Sukses

Kalimat Persuasif adalah Berisi Ajakan dengan Pengaruh, Simak Ciri dan Contoh

Kalimat persuasif adalah terdiri dari argumentasi, fakta, dan ajakan.

Liputan6.com, Jakarta Apa itu persuasif dan kalimat persuasif? Memahami arti persuasif adalah ajakan yang memberikan pengaruh. Persuasif adalah berisi ajakan, saran, hingga perintah.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan arti persuasif adalah bersifat membujuk secara halus suapa menjadi yakin. Lalu bagaimana dengan kalimat persuasif?

Tak jauh berbeda dengan arti persuasif, dalam buku berjudul Bahasa Indonesia Kelas VIII yang dipublikasikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kalimat persuasif adalah pendapat dapat dimasukkan seperti halnya teks argumentasi, untuk mengantarkan pembaca agar mau mengikuti bujukan.

Kalimat persuasif adalah terdiri dari argumentasi, fakta, dan ajakan. Kalimat persuasif adalah paling sering digunakan dalam sebuah iklan atau promosi. Itulah kalimat persuasif. 

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang arti persuasif, kalimat persuasif, ciri-ciri, dan contohnya, Senin (21/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memahami Kalimat Persuasif

Arti persuasif adalah ajakan yang memberikan pengaruh. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan arti persuasif adalah bersifat membujuk secara halus suapa menjadi yakin. Apa itu kalimat persuasif?

Memahami kalimat persuasif adalah berisi ajakan, saran, hingga perintah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjelaskan kalimat persuasif adalah teks yang berisi ajakan, saran, bujukan, imbauan, pengaruh, arahan, larangan, atau perintah kepada seseorang untuk melakukan suatu hal sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai oleh penulis teks tersebut.

Ciri-ciri kalimat persuasif adalah mengungkapkan ajakan. Dicontohkan, kalimat persuasif adalah dibuat dengan kata sebaiknya, marilah, mulailah, ayo, janganlah, dan sebagainya. Itulah kalimat persuasif secara sederhana yang perlu diketahui, kalimat ini sering digunakan dalam pembuatan iklan.

Pada proses penulisan kalimat persuasif atau teks persuasif adalah harus memuat tiga hal penting, yakni argumentasi, fakta, dan ajakan.

Dalam buku berjudul Bahasa Indonesia Kelas VIII yang dipublikasikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kalimat persuasif adalah pendapat dapat dimasukkan dalam teks persuasif seperti halnya teks argumentasi, untuk mengantarkan pembaca agar mau mengikuti bujukan.

“Di samping itu, pelibatan beragam fakta akan lebih memperkuat dan meyakinkan pembaca,” dijelaskan.

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri dan Struktur Kalimat Persuasif

Agar lebih mengenali kalimat persuasif, simak ciri-ciri kalimat persuasif yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Ciri-ciri kalimat persuasif adalah bersifat mengajak atau membujuk.

2. Ciri-ciri kalimat persuasif adalah penggunaan tanda baca seru (!), terutama jika kalimat persuasifnya memerintah.

3. Ciri-ciri kalimat persuasif adalah berbentuk paragraf jika dibuat untuk pidato, ceramah, berita, dan lain sebagainya.

4. Ciri-ciri kalimat persuasif adalah umumnya digunakan untuk promosi.

5. Ciri-ciri kalimat persuasif adalah menarik perhatian terutama jika diperuntukkan untuk promosi atau iklan.

6. Ciri-ciri kalimat persuasif adalah mengandung kata ajakan, misalnya marilah, cobalah, ayolah, janganlah, dan masih banyak lagi.

7. Ciri-ciri kalimat persuasif adalah menarik dan bisa dipertanggungjawabkan.

8. Ciri-ciri kalimat persuasif adalah paragraf persuasif yang disertai dengan bukti lebih meyakinkan.

9. Ciri-ciri kalimat persuasif adalah lebih menarik lagi jika kalimat persuasif dibuat berima.

10. Ciri-ciri kalimat persuasif adalah mudah dimengerti.

11. Ciri-ciri kalimat persuasif adalah biasanya menggunakan segala upaya yang memungkinkan pembaca terpengaruh.

12. Ciri-ciri kalimat persuasif adalah kadang-kadang menggunakan alasan yang tidak objektif.

13. Ciri-ciri kalimat persuasif adalah dalam iklan, karangan persuasi ini disebut juga persuasif-provokatif

Lalu, mempelajari tentang kalimat persuasif adalah tidak tuntas apabila melewatkan mempelajari struktur kalimatnya. Dalam buku berjudul Materi Umum Bahasa Indonesia SMP oleh Hari Wibowo dan Iin Hendriyani, menjelaskan ada tiga struktur pada penulisan kalimat persuasif atau teks persuasif. Apa saja?

1. Pengenalan isu (pengantar permasalahan)

Pengenalan isu pada struktur kalimat persuasif atau teks persuasif adalah bagian yang berisi awalan atau pengantar, tentang topik dasar yang menjadi pembahasan.

2. Rangkaian Argumen (pendapat penulis dan fakta-fakta)

Berisi sejumlah pendapat penulis terkait topik yang telah dipaparkan sebelumnya. Maksud dari struktur kalimat persuasif atau teks persuasif adalah karena persuasif bagian dari pengembangan argumentasi, maka pada bagian ini kamu perlu mengemukakan data atau fakta, untuk memperkuat argumen.

3. Pernyataan Ajakan

Bagian pernyataan ajakan struktur kalimat persuasif atau teks persuasif adalah inti penting dari sebuah teks persuasif. Pada bagian ini, akan berisi berbagai ajakan/dorongan kepada pembacanya, agar melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang diinginkan penulis.

4 dari 4 halaman

Contoh Kalimat Persuasif

Pada proses pembuatan kalimat persuasif adalah wajib memahami dari contohnya. Ini pemaparan contoh kalimat persuasif atau teks persuasif, melansir dari modul berjudul Contoh Teks Persuasi Lengkap dengan Strukturnya yang dipublikasikan Universitas Bina Sarana Informatika (BSI):

1. Contoh Kalimat Persuasif pada Iklan

Susu merupakan salah satu minuman dengan berbagai kandungan yang baik untuk tubuh. Banyak kalsium dan protein yang terkandung pada susu dan memberikan manfaat untuk kesehatan tulan dan gigi.

Agar dapat memenuhi kebutuhan tubuh, baiknya susu dikonsumsi 2 gelas dalam sehari. Dengan begitu, tubuh akan lebih sehat dan kuat. Ada baiknya untuk rutin mengkonsumsi susu di pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Susu Milky Moo merupakan salah satu produk susu terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. Nutrisi yang tetap terjaga pada Susu Milky Moo membuat tubuh anda tetap sehat dan kuat. Ayo, sehatkan tubuh anda dan keluarga dengan Susu Milky Moo.

2. Contoh Kalimat Persuasif pada Pengetahuan Kesehatan

Tahukan kamu bahwa tubuh membutuhkan berbagai vitamin dan mineral? Ya, vitamin dan mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh, agar tetap sehat. Banyak sekali makanan yang mengandung gizi, mulai dari buah, daging, susu, kacang-kacangan dan sayuran. Menerapkan pola hidup sehat bukan hal yang sulit, karena semua makanan yang bergizi dapat dijumpai dengan mudah disekitar kita.

Ketika kebutuhan vitamin dan mineral tubuh tercukupi, maka tubuh akan menjadi sehat dan tidak mudah terkana penyakit. Hal itu berlaku sebaliknya, apabila enggan mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin dan mineral, maka tubuh akan lebih mudah terserang penyakit.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang mari terapkan pola hidup sehat dengan makan makanan yang mengandung vitamin dan mineral, serta nutrisi lainya. Selain makanan, kita juga harus mengimbanginya dengan olahraga yang teratur.

Lalu contoh kalimat persuasif yang singkat, padat, dan jelas, dalam penulisannya cenderung dibubuhi dengan tanda seru (!) untuk menegaskan. Ini contoh kalimat persusasif yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Marilah menjaga lingkungan agar tidak terjadi tanah longsor!

2. Siramlah tanaman setiap hari agar tidak layu!

3. Buanglah sampah pada tempatnya!

4. Marilah menjaga kebersihan lingkungan!

5. Jagalah lingkungan seperti kita menjaga diri kita sendiri!

6. Marilah saling menyayangi semua makhluk hidup!

7. Ayo kita menanam pohon untuk menyelamatkan bumi!

8. Ayo hidup sehat sebelum penyakit menyerang!

9. Marilah kita selalu berselawat kepada Baginda Rasulullah SAW!

10. Mari bekerja sama demi tujuan kita bersama!

11. Mari bekerja agar hidup sejahtera!

12. Ayo belajar dengan giat agar sukses di kemudian hari!

13. Janganlah bersedih karena hidup ini sangat indah!

14. Dengarkanlah apa perkataan orang tua!

15. Marilah makan-makanan yang sehat!

16. Ayo berhemat untuk masa depan yang cerah!

17. Jagalah keselamatan keluarga Anda!

18. Ayo olahraga secara teratur agar selalu sehat!

19. Raihlah cita-cita kalian setinggi mungkin!

20. Beristirahatlah ketika kamu merasa mengantuk!

21. Marilah menerapkan hidup sehat!

22. Hindarilah pemakaian barang-barang haram!

23. Ayo gunakan produk asli dalam negeri!

24. Jangan ragu-ragu, ayo berkunjung ke Pantai Menganti!

25. Kamu butuh catering dengan harga murah untuk acara kamu? Outlet kami solusinya!

26. Ayo beli produk kami karena yang lain belum tentu berkualitas.

27. Ayo dapatkan cashback Rp50 ribu untuk setiap follower yang membeli di akun IG kami.

28. Belilah produk ini dan rasakan jutaan manfaatnya!

29. Gunakanlah sampo ini dan dapatkan rambut yang hitam berkilau!

30. Jangan khawatir, dapatkan jaminan garansi 5 tahun untuk smartphone, khusus pembelian hari ini!

31. Jangan lewatkan diskon spesial untuk produk ini pada tanggal 17 Agustus.

32. Hindarilah pemakaian barang-barang haram!

33. Kami besar dengan kepercayaan pelanggan dan kami memiliki visi untuk mengembangkan produk kami hingga ke luar negeri.

34. Perut keroncongan di tanggal tua? Segera datang ke outlet kami!

35. Ayo dapatkan diskon 55 persen untuk setiap pembelian produk kecantikan kamu.

36. Dengan 100 persen gula alami, tanpa pengawet, dan pewarna buatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.