Sukses

7 Cara Memasak Beras Merah yang Enak dan Tidak Keras, Kaya Manfaat

Kumpulan cara memasak beras merah, gampang banget!

Liputan6.com, Jakarta Memahami cara memasak beras merah yang benar akan membuat hasilnya enak, pulen, dan tidak keras. Beras merah disebut bahan makanan lebih bergizi dibanding beras putih karena mengandung 1,8 gram serat dalam 100 gramnya, sementara dalam beras putih hanya 0,4 gram. 

Cara memasak beras merah harus diperhatikan betul bagian mencuci, merendam, menakar, hingga mengolahnya. Ini bagian cara memasak beras merah yang paling utama harus dilakukan, jangan lewatkan setiap bagiannya.

Beras merah dikatakan baik untuk pencernaan, penderita diabetes, dan bayi. Bagaimana cara memasak beras merah tersebut? Tentu tidak sama dengan cara memasak beras merah biasa, ya. Berikut Liputan6.com ulas berbagai cara memasak beras merah yang enak dan tidak keras dari berbagai sumber, Selasa (29/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Memasak Beras Merah yang Enak dan Tidak Keras

1. Cuci dengan Air Mengalir

Cara masak beras merah yang pertama di mulai dari proses pencuciannya. Sebenarnya ketika proses mencuci bisa dibilang sama saja dengan proses mencuci beras lain. Pastikan jika air yang digunakan merupakan air mengalir.

Sebab penggunaan air mengalir dapat menghilangkan kotoran yang berasal dari sisa-sisa kulit gilingan padi. Selain itu, cara memasak beras merah cukup bilas beras merah 2-3 kali saja. Hal ini bertujuan untuk menghindari kadar vitamin di dalamnya justru berkurang.

2. Rendam Terlebih Dahulu

Kemudian, cara masak beras merah dengan melakukan perendaman. Anda bisa merendam beras merah di dalam air selama 30 menit. Hal ini untuk mendapatkan tekstur yang lebih lunak. Selain itu, jumlah air harus diperhatikan dengan tepat.

Dalam satu gelas beras merah, dapat menggunakan tiga gelas air untuk merendam. Mengapa cara memasak beras merah perlu direndam? Sebab beras merah memiliki tekstur yang cenderung lebih keras dan perendaman ini bermaksud untuk melunakkan tekstur dari tiap biji beras merah tersebut.

3. Panggang Beras

Mungkin Anda berpikir jika proses pemanggangan beras bisa merubah teksturnya. Padahal, memanggang beras merah sebelum dimasak justru tidak akan mengubah teksturnya, dan cenderung memperkuat sentuhan dari rasa khas seperti kacang dari beras merah.

Proses cara memasak beras merah bagian pemanggangan tersebut cukup mudah. Anda bisa menyiapkan teflon atau wajan biasa. Kemudian panaskan terlebih dahulu. Lalu tuang beras ke wajan atau teflon tersebut dan tumis beras dengan sedikit minyak zaitun. Lalu tambahkan air dan aduk hingga harum.

4. Perhitungkan Takaran Air

Cara memasak beras merah seperti yang sempat disinggun sebelumnya, tekstur beras merah cenderung lebih keras dibanding beras putih. Itulah mengapa air yang digunakan untuk memasak beras merah harus lebih banyak jika dibandingkan dengan beras putih.

Untuk satu cangkir beras merah, maka cara memasak beras merah bisa menggunakan 2-3 gelas air untuk memasak berasa merah tersebut. Penggunaan air yang lebih banyak ini akan sangat membantu untuk membuat beras merah menjadi lebih pulen dan lebih nikmat dikonsumsi.

5. Campur dengan Beras Putih

Cara masak beras merah selanjutnya, yaitu dengan mencampurnya menggunakan beras putih. Tujuannya tentu agar rasa dari beras merah lebih nikmat dan bisa mendekati rasa dari beras putih tersebut. Akan tetapi, meski perlu dicampur dengan beras putih, usahakan untuk tidak menggunakan porsi beras putih terlalu berlebihan.

Sebab cara memasak beras merah dengan penggunaan beras putih berlebihan justru membuat berbagai manfaat beras merah semakin rendah rasionya. Sebagai patokan, maka Anda bisa menggunakan perbandingan 1:2 untuk campuran beras putih dan beras merah tersebut.

Jika memutuskan menggunakan cara ini, maka perlu diperhatikan juga masalah penggunaan airnya. Sebab otomatis penggunaan air harus dikurangi. Jika tidak, maka bisa membuat nasi menjadi lembek bahkan tidak layak dikonsumsi.

6. Diamkan Terlebih Dahulu

Mengapa cara memasak beras merah perlu didiamkan selama terlebih dahulu? Sebab, proses “istirahat” ini akan membantu dalam memaksimalkan proses penyerapan air dan membuat tekstur nasi tidak terlalu lembek.

Proses pendiaman cara memasak beras merah cukup dilakukan 5-10 menit saja. Setelah proses pendiaman waktu yang ditentukan, Anda bisa mengaduk nasi menggunakan untuk mencegah nasi menempel di dinding rice cooker.

Selain itu, cara memasak beras merah pastikan nasi merah selalu disimpan dalam kondisi hangat. Sebab nasi merah yang sudah dingin akan memengaruhi terksturnya dengan cepat. Dengan kata lain, tekstur dari nasi merah akan cenderung keras jika sudah dingin.

3 dari 6 halaman

Cara Memasak Beras Merah yang Enak dan Tidak Keras

1. Cara Memasak Beras Merah untuk Diet

Bahan:

- 1 cup beras merah

- 1 1/2 cup beras putih

- Air untuk menanak nasi

Cara Memasak Beras Merah:

- Cuci beras merah dan beras putih, kalau bisa ukuran beras putih lebih banyak agar nasi tidak terlalu keras karena tekstur beras merah berbeda dengan beras putih.

- Masukkan beras ke dalam rice cooker. Lalu sentuhkan jari telunjuk di permukaan beras.

- Tuang air hingga tingginya menyentuh sendi pertama jari telunjukmu. Ketika jari yang kamu celupkan sudah terendam air setinggi sendi yang pertama, takaran airnya sudah pas. Jadi sudah siap untuk langsung ditanak.

2. Cara Memasak Beras Merah Dicampur Putih

Bahan:

- 1 cup beras merah

- 1 cup beras putih

- Secukupnya tempe

- Secukupnya ikan pindang

- 3 buah labu siam, cuci dan iris sebesar korek api

- 2 ons buncis, buang ujungnya

- Secukupnya cabe rawit hijau

- Secukupnya garam, gula, dan lada

- 8 siung bawang putih

Cara memasak beras merah:

- Cuci beras hingga bersih. Masak nasi putih dalam rice cooker, setelah matang, angkat, lalu kemudian masak nasi merah. Sisihkan.

- Bumbui tempe dengan garam, lada, kemudian goreng tempe sampai kecokelatan. Setelah matang, Angkat dan tiriskan dari minyak.

- Tumis 3 siung bawang putih yang telah dicincang sampai harum, masukkan buncis yang telah dicuci bersih dan dibuang ujungnya. Beri garam, gula dan lada, dan sedikit air, masak sampai buncis matang.

- Tumis 3 siung bawang putih yang telah dicincang, masukkan labu yang telah diiris. Beri garam, gula, lada dan air. Masak sampai labu empuk dan angkat.

- Cuci bersih cabe rawit hijau. Lalu tumbuk cabe rawit dengan 2 siung bawang putih. Beri sedikit minyak, garam dan gula. Tumbuk sampai semua cabe dan bawang hancur.

- Sajikan nasi merah, nasi putih, dengan aneka sayuran tumisan, lauk ikan, tempe dan sambal hijau.

4 dari 6 halaman

Cara Memasak Beras Merah yang Enak dan Tidak Keras

3. Cara Memasak Beras Merah untuk Bayi

Bahan:

- 2 sdm beras merah

- Susu formula 1 sendok takarkurang lebih 4 gram

- 250 ml air

Cara memasak beras merah:

- Cuci bersih beras merah dengan tiga kali bilas. Masukkan secara perlahan ke dalam cooker, tambahkan air dan masak hingga tekstur menjadi bubur.

- Ambil 2 sdm bubur kemudian saring dengan saringan kawat. Jangan lupa bagian bawah saringan diambil.

- Tambahkan air hangat sampai kekentalan yang sesuai. Taruh sendok dimiringkan bubur tidak jatuh. Tambahkan susu formula adult. Bubur siap disajikan hangat hangat.

4. Cara Memasak Beras Merah untuk Diabetes

- Cuci beras merah hingga benar-benar bersih. Sebaiknya cara memasak beras merah menggunakan air yang mengalir agar kotoran yang berada dalam beras bisa ikut terbuang bersama air.

- Rendam terlebih dahulu dengan air bersih selama 30 menit agar nantinya tekstur nasi tidak keras dan empuk serta berasa pulen.

- Setelah itu masak dalam panci dengan memakai api yang kecil. Gunakan perbandingan 1:3 yaitu 1 cangkir beras merah dan 3 cangkir air bersih. Diamkan hingga airnya mendidih dan habis. Pindahkan nasi beras merah ke dalam dandang untuk dikukus. Gunakan api kecil atau sedang.

- Jika menginginkan harum mewangi, maka kamu bisa menambahkan irisan bawang merah dan bawang putih, 1 lembar daun salam dan 1 lembar daun pandang. Bisa juga cara memasak beras merah, kukusan dilapisi dengan daun pisang yang masih segar. Kukus beras merah hingga benar-benar matang dan sajikan.

5 dari 6 halaman

Cara Memasak Beras Merah yang Enak dan Tidak Keras

5. Cara Memasak Beras Merah Menjadi Uduk

Bahan nasi:

- 500 gram beras merah, cuci bersih

- 1 lembar daun salam

- 1 batang serai, memarkan

- 2 butir cengkeh

- 3 cm kayumanis

- 2 sendok teh garam

- 1.350 ml santan dari 1/2 butir kelapa

Bahan orek tempe:

- 300 gram tempe, potong korek api besar, goreng

- 4 butir bawang merah, iris

- 3 siung bawang putih, iris

- 1 buah cabai merah besar, buang biji, iris halus

- 1 lembar daun salam

- 2 cm lengkuas, memarkan

- 3 1/2 sendok teh kecap manis

- 1/4 sendok teh garam

- 1/4 sendok teh merica bubuk

- 1/4 sendok teh gula pasir

- 2 sendok makan air

- 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan Pelengkap:

- 100 gram kerupuk kanji

- 5 buah tempe bacem

- 3 butir telur dan 1/4 sendok teh garam, untuk dadar rawis

- 3 sendok makan bawang goreng untuk taburan

Cara memasak beras merah:

- Nasi, rebus santan, daun salam, serai, cengkeh, kayu manis, dan garam sambil diaduk sampai mendidih. Masukkan beras. Masak sambil sesekali diaduk sampai meresap

- Kukus 30 menit di atas api sedang sampai matang

- Orek tempe, tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, daun salam, dan lengkuas sampai harum. Masukkan kecap manis, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata. Tuang air. Masak sampai mendidih

- Tambahkan tempe. Aduk rata. Masak sampai matang dan meresap

- Sajikan nasi uduk beras merah bersama pelengkapnya.

6. Cara Memasak Beras Merah Bakar

Bahan-bahan:

- 400 gr fillet dada ayam (ayam Herbal/bisa diganti ikan)

- 3 sdm minyak zaitun

- 2 batang serai, memarkan

- 5 lembar daun jeruk, iris halus

- 1 buah jeruk limau, ambil airnya saja

- 2 cm lengkuas, memarkan

- 3 cm jahe, memarkan

- 100gr wortel, parut

- 200gr kemangi petiki daunnya

- 600gr nasi merah

- Daun pisang, untuk membungkus

- Lidi, untuk menyemat

Bumbu, haluskan:

- 8 buah cabai merah

- 7 buah cabai rawit merah

- 8 buah bawang merah

- 4 sdt garam

- 1 sdt terasi bakar

- 1/2 sdt gula pasir

Cara memasak beras merah:

- Kukus daging ayam hingga matang ( lebih kurang 15 menit), angkat, suwir-suwir. Sisihkan

- Panaskan minyak zaitun, tumis bumbu halus, serai, daun jeruk, air jeruk limau, lengkuas, dan jahe hingga harum, aduk rata. Masukkan ayam kukus, wortel, dan nasi, aduk rata. Masukkan daun kemangi, matangkan, angkat. Bagi menjadi 6 bagian sama rata

- Siapkan selembar daun pisang, letakkan satu bagian nasi, gulung hingga membentuk silinder, rapikan. Sematkan kedua ujungnya dengan lidi

- Ulangi langkah yang sama pada sisa nasi

- Panggang di atas bara api sambil di balik balik hingga matang (kurang lebih 10 menit), angkat. Sajikan hangat.

6 dari 6 halaman

Manfaat Mengonsumsi Beras Merah

1. Perkuat Imunitas

Beras merah kaya vitamin esensial, mineral, dan senyawa fenolik yang bisa membantu perkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kemampuan melawan infeksi.

2. Mencegah Diabetes

Beras merah memiliki indeks glikemik rendah (GI) yang berguna untuk mencegah risiko diabetes tipe 2. Indeks glikemik sendiri merupakan ukuran seberapa cepat atau lambat makanan diserap dan seberapa banyak mereka meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

3. Menjaga Sistem Saraf

Beras merah membantu fungsi sistem saraf agar bekerja dengan baik, karena ada zat besi di dalamnya.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Beras merah mengandung serat dan senyawa tanaman yang disebut lignan dan bisa membantu menurunkan kadar kolesterol serta menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Turunkan Berat Badan

Beras merah mengandung serat baik dan mampu menjaga perut kenyang dalam waktu yang lama. Hal ini akan berguna dalam menurunkan berat badan dengan mencegah rasa ingin ngemil.

6. Jaga Kesehatan Tulang

Beras merah mengandung kalsium yang merupakan jenis mineral penting dan dibutuhkan untuk membangun tulang dan gigi yang kuat dan sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini