dan panas, cocok sekali memilih haworthia sebagai tanaman hias di rumah. Tipe kaktus haworthia yang populer antara lain haworthia attenuate, haworthia coopery var, dan haworthia variegate. Jenis kaktus ini memiliki harga sebesar Rp15.000 – Rp75.000.

8. Kaktus Euphorbia

Kaktus euphorbia juga merupakan jenis kaktus hias yang berasal dari Afrika. Nama lain dari tanaman ini adalah susuru atau African milk tree. Bentuknya sedikit mirip dengan kaktus koboi, namun berbeda pada bagian bentuk durinya. Tipe kaktus euphorbia yang banyak dijual adalah euphorbia caput medusa, dan euphorbia lactae. Jenis kaktus ini memiliki harga sebesar Rp70.000.

9. Kaktus Echeveria

Jenis kaktus yang satu ini sedang hits banget karena bentuknya yang justru menyerupai bunga yang terlihat artsy. Variasi warna kaktus echeveria terdiri dari hijau, pink, ungu, kuning, dan merah. Tipe yang banyak dijual adalah echeveria sp, echeveria agavoides, dan echeveria minima cluster. Jenis kaktus ini memiliki harga sebesar Rp40.000 – Rp75.000.

5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Kaktus Beserta Harganya

10. Kaktus Monadenium

Bentuk kaktus monadenium unik karena mirip seperti buah srikaya. Selain berupa batang, monadenium juga memiliki daun dan bunga pada bagian ujung teratasnya. Warna yang bisa anda pilih adalah pink, hijau, dan kuning. Jenis kaktus ini memiliki harga sebesar Rp40.000.

11. Kaktus Agave

Jenis kaktus hias mini yang selanjutnya adalah kaktus agave. Bentuk dari kaktus agave mirip seperti kaktus echeveria, namun ada perbedaan pada corak daun. Kaktus agave didominasi dengan warna hijau, putih, dan duri dengan warna ungu. Baik kaktus agave maupun kaktus echeveria sedang banyak dicari konsumen, sehingga laris manis di pasaran. Harga dari kaktus agave bervariasi, tergantung dengan tipe nya. Yang termurah ada di kisaran harga Rp70.000, dan yang termahal adalah tipe agave leopodi seharga Rp300.000.

12. Kaktus Lilin

Jenis kaktus yang satu ini memiliki bentuk batang yang tinggi dan bisa memiliki 3 sampai 14 tulang rusuk. Kaktus lilin memiliki bunga unik yang hanya akan mekar pada bulan Juli hingga Oktober. Kaktus ini tahan jika tidak disiram beberapa hari. Tanaman ini bisa menjadi hiasan dalam ruangan anda. Namun, pastikan agar tanaman mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Jenis kaktus ini memiliki harga sebesar Rp 35.000-Rp 300.000 tergantung ukurannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.