Sukses

Begini Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Google Chrome Android, Agar Hemat Baterai

Agar hemat baterai, aktifkan mode gelap pada browser Chrome di perangkat Androidmu.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa belakangan ini, fitur mode gelap atau dark mode sedang banyak diterapkan pada sejumlah platform atau aplikasi. Bukan tanpa tujuan dari menghadirkan mode gelap ini. 

Salah satu tujuan diadakannya mode gelap ini adalah untuk membuat baterai handphone kamu menjadi lebih irit. Nah, hal ini juga dilakukan oleh Google.

Beberapa bulan belakangan ini, Google juga gencar dalam menghadirkan mode gelap untuk sejumlah aplikasi buatannya. Setelah menyediakan mode gelap untuk YouTube dan aplikasi lain miliknya, kini Google merambahnya ke browser Chrome khusus Android.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengaktifkan Mode Gelap Chrome di Android

Tersedianya mode gelap ini akan membuat tampilan latar belakang Chrome pada perangkat Android yang awalnya putih, berubah menjadi serba hitam. Hal ini akan membuat pengguna Chrome dengan perangkat Andorid akan semakin nyaman saat menggunakannya. Selain memberi kenyamanan pada penglihatan, mode gelap ini juga dapat membantu pengguna untuk menghemat baterai.

Walaupun mode gelap kini sudah tersedia untuk Chrome Android, namun belum ada cara praktis untuk menghidupkan dan mematikan mode gelap ini. Kamu perlu melakukan beberapa langkah untuk bisa mengaktifkan atau menggunakan mode gelap di Chrome Android.

Buat kamu yang ingin mencoba fitur baru dari Google ini, kini sudah ada langkah sederhananya untuk mengaktifkan mode gelap di perangkat Android kamu. Liputan6.com juga sudah sempat mencoba mengaktifkan mode gelap Chrome ini di perangkat Android.

Begini langkah-langkah mudahnya untuk mengaktifkan mode gelap pada perangkat Android, Rabu (1/5/2019).

3 dari 3 halaman

Cara Mengaktifkan Mode Gelap Chrome di Android

Kamu perlu melakukan beberapa langkah sederhana agar bisa menggunakan fitur mode gelap di Chrome ini. Telah dirangkum dari berbagai sumber, berikut langkah-langkahnya:

1. Kamu perlu memperbarui Chrome terlebih dahulu atau versi terkini.

2. Kemudian ketik “chrome://flags” pada kolom pencarian dan tekan enter atau klik telusuri.

3. Kamu akan masuk pada menu Google Chrome Flag.

4. Untuk menemukan tombol aktivasi mode gelap tersebut, kamu perlu mengetikkan “Android Chrome UI Dark Mode”. Kemudian tekan enter.

5. Setelah itu akan muncul sebuah kolom untuk mengaktifkan mode gelap.

6. Ubah pilihan “default” menjadi “enabled” untuk mengaktifkan fitur "dark mode” tersebut.

7. Kalau sudah, tutup kanal dan buka kembali Google Chrome untuk mengaktifkan mode gelap yang sudah kamu setting tadi.

8. Selanjutnya, tekan tombol berupa titik tiga yang ada pada bagian atas kanan jendela pada browser.

9. Kemudian masuk pada menu “setting”.

10. Di situ kamu akan menemukan opsi “dark mode” untuk mengaktifkan mode gelap.

11. Kalau mode gelap sudah diaktifkan, maka kamu akan mendapati tampilan browser yang berubah warna, yaitu hitam pekat. Hal ini mirip saat kamu menggunakan mode “incognito” untuk berselancar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini