Sukses

10 Fungsi iCloud pada iPhone, Mudahkan Penyimpanan Digital

iCloud punya banyak fungsi bagi penggunanya.

Liputan6.com, Jakarta Fungsi iCloud pada iPhone punya beragam manfaat. iCloud merupakan fitur bawaan yang dimiliki oleh Apple. Saat pertama kali memiliki iPhone, kamu akan diminta untuk mengaktifkan iCloud Drive. Ini bukan tanpa alasan, beragam fitur yang dimiliki iPhone bisa lebih efektif dengan adanya iCloud.

Fungsi iCloud pada iPhone berbasis penyimpanan Cloud dari Apple Inc. iCloud menjadi fitur penting dalam sistem operasi ini. Gagasan di balik iCloud adalah kemudahan mengakses semua dokumenmu di perangkat Apple apapun yang kamu gunakan. Fungsi iCloud pada iPhone bahkan bisa diakses di perangkat Windows atau Android.

Fungsi iCloud pada iPhone sangat mempermudah penggunanya. Fungsi iCloud pada iPhone membuat semua perangkat berbasis Apple ini sinkron satu sama lain. Dengan iCloud, kamu bisa mengakses beragam dokumen dari perangkat apapun yang tersambung ke internet.

Fungsi iCloud pada iPhone dapat dinikmati secara gratis bagi pengguna Apple. iCloud memiliki beragam fitur yang bermanfaat bagi penggunanya. Berikut fungsi iCloud pada iPhone, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (28/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Mengenal iCloud

iCloud adalah nama yang diberikan Apple untuk berbagai layanan penyimpanan berbasis cloud. Ini mencakup berbagai penyimpanan seperti email, sinkronisasi kontak dan kalender, lokasi perangkat yang hilang dan penyimpanan musik di cloud.

Inti dari layanan cloud secara umum dan iCloud pada khususnya, adalah untuk menyimpan informasi di komputer jarak jauh, yang dikenal sebagai server cloud, bukan secara lokal.

Fungsi iCloud pada iPhone ini berarti tidak membutuhkan ruang penyimpanan di perangkat tertentu. Dengan iCloud kamu dapat mengakses informasi dari perangkat apa pun yang tersambung ke internet. iCloud memungkinkan kamu menyimpan informasi secara online.

Kamu bisa mengakses informasi yang kamu simat dari semua perangkat termasuk iPhone, iPad, Apple TV, Mac, bahkan PC Windows. Setiap pengguna dengan ID Apple mendapatkan penyimpanan 5 GB secara gratis untuk mencadangkan aplikasi dan pengaturan di iPhone, iPad, iPod mereka. Layanan ini juga menyinkronkan foto, dokumen, dan email dengan Mac dan perangkat seluler.

3 dari 7 halaman

Fungsi iCloud pada iPhone

Menyimpan foto dan video

Fungsi iCloud pada iPhone yang pertama adalah untuk menyimpan foto dan video. Dengan fitur iCloud Photo, kamu bisa menyimpan semua foto dan video dengan aman. Menyimpan foto dan video di iCloud juga membuat foto dan video bisa diakses di Mac, perangkat iOS, perangkat iPadOS, Apple TV, dan iCloud.com.

Setiap pengeditan yang kamu buat di app Photos akan diperbarui di semua akun secara otomatis. Dan dengan Album Bersama, sangatlah mudah untuk berbagi foto dan video dengan orang yang kamu pilih dan undang mereka untuk menambahkan foto, video, dan komentar ke album bersama tersebut.

iCloud storage

Setiap pengguna Apple akan mendapatkan penyimpanan iCloud gratis sebesar 5GB. Kamu bisa menyimpan berbagai dokumen seperti foto, video, file, dan cadangan perangkat. iCloud Drive menyimpan filemu dengan aman sehingga kamu dapat mengakses dan membagikannya di app File di iPhone dan iPad, dari Finder di Mac, dan iCloud untuk Windows.

4 dari 7 halaman

Fungsi iCloud pada iPhone

Backup file

Fungsi iCloud pada iPhone juga sangat berguna untuk mencadangkan file dan pengaturan di perangkat Apple-mu. Jika kamu mencadangkan iPhone, iPad, atau iPod touch, kamu akan memiliki salinan informasi untuk digunakan kalau-kalau perangkatmu pernah diganti, hilang, atau rusak.

Mengkakses file di semua perangkat

iCloud juga sangat berguna untuk meyimpan file atau dokumen penting. Dengan menyimpannya di iCloud kamu bisa mengaksesnya di semua perangkat dan di iCloud.com. Kamu juga dapat mengundang orang lain untuk bisa mengakses dan mengedit dokumenmu. Kamu dapat menggunakan fitur iCloud Sharing untuk berbagi dokumen dengan pengguna iCloud lainnya.

5 dari 7 halaman

Fungsi iCloud pada iPhone

Berbagi musik, buku, app, langganan, dan lainnya

Fungsi iCloud pada iPhone selanjutnya adalah memungkinkan kamu berbagi beragam fitur dengan orang lain. Fitur family sharing memudahkanmu dan hingga lima anggota keluarga untuk berbagi pembelian iTunes Store, App Store, dan Apple Books, paket keluarga Apple Music, paket penyimpanan iCloud, langganan Apple News+ serta Apple Arcade, dan lainnya. Pengguna family sharing juga dapat berbagi album foto serta kalender keluarga, dan bahkan membantu menemukan perangkat satu sama lain yang hilang.

Melacak perangkat yang hilang

Salah satu fungsi iCloud pada iPhone yang tak kalah penting adalah fitur pelacakan. iCloud tak hanya berfungsi sebagai penyimpanan, tapi juga alat pelacak perangkat Apple yang hilang. Kamu bisa menggunakan fitur Find My untuk menemukan perangkat yang hilang.Dengan fitur ini kamu juga bisa mengunci perangkat, membunyikannya, atau bahkan menghapus data dari perangkat yang hilang. Dengan fitur ini kamu juga bisa menemukan lokasi teman, atau berbagi lokasi.

6 dari 7 halaman

Fungsi iCloud pada iPhone

Menyimpan catatan di iCloud

Gunakan Catatan (Notes) untuk menangkap pemikiran cepat, membuat daftar periksa, membuat sketsa ide, dan banyak lagi. Dan dengan iCloud, kamu dapat terus memperbarui catatan di semua perangkat yang kamu miliki. Untuk mengatur Notes dengan iCloud, buka Settings > [namamu] > iCloud, , lalu nyalakan Notes. Kamu akan melihat catatanmu di semua perangkat Apple yang kamu gunakan untuk masuk dengan ID Apple yang sama.

iCloud Calendar

Fungsi iCloud pada iPhone selanjutnya adalah mengakses kalender dan agenda yang telah ditetapkan. Dengan iCloud Calendar kamu bisa tetap up to date dengan liburan, olahraga, media sosial, dan banyak lagi.

7 dari 7 halaman

Fungsi iCloud pada iPhone

Sinkronkan kontak

Dengan iCloud, kamu dapat menyimpan kontak di iPhone dan di desktop. Saat kamu menambahkan atau memperbarui kontak, iCloud membuat perubahan di manapun tempat kamu login Apple ID. Ketika mekngaktifkan Kontak iCloud, semua informasi yang disimpan di perangkat terpisah, diunggah ke iCloud. Jika kamu mematikan Kontak iCloud, informasimu tidak akan secara otomatis berpindah dari iCloud kembali ke perangkat.

Fitur Reminder

Dengan app Reminder di iOS 13 atau lebih baru dan iPadOS, kamu dapat membuat pengingat dengan subtugas dan lampiran, dan mengatur peringatan berdasarkan waktu dan lokasi. Kamu bahkan dapat menetapkan pengingat kepada seseorang dalam daftar bersama.

Atur iCloud agar Reminder selalu diperbarui di semua perangkat. Buka aplikasi Settings, lalu ketuk [namamu]> iCloud dan nyalakan Pengingat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini