Sukses

Pria Ini Tak Punya SIM Selama 50 Tahun Berkendara, Selalu Gagal Ujian

Nekat tak punya SIM selama 50 tahun akhirnya terbongkar.

Liputan6.com, Jakarta Surat izin mengemudi menjadi salah satu syarat utama seseorang bisa berkendara. Namun tak jarang di berbagai negara membuat SIM bukan menjadi perkara yang mudah. Jika tak segera lolos ujian SIM, alhasil jalur lain seperti memakai orang ketiga hingga pasrah tak punya SIM jadi pilihannya. Seperti seorang pria yang tak punya SIM selama 50 tahun namun tetap berkendara. 

Melansir dari Metro, seorang pria berusia 69 tahun kedapatan tak pernah punya SIM saat mengendarai mobil. Fakta mengejutkan polisi menyadari bahwa pengemudi itu tidak pernah lulus ujian atau memiliki surat izin mengemudi, yang berarti dia telah mengemudi secara ilegal selama lima dekade.

Meski kepemilikan SIM kerap menjadi kontroversi, tak jarang ditemui masyarakat yang tak memiliki SIM. Alasannya beragam, mulai dari tak terlalu butuh, hingga tak mau bersusah payah melakukan ujian SIM yang dikenal sulit.

Begitu pula pria asal Inggris tersebut, selama 50 tahun ia tak punya SIM usai tak pernah lulus ujian. Berikut Liputan6.com merangkum kisahnya melansir dari Metro UK, Senin (15/5/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menipu Asuransi Mobil

Aksi pria yang tak punya SIM selama 50 tahun itu berakhir usai dibekuk polisi lalu lintas setempat. Petugas dari unit kepolisian jalan Polisi Derbyshire menghentikan mobil tersebut karena beberapa pelanggaran di Derby pada Sabtu, 6 Mei 2023.

Mengejutkannya, pria itu telah menipu perusahaan asuransi mobil bahwa dia memiliki lisensi mengemudi yang berlaku seumur hidup. Usai penipuan data yang berlangsung lama itu, akhirnya terkuak bahwa pria pemilik mobil city car itu setelah tahu tidak memiliki SIM.

Sebuah pernyataan dari unit yang dibagikan di Twitter mengatakan: “Pengemudi kendaraan ini tidak pernah lulus tes meski berusia 69 tahun dan telah mengemudi selama lebih dari 50 tahun.”

Pihak kepolisian menambahkan pria itu telah secara sistematis memberikan perincian kepada perusahaan asuransi yang menunjukkan bahwa dia memiliki lisensi tetapi cacat dalam rencananya yang pengecut itu menyombongkan diri.

“Pemerintahannya yang panjang tiba-tiba berakhir begitu kami mengetahuinya. Kendaraan disita dan pengemudi dilaporkan melakukan banyak pelanggaran.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.