Sukses

6 Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan Ibu Hamil, Kaya Nutrisi

Manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan ibu hamil.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan ibu hamil masih banyak yang belum tahu. Buah manis dan imut ini ternyata menyimpan banyak sekali kandungan nutrisi. Kandungan inilah yang nantinya dapat dijadikan sebagai tameng tubuh melawan berbagai penyakit dan keluhan ibu hamil.

Kaya akan kandungan anti-oksidan polifenol dan flavonoid, nutrisi buah kelengkeng juga ada banyak sekali loh. Mulai dari serat, air, protein, asam amino, vitamin B, vitamin C, mineral seperti zat besi, fosfor, kalium, dan tembaga. Ini yang membuat buah kelengkeng sangat menguntungkan untuk dikonsumsi. 

Buah kelengkeng juga mudah sekali ditemukan di Indonesia. Bahkan ketika berada di China, Vietnam, dan Thailand pun buah kelengkeng akan mudah ditemukan. Ya walaupun memang buah ini hanya bisa dipanen setiap ada musimnya saja. 

Masyarakat Indonesia biasa menikmati buah kelengkeng dengan dijadikan sup buah atau juga dimakan langsung buahnya, tidak masalah karena kandungan nutrisinya tidak akan berubah. Namun yang perlu diperhatikan, sebelum mengonsumsi harus dipastikan dulu apakah buahnya sudah dicuci, berubah warna atau tidak, dan busuk atau tidak. Dan untuk penderita diabetes sebaiknya menghindari konsumsi buah ini karena kandungan gulanya banyak sekali, jadi akan sangat berisiko.

Walaupun manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan ada banyak sekali, tetapi mengonsultasikannya dengan dokter gizi sebelum mengonsumsi juga sangat disarankan sekali. Karena kita akan lebih tahu porsi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh terutama ibu hamil dan janin, sehingga bisa merasakan manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan dengan benar. Nah, berikut penjelasan mengenai manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan ibu hamil yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (9/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Manfaat Buah Kelengkeng untuk Ibu Hamil: Menambah Nafsu Makan

Manfaat buah kelengkeng ternyata bisa menambah nafsu makan ibu hamil. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin B12 dalam buah kelengkeng yang dapat membantu merangsang nafsu makan ibu hamil. Selain itu juga ada senyawa fitokimia dan sejenisnya yang dipercaya sangat baik untuk kesehatan ibu hamil

Namun, ibu hamil juga tidak disarankan untuk terlalu banyak mengonsumsi buah kelengkeng. Karena hal ini justru akan berdampak buruk bagi kehamilan. Bahkan bisa mengganggu perkembangan janin, terjadi kelahiran premature, dan keguguran.

3 dari 7 halaman

2. Manfaat Buah Kelengkeng untuk Ibu Hamil: Tingkatkan Metabolisme

Manfaat buah kelengkeng ternyata bisa membantu ibu hamil meningkatkan metabolisme. Hal disebabkan karena kandungan polifenol atau anti-oksidan, vitamin A, vitamin C, glukosa, dan surkosa yang ada dalam buah kelengkeng. Sehingga akan membuat ibu hamil meningkatkan sistem kekebalan tubuh bahkan sistem imun untuk bisa mengatasi kondisi lemah, letih, dan lesu saat sedang mengandung.

4 dari 7 halaman

3. Manfaat Buah Kelengkeng untuk Ibu Hamil: Mengatasi Insomnia

Manfaat buah kelengkeng ternyata bisa membantu mengatasi insomnia pada ibu hamil. Hal ini disebabkan karena kandungan zat besi dalam buah kelengkeng. Zat besi inilah yang kemudian akan membantu memproduksi sel darah merah.

Selain memproduksi sel darah merah, zat besi ini akan lebih mempermudah penyerapan dan mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh ibu hamil sehingga akan mampu mencegah bahkan mengatasi insomnia.

Tidak hanya itu tetapi buah kelengkeng juga membantu memberikan rasa tenang pada ibu hamil, mengurangi rasa gelisah, susah tidur, dan sulit berkonsentrasi. Sehingga ibu hamil menjadi lebih nyenyak saat beristirahat.

5 dari 7 halaman

4. Manfaat Buah Kelengkeng untuk Ibu Hamil: Menyehatkan Pencernaan

Manfaat buah kelengkeng ternyata bisa membantu ibu hamil memiliki pencernaan yang lebih sehat. Hal ini disebabkan karena kandungan serat yang sangat tinggi dalam buah kelengkeng ini.

Sehingga masalah pencernaan yang biasa dialami oleh ibu hamil seperti maag dan sembelit bisa dicegah dan lebih cepat diatasi dengan mengonsumsi buah kelengkeng ini. Masalah pencernaan ini biasa disebabkan karena perubahan hormon dan uterus yang terus berkembang.

6 dari 7 halaman

5. Manfaat Buah Kelengkeng untuk Ibu Hamil: Menguatkan Tulang

Manfaat buah kelengkeng ternyata bisa membantu menguatkan tulang ibu hamil dan janin dalam kandungan. Hal ini disebabkan karena kandungan kalsium, kalium dan zat besi.

Sehingga selain dapat memperkuat tulang ibu hamil dan janin, juga menghindarkan ibu hamil dari penyakit osteoporosis. Selain itu kalsium ini juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung atau kestabilan detak jantung ibu hamil dan janin.

7 dari 7 halaman

6. Manfaat Buah Kelengkeng untuk Ibu Hamil: Melancarkan Buang Air Kecil

Manfaat buah kelengkeng ternyata bisa membantu ibu hamil lancar buang air kecil. Hal ini disebabkan kandungan vitamin yang ada dalam buah kelengkeng.

Buah kelengkeng ini bisa dijadikan makanan penutup, makanan pembuka, atau juga camilan bagi ibu hamil. Tetapi porsi konsumsinya tetap harus diperhatikan agar cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh ibu hamil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini