Sukses

Testimoni adalah Pernyataan Pelanggan Terhadap Proses Transaksi, Kenali Manfaatnya

Testimoni adalah alat untuk meyakinkan pelanggan supaya melakukan transaksi.

Liputan6.com, Jakarta Testimoni adalah istilah yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Pasalnya, istilah ini berkaitan dengan kegiatan pemasaran suatu barang atau jasa, terutama secara online. Seperti yang telah diketahui, kegiatan jual beli online memang sedang berkembang pesat.

Testimoni biasanya dicantumkan pada setiap kolom barang yang dijual di internet. Hal ini dapat membantu para pembeli mengetahui bagiamana pendapat orang lain tentang suatu barang. Hal ini tentunya brperan sangat penting dalam memengaruhi keputusan pembeli.

Testimoni adalah alat untuk meyakinkan pelanggan supaya melakukan transaksi. Testimoni tidak hanya terbatas pada penyampaian pesan mengenai kualitas barang, namun juga pelayanan dari penjual.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (12/1/2022) tentang testimoni adalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Testimoni adalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), testimoni adalah bukti yang diberikan saksi di pengadilan. Dalam hukum, pengertian testimoni adalah pengakuan. Makna ini mungkin terkesan agak serius karena sekarang ini penggunaan testimoni sudah cukup umum dalam kehidupan sehari-hari, terutama dengan adanya internet.

Testimoni adalah istilah yang lebih lekat pada tanggapan pelanggan terhadap suatu barang atau jasa yang telah dibeli atau digunakannya. Testimoni adalah pernyataan atau pesan pelanggan terkait dengan pengalamannya melakukan transaksi dengan penjual. Testimoni adalah suatu pernyataan atau tanggapan yang bisa berkaitan tentang kualitas barang atau jasa yang telah dipesan ataupun pelayanan yang diberikan oleh penjual saat bertransaksi.

Testimoni adalah suatu hal yang sangat penting dalam transaksi online. Pasalnya sebelum bertransaksi orang-orang dapat memeriksa testimoni dari orang lain terlebih dahulu untuk memutuskan membeli atau tidak. Selain itu, setelah membeli kamu tentunya juga akan dimintai testimoni tentang barang, hal ini juga membantu orang lain yang nantinya akan bertransaksi.

Hal ini tidak terlepas dari jual beli secara online yang barangnya tidak dapat disentuh langsung dan dilihat secara nyata. Peran testimoni menjadi begitu penting yang perlu diperhatikan setiap pelanggan.

Mengutip yourdictionary.com, testimoni adalah suatu pernyataan yang memberi kesaksian tentang kualifikasi seseorang, karakter, dan lain sebagainya. Testimoni adalah kesaksian dari manfaat beberapa produk, layanan jasa, dan lain sebagainya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Testimoni

Testimoni adalah suatu hal yang sangat penting dalam bisnis. Hal ini dapat menegaskan kredibilitas dari usaha yang kamu jalankan. Seperti dikutip dari customerfeedbackcentre.co.uk, manfaat testimoni adalah sebagai berikut:

- Membangun kepercayaan publik

Manfaat pertama testimoni adalah sebagai upaya membangun kepercayaan kepada publik pada bisnis kamu. Jika seorang pelanggan memberikan tanggapan setelah membeli produk dari bisnismu, ataupun tanggapan tentang pelayanan yang telah kamu berikan, hal ini membantu terbentuknya kepercayaan publik. Apalagi, bila testimoni yang kamu terima adalah tanggapan yang positif. Bila tanggapan yang diterima negatif, maka kamu mungkin perlu mengevaluasi diri, sehingga kembali memberikan yang terbaik dan diinginkan pelanggan.

- Menciptakan kredibilitas

Manfaat testimoni adalah dapat menciptakan kredibilitas suatu bisnis. Tidak dapat dibantah lagi bahwa testimoni memiliki kemampuan untuk mendorong dan meyakinkan seseorang, bahkan orang yang awalnya ragu untuk membeli produk kamu. Testimoni adalah suatu hal yang sangat memengaruhi keputusan pelanggan untuk membeli suatu produk. Hal ini juga akan membantu seseorang untuk melihat bahwa produk yang kamu jual bukan hanya tipuan dan menegaskan bahwa tujuan kamu adalah membantu mereka.

- Teknik promosi penjualan yang baik

Testimoni adalah teknik promosi penjualan yang sangat baik dan efektif. Hal ini merupakan sarana marketing yang bagus bagi unit bisnis kamu. Secara tidak langsung, testimoni merupakan salah satu upaya untuk memasarkan produk dengan menggunakan kesan positif seseorang terhadap bisnis kamu. Membaca review yang bernada positif dari pelanggan lain dapat memperkuat keyakinan pelanggan lainnya bahwa produk yang kamu jual memang pilihan yang tepat untuk mereka.

4 dari 4 halaman

Strategi Memanfaatkan Testimoni dalam Bisnis

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, testimoni adalah faktor yang sangat penting dalam perkembangan bisnis kamu. Jika sudah ada pelanggan yang memberikan testimoni terhadap barang atau jasa yang kamu tawarkan, kamu bisa memanfaatkannya untuk menarik konsumen lain.

Berikut strategi yang efektif dalam memanfaatkan testimoni:

1. Sertakan testimoni terbaik pada bagian depan dan tengah beranda website, seperti di sidebar, atau bahkan di atas tajuk utama website.

2. Tempatkan beberapa testimoni tepat di tengah-tengah salinan penjualan beranda, agar pembaca tetap fokus pada kredibilitas website saat menguraikan fitur dan manfaat produk.

3. Siapkan halaman khusus untuk testimoni yang terbaik, kemudian sertakan cuplikan komentar mereka di seluruh website kamu. Pastikan untuk meletakkan link ke halaman testimoni pada setiap cuplikan tersebut.

4. Sertakan testimoni di setiap halaman website. Tidak peduli di mana pengunjung mengklik, kamu ingin mereka menemukan ulasan pelanggan yang positif tentang produk atau layananmu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.