Sukses

25 Tempat Wisata di Jawa Timur yang Terkenal dengan Keindahan Alamnya

Tempat wisata di Jawa Timur menyuguhkan alam yang komplit, dari pegunungan yang menenangkan hingga lautan yang menyegarkan.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Jawa Timur memiliki destinasi keindahan alam yang melimpah. Mulai dari taman nasional, pantai, gunung, hingga pulau eksotis bisa kamu kunjungi di provinsi paling timur pulau Jawa ini.

Destinasi seperti Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Pantai Tiga Warna, Gunung Ijen, Pulau Bawean, hingga Ranu Kumbolo tentunya sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia. Bahkan, banyak destinasi yang sudah terkenal hingga mancanegara.

Tempat wisata di Jawa Timur menyuguhkan alam yang komplit, dari pegunungan yang menenangkan hingga lautan yang menyegarkan. Kamu bisa mengunjungi lokasi-lokasi wisata tersebut dengan mudah karena sudah terdapat berbagai petunjuk untuk mencapai destinasi tersebut.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (16/3/2022) tentang tempat wisata di Jawa Timur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Jawa Timur Taman Nasional

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran berada di wilayah Kabupaten Situbondo dan Banyuwangi. Tempat wisata di Jawa Timur ini memiliki luas total 250 km² menjadikannya taman nasional terkecil di wilayah Jawa Timur. Daya tarik dari Baluran adalah padang savana yang mendominasi wilayahnya.

Taman Nasional Baluran merupakan rumah bagi 44 jenis flora, 26 jenis mamalia dan 155 jenis burung. Selain savana, Taman Nasional Baluran juga memiliki 4 pantai yang memesona yaitu pantai Bama, Balanan, Bilik dan Sijile.

Taman Nasional Alas Purwo

Taman nasional Alas Purwo terletak di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi, Jawa Timur. Tempat wisata di Jawa Timur ini menawarkan ragam vegetasi yang cukup lengkap seperti hutan, pantai, savana, dan gua.

Beberapa jenis fauna yang bisa ditemui di Alas Purwo antara lain banteng, rusa, babi hutan, kijang, macan tutul, lutung, kera, aneka burung, dan lainnya. Sementarai itu, ada 584 jenis tumbuhan terdiri dari herba, semak, rumput, liana, dan pohon. Taman Nasional Alas Purwo juga memiliki kurang lebih 40 gua yang bisa disusuri langsung oleh pengunjung.

Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri berada dalam wilayah Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember. Daya tarik dari tempat wisata di Jawa Timur ini adalah hutan dan tamannya. Di sini kamu bisa menemukan beragam satwa, seperti musang luwak, monyet kera, ajak, rusa, bajing terbang ekor sembilan, merak, dan penyu.

Ada juga hewan liar lainnya seperti harimau jawa, kucing hutan, macan tutul, banteng jawa dan rusa. Terdapat hampir 520 jenis tanaman di sini, didominasi tanaman bunga dan obat-obatan. Ada pula bunga Rafflesia Zollingeriana yang mirip dengan bunga Rafflesia Arnoldi.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terletak di wilayah administratif Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo. Daya tarik taman nasional ini adalah jajaran gunung seperti Semeru, Bromo, Batok, dan masih banyak gunung lainnya.

Di kawasan TNBTS setidaknya terdapat 1.025 jenis flora. Terdapat 158 jenis Anggrek yang 40 jenis di antaranya tergolong langka. Kawasan TNBTS juga dikenal sebagai “Land of Edelweiss”. Satwa yang terdapat di tempat wisata di Jawa Timur ini antara lain luwak, rusa, monyet kra, kijang, ayam hutan merah, macan tutul, ajag dan berbagai jenis burung seperti alap-alap burun, rangkong, elang-ular bido, srigunting hitam, elang bondo, dan belibis.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Jawa Timur Pantai

Pantai Teluk Hijau

Tempat wisata di Jawa Timur berupa pantai yang pertama yaitu pantai Teluk Hijau. Letak Teluk Hijau ini berada di Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi. Disebut Pantai Teluk Hijau karena air di pantai ini berwarna biru kehijau-hijauan yang disebabkan oleh alga yang tumbuh dan hidup secara bergerombol. Tak hanya warna air yang jadi daya tarik pantai ini, di sini pengunjung juga bisa melihat batu karang raksasa yang berada di pinggir pantai.

Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah memiliki sebuah pulau kecil setinggi 200 meter dengan tanah dan pasir kemerahan. Pulau kecil yang berada di pantai Desa Sumberagung, Kabupaten Banyuwangi ini berhasil memikat wisatawan melalui bentuknya yang menyerupai pegunungan yang berada di tengah pantai. Pantai ini dikenal dengan airnya yang jernih serta hamparan pasir putihnya yang membentang hingga 3 km.

Pantai Tiga Warna

Sesuai namanya, pantai Tiga Warna memiliki tiga warna berbeda. Ada tiga warna pantai yang bisa terlihat di pantai ini, merah, hijau, dan biru. Pantai ini memiliki penjagaan yang sangat maksimal. Misalnya saja terdapat kuota maksimal pengunjung yang datang setiap harinya. Pembatasan jumlah pengunjung ini berguna untuk menjaga kelestarian serta kealamian dari pantai ini. Durasi berkunjung ke pantai ini juga dibatasi, yaitu hanya diberi waktu selama 2 jam.

Pantai Balekambang

Tempat wisata di Jawa Timur ini berlokasi di Malang, tepatnya di Dusun Sumber Jahe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Terdapat 3 pulau yang terdekat dengan dengan pantai ini, yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Tepat di atas pulau Ismoyo, terdapat sebuah pura megah yang bernama Pura Luhur Amertha Jati, dan sebuah jembatan yang menghubungkannya melalui pantai utama Balekambang. Pantai ini juga kerap disebut Tanah Lot-nya Jawa.

Pantai Kepetingan

Pantai Kepetingan berada di Desa Kepetingan, Buduran, Sidoarjo. Pantai ini adalah pantai yang terkenal dan hits di Sidoarjo. Meski lokasinya sedikit pelosok, pengunjung akan merasa puas dengan pemandangannya. Di sini juga banyak spot foto yang menarik dengan latar belakang alam yang indah. Jika beruntung, pengunjung bisa menyaksikan acara tradisi masyarakat setempat.

Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo begitu unik karena adanya air terjun yang langsung jatuh ke pantai selatan. Tempat wisata di Jawa Timur ini terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan. Pantai ini diapit oleh dua buah tebing yang tidak tinggi. Air terjun yang jatuh ke pantai ini sangat jernih dan segar sehingga tak jarang, pengunjung bisa mandi atau berendam di bawahnya.

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Jawa Timur Gunung

Gunung Semeru

Tempat wisata di Jawa Timur berupa gunung yang pertama yaitu gunung tertinggi di Pulau Jawa, Gunung Semeru. Gunung ini terkenal dengan pemandangannya yang memesona dan membuat banyak pendaki ingin kembali mendakinya. Gunung yang terletak di wilayah Lumajang dan Malang, Jawa Timur, ini memiliki ketinggian 3.676 mdpl. Salah satu pemandangan yang paling terkenal adalah Ranu kumbolo. Danau ini berada di ketinggian 2.400 Mdpl, di sini kamu juga dapat menyaksikan sunrise.

Gunung Ijen

Gunung Ijen berada di ujung Jawa Timur di antara perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso. Di gunung ini kamu dapat melihat fenomena blue fire atau api biru yang hanya ada di Ijen. Tak heran banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang penasaran dan mengunjungi tempat ini.

Gunung Welirang

Tempat wisata di Jawa Timur selanjutnya adalah Gunung Welirang. Gunung ini terletak di antara perbatasan Kabupaten Malang dan Mojokerto. Memiliki ketinggian 3.156 mdpl, Gunung Welirang terkenal dengan belerangnya yang menakjubkan. Kebanyakan penduduk di setempat adalah pengumpul batuan belerang.

Gunung Argopuro

Gunung yang memiliki tinggi 3.088 mdpl ini memiliki puncak Rengganis. Puas di puncak, kamu bisa melanjutkan turun lewat jalur Baderan di mana kamu dapat menemukan padang sabana bernama Cikasur.

Gunung Kelud

Gunung Kelud berada diperbatasan Kota Malang, Kediri dan Blitar. Di gunung ini terdapat danau dengan kawah hijau toska yang terlihat begitu menawan. Ada juga wisata air panas yang yang turut menambah daya tarik Gunung Kelud. Gunung ini hanya memiliki ketinggian 1.731 mdpl.

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Jawa Timur Pulau

Gili Ketapang, Probolinggo

Gili Ketapang terletak 8 km, 30 menit dari lepas pantai utara Probolinggo. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Gili Ketapang merupakan salah satu tujuan wisata alam di Kabupaten Probolinggo. Tempat wisata di Jawa Timur ini cocok sebagai destinasi snorkeling dan aktivitas laut lainnya. Di sini kamu bisa menyaksikan kumpulan ikan badut penghuni Pulau Gili Ketapang.

Gili Iyang, Sumenep

Gili Iyang juga memiliki sebutan sebagai Pulau Oksigen karena dikenal memiliki kandungan oksigen nomor dua tertinggi di dunia, setelah Yordania. Pulau kecil ini terletak di Kecamatan Dungkek, Sumenep, Madura. Udara di pulau ini begitu bersih dan segar membuat pengunjung betah berlama-lama di pulau ini. Rimbunnya pepohonan di sekitar Gili Iyang juga ikut andil meningkatkan kadar oksigen hingga di atas rata-rata batas kadar hingga 21%. Aktivitas laut seperi diving ataupun snorkeling juga bisa dilakukan melihat kualitas bawah laut yang bersih dan jauh dari polusi. Gili Iyang juga menawarkan alam bawah laut yang menakjubkan yang sayang untuk dilewatkan.

Gili Labak, Sumenep

Gili Labak salah satu pulau terkecil di antara 127 pulau lain di Kabupaten Sumenep, Madura. Luas Gili Labak tak lebih dari 5 hektare. Pulau ini bisa dikelilingi dengan berjalan kaki dalam waktu tak sampai setengah jam. Perairan Gili Labak sangat jernih. Dari jarak setengah mil, bebatuan di dasar terlihat jelas dengan mata telanjang. Tampak pula setumpuk sampah plastik mengambang, tapi tak banyak.

Pulau Bawean, Gresik

Bawean adalah pulau yang terletak di Laut Jawa, sekitar 120 kilometer sebelah utara Gresik. Di Bawean terdapat spesies rusa yang hanya ditemukan (endemik) di Bawean, yaitu Axis kuhli. Pulau Bawean mempunyai banyak lokasi wisata yang tak kalah menakjubkan dari wilayah lain di Indonesia. Di sini Anda bisa mengunjungi wisata pemandian air panas, air terjun, Danau Kastoba, pulau Gili, pulau Noko, tanjung Gaang, penangkaran rusa dan menjelajah pantai saat air surut.

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Jawa Timur Lainnya

Ranu Agung

Ranu Agung merupakan sebuah objek wisata danau di Probolinggo yang cukup terkenal. Konon danau ini terbentuk karena letusan Gunung Lemongan. Pemandangan di danau ini sangat indah, lengkap dengan tebing-tebing tinggi yang ada di sekitar danau. Cuacanya juga sangat sejuk sehingga membuat wisatawan betah untuk berlama-lama di sana.

Ranu Kumbolo

Salah satu danau yang populer di Jawa Timur dan paling banyak dicari wisatawan, khususnya para pendaki adalah Ranu Kumbolo. Ranu Kumbolo berada di jalur pendakian ke Gunung Semeru terletak pada ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut. Walau untuk menuju ke Ranu Kumbolo memang dibutuhkan pendakian yang cukup panjang dan menguras tenaga, namun keindahan Ranu Kumbolo memang menjadi magnet tersendiri bagi para pendaki.

Ranu Gumbolo

Jika di Gunung Semeru ada Ranu Kumbolo, maka di Tulungagung ada Ranu Gumbolo. Tempat wisata danau di Jawa Timur yang satu ini menjadi salah satu tempat wisata yang populer di Tulungagung. Pemandangannya yang indah, lengkap dengan perbukitan hijau yang ada di tepiannya membuat cukup banyak wisatawan lokal dan luar Jawa Timur yang datang ke lokasi wisata ini.

Kebun Teh Wonosari, Malang

Kebun Teh Wonosari terletak di kaki Gunung Arjuna, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Di wisata Jawa Timur ini Anda dapat berjalan-jalan dan mengambil foto selfie di jembatan yang baru dibangun beberapa waktu lalu. Fasilitas di wisata kebun teh ini juga tergolong lengkap, seperti kereta mini yang digunakan untuk berkeliling kebun teh, kebun binatang mini dan pemandian air hangat yang cocok sekali buat Anda yang ingin berendam di tengah udara sejuk pegunungan.

Kebun Teh Gambir, Jember

Kebun Teh Gambir terletak di Desa Gelang, Kecamatan Sumber Baru, Kabupaten Jember. Berlokasi di lereng Gunung Argopuro di ketinggian 900 Mdpl membuat udara di kebun teh ini terasa sejuk. Bagi Anda yang suka camping, di wisata kebun teh ini tersedia area camping ground yang bisa Anda gunakan untuk bermalam.

BeeJay Bakau Resort, Probolinggo

BeeJay Bakau Resort merupakan kawasan wisata Jawa Timur berupa hutan bakau yang ada di Kota Probolinggo. Dulunya, kawasan ini merupakan hutan bakau yang tak terurus. Dengan pengelolaan yang baik, kini hutan bakau ini menjadi destinasi kebanggaan warga Probolinggo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.