Sukses

Apa Itu Bitcoin Mining? Begini Cara Kerjanya

Bitcoin mining adalah metode mendapatkan Bitcoin dengan menambangBitcoin mining adalah metode mendapatkan Bitcoin dengan menambang.

Liputan6.com, Jakarta Mengenal apa itu Bitcoin mining adalah metode mendapatkan Bitcoin dengan menambang. Asal usul istilah dalam mata uang kripto, apa itu Bitcoin mining berasal dari kata dasar “miner” yang artinya aktivitas menambang. Sementara “mining” memiliki arti menambang.

Metode menambang atau apa itu Bitcoin mining yang sesungguhnya adalah mencari dan mengumpulkan mata uang digital, dengan memecahkan masalah matematika kompleks. Perangkat komputer merupakan modal utama yang dapat menjelaskan lebih dalam tentang apa itu Bitcoin mining.

Apa itu Bitcoin mining memiliki ibarat sama dengan proses menambang emas. Hanya saja Bitcoin mining dilakukan secara digital dengan perangkat komputer super canggih dan koneksi internet yang dilakukan orang-orang diseluruh dunia.

Wajib tahu, memahami cara kerja apa itu Bitcoin mining adalah modal utama bermain saham Bitcoin. Berikut Liputan6.com ulas lebih dalam tentang apa itu Bitcoin mining, Rabu (10/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Kerja Bitcoin Mining

Memahami cara kerja apa itu Bitcoin mining merupakan langkah utama menambah jumlah mata uang digital untuk keperluan penanaman saham. Hal-hal yang perlu dipersiapkan dari cara kerja Bitcoin mining adalag perangkat komputer, aplikasi miner, dan koneksi internetyang stabil.

Waktu yang diperlukan dalam cara kerja apa itu Bitcoin mining tidak sebentar. Minimal memiliki perangkat penambang seperti CPU, GPU, FPGA atau ASIC. Berikut penjelasan lengkap cara kerja apa itu Bitcoin mining:

1. Cara Menambang dengan CPU

Bitcoin mining dengan CPU dianggap sebagai generasi pertama untuk peraangkat pertambangan Bitcoin. Jika Anda menambang dengan CPU maka kemungkinan akan membutuhkan beberapa ribu tahun untuk mampu menemukan blok yang valid, sehingga menambang dengan CPU dirasa cukup sulit.

2. Cara Menambang dengan GPU

Bitcoin mining dengan GPU dianggap sebagai generasi kedua. GPU adalah kartu grafis yang digunakan di semua jenis komputer saat ini. GPU bisa menghasilkan paralelisme yang sangat tinggi sehingga cukup efektif untuk pertambangan Bitcoin. GPU dianggap memiliki jumlah core yang lebih banyak sehingga mampu melakukan proses enkripsi lebih baik daripada CPU.

3. Cara Menambang dengan FPGA

FPGA adalah sebuah IC Digital yang digunakan untuk mengimplementasikan berbagai rangkaian digital. Pada chip FPGA, Anda dapat menyesuaikan dan mengatur ulang konfigurasinya, sehingga kinerjanya dinilai baik. FPGA mampu mencapai hingga GH/s atau sekitar 1 miliar hash per detik. Namun, jika miner memiliki ratusan board yang masing-masingnya adalah 1GH/s maka kemungkinan membutuhkan waktu 50 tahun untuk bisa menemukan blok Bitcoin baru.

4. Cara Menambang dengan VGA

Jika tertarik untuk Bitcoin mining, maka para miners merekomendasikan untuk menggunakan VGA RX-Series, seperti VGA RX-580. VGA seri ini dianggap sangat efektif dan juga efisien jika digunakan untuk pertambangan Bitcoin.

Selain harganya yang terjangkau, VGA seri ini juga tak kalah performa dengan model lainnya. Maka, masih banyak miners yang memilih menambang dengan GPU menggunakan VGA karena dinilai lebih efisien dengan performa yang bagus.

Jika Anda ingin mencari VGA RX-Series yang kini sudah cukup langka, maka Lakupon menawarkannya dengan harga diskon 19%. Tipe VGA ini sudah sangat lengkap dan cocok untuk Bitcoin mining. Anda bisa cek spesifikasi lengkapnya DI SINI dan dapatkan harga spesialnya hanya Rp 6 jutaan di Lakupon.

3 dari 3 halaman

Metode Mendapatkan Bitcoin Lainnya

1. Membeli

Metode mendapatkan Bitcoin adalah dengan membeli. Calon investor harus mengunduh dompet Bitcoin terlebih dahulu untuk melakukan transaksi. Bila sudah mengikuti langkah sebelumnya dengan membuat akun, selanjutnya buka dompetnya.

Marketplace untuk penukaran uang dengan cryptocurrency yang paling populer adalah Bitfinex, Bitstamp, Coinbase, dan Coinmama.

Lakukan pertukaran cryptocurrency yang disediakan oleh provider dompet Bitcoin milikmu. Metode mendapatkan Bitcoin dengan mendapatkan penukaran, bisa dengan kartu debit, kredit, atau PayPal. 

2. Menulis

Selain membeli, metode mendapatkan Bitcoin bisa dengan mendapatkannya secara gratis melalui metode menulis. Menulis mengenai cryptocurrency. Metode ini cocok banget buat yang memiliki keahlian menulis untuk bisa mendapatkannya secara cuma-cuma.

Saat ini, dunia crypto sudah memiliki situs berita yang akan memuat berbagai macam berita. Bermain Bitcoin memang perkara yang mudah asalkan paham akan caranya, salah satunya dengan melakukan trading Bitcoin setiap hari.

3. Pengguna Lain

Metode mendapatkan Bitcoin, coba dapatkan dari pengguna lain. Metode ini dikenal paling mudah untuk pemula. Metode mendapatkan Bitcoin ini bisa diterapkan karena fungsinya dapat disamakan seperti uang konvensional.

Fungsinya adalah sebagai alat tukar dalam segala jenis transaksi. Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, kini Bitcoin sudah bisa ditransfer layaknya uang tunai pada umumnya. Metode mendapatkan Bitcoin adalah menggunakan Bitcoin Wallet Address.

4. Afiliasi Bitcoin

Afiliasi Bitcoin merupakan sebuah link untuk kegiatan mempromosikan sesuatu. Metode mendapatkan Bitcoin yang satu ini akan membuat calon investor memasang tautan di web mereka.

Pada akhirnya, metode mendapatkan Bitcoin akan membuat pemasang mendapatkan imbalan berupa Bitcoin di setiap impresinya yang bisa digunakan untuk modal investasi.

Link tersebut dapat dengan mudah didapatkan di berbagai macam situs pertukaran ke uang rupiah. Ada dua kategori pertukaran crypto, dari uang Fiat ke crypto dan dari crypto ke crypto. Hal-hal tersebut harus dipahami, khususnya bagi pemain pemula metode mendapatkan Bitcoin.

5. Airdrops

Metode mendapatkan Bitcoin dengan mencari modal gratisan bisa mengandalkan airdrops. Metode ini merupakan salah satu strategi perdagangan dari sebuah perusahaan.

Tujuannya adalah untuk memberikan cryptourrency secara gratis tanpa adanya syarat atau ketentuan sebelumnya. Biasanya persyaratan yang perlu dilakukan metode mendapatkan Bitcoin ini ialah akun Twitter perusahaan atau me-retweet postingan dan lain-lain.

Namun dengan menggunakan airdrops, ketentuan tersebut tidak harus dipenuhi. Cryptocurrency bisa ditukarkan menjadi uang rupiah melalui berbagai situs exchanger di internet.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.