Sukses

Cara Cek Harga JNE dan Melacaknya, Ketahui Jenis Layanannya

Cara cek harga JNE bisa membantu mengetahui tarif pengiriman.

Liputan6.com, Jakarta Cara cek harga JNE sangat berguna bagi kamu yang ingin mengirim paket. JNE merupakan ekspedisi yang banyak diandalkan di Indonesia. Layanan pengiriman JNE bisa menjangkau pelosok wilayah di seluruh Indonesia.

Untuk mengirim paket, JNE menawarkan harga pengiriman yang beragam. Cara cek harga JNE tentunya harus diketahui para calon pengirim atau penerima. Tarif JNE pastinya berbeda sesuai dengan jarak dan lokasi. Cara cek harga JNE bisa membantu mengetahui tarif pengiriman.

Cara cek harga JNE bisa dilakukan sendiri dengan bantuan ponsel atau laptop. Jika kamu seorang penjual atau bahkan pembeli, cara cek harga JNE ini bisa sangat membantu. Cara cek harga JNE bisa dilakukan melalui situs resmi JNE.

Berikut cara cek harga JNE, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(28/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal JNE

JNE merupakan jasa pengiriman dan logistik yang dikelola oleh PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir. JNE berdiri pada 26 November tahun 1990 oleh H. Soeprapto Suparno. Perusahaan ini dirintis sebagai sebuah divisi dari PT Citra van Titipan Kilat (TIKI) untuk mengurusi jaringan kurir internasional.

Awalnya kegiatan JNE hanya terpusat pada penanganan kegiatan kepabeanan/impor kiriman barang/dokumen serta pengantarannya dari luar negeri ke Indonesia. JNE kemudian memperluas jaringan domestik dan memisahkan diri dari TIKI.

Kini JNE menjadi salah satu layanan ekspedisi yang populer di Indonesia. Saat ini titik-titik layanan JNE telah mencapai diatas 6,000 lokasi dan masih terus bertambah, dengan jumlah karyawan lebih dari 40,000 orang.

Lebih dari 150 lokasi JNE telah terhubungkan dengan sistem komunikasi on-line, dikawal oleh sistem dan akses situs informasi yang efektif serta efisien bagi konsumen dalam upaya mengetahui status terkini pengiriman paket atau dokumen.

3 dari 5 halaman

Cara cek harga JNE

Cara cek harga JNE sangatlah mudah. Dengan cara cek harga JNE kamu bisa mempertimbangkan biaya pengiriman sesuai kebutuhan. Berikut cara cek harga JNE:

1. Buka laman https://www.jne.co.id/id/tracking/tarif

2. Masukkan kota asal

3. Masukkan kota tujuan

4. Masukkan estimasi berat paket

5. Masukkan kode Captcha

6. Klik check

7. Scroll ke bawah. Kamu akan mendapatkan informasi seputar tarif pengiriman. Tarif ini dibagi sesuai dengan layanan jan jenis kiriman. Biasanya akan tertera tarif untuk JTR, OKE, REG, dan YES.

4 dari 5 halaman

Cara lacak paket JNE

Selain cara cek harga JNE, cara melacak paket JNE juga penting diketahui. Langkah ini bisa membantumu mengetahui sampai mana proses pengiriman paketmu. Berikut cara lacak paket JNE:

1. Buka laman https://www.jne.co.id/en/tracking/trace

2. Masukkan nomor resi pengiriman.

3. Masukkan kode Captcha.

4. Klik Search.

5. Layar akan menampilkan status pengirimanmu.

Berikut status yang biasa ditampilkan di pelacakan JNE:

SHIPMENT RECEIVED BY JNE COUNTER OFFICER AT: Paket diterima oleh agen JNE

SHIPMENT PICKED UP BY JNE COURIER: Paket dijemput oleh kurir JNE dari agen untuk dikirim ke pusat sorting.

RECEIVED AT SORTING CENTER: Barang telah diterima di pusat sorting.

PROCESSED AT SORTING CENTER: Barang telah disorting, dan akan dilanjut ketahap selanjutnya yakni Transit.

DEPARTED FROM TRANSIT: Paket sedang dikirim untuk transit (pindahkan) ke kota berikutnya.

RECEIVED AT ORIGIN GATEWAY: Paket sudah diterima gudang yang berada di kota pengirim, dan nantinya akan dikirim ke pusat gudang yang berada di kota tujuan.

RECEIVED AT WAREHOUSE: Paket sudah diterima di gudang yang berada di kota tujuan.

WITH DELIVERY COURIER: Pake akan dikirim oleh kurir kepada alamat tujuan.

DELIVERED: Barang telah diterima pada alamat yang dituju, serta nama penerima akan dicantumkan.

SHIPMENT FORWARDED TO DESTINATION: Paket diteruskan ke agen/cabang JNE terdekat dengan alamat yang dituju.

RECEIVED AT INBOUND STATION: Paket sudah diterima pada agen/cabang JNE terdekat.

MISROUTE: Salah rute pengiriman, misalnya (seharusnya dikirim ke kota A>B>C malah ke A>C>D)

5 dari 5 halaman

Jenis kiriman JNE

OKE

OKE adalah Layanan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dengan tarif ekonomis dengan perkiraan waktu penyampaian kiriman lebih lama dari Service REGULER. Tergantung pada zona daerah yang menjadi tujuan pengiriman.

REG

REGULER adalah layanan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia, dengan perkiraan waktu penyampaian kiriman 1-7 hari kerja, tergantung pada zona daerah yang menjadi tujuan pengiriman. Paket Reguler tidak berlaku garansi uang kembali (money back guarantee).

YES

YES (Yakin Esok Sampai) adalah layanan dengan waktu penyampaian di tujuan keesokan hari (termasuk hari Minggu dan hari libur nasional). paket YES berlaku waktu batas maksimum (cut off time) pengiriman. Penyampaian ke penerima paling lambat jam 23.59 waktu setempat.

Layanan ini berlaku untuk kota-kota yang telah ditentukan. Garansi uang kembali (money back guarantee) akan diberikan apabila keterlambatan penyampaian disebabkan oleh pihak JNE.

JTR

JTR adalah layanan pengiriman dalam jumlah besar dengan menggunakan armada truk melalui darat dan laut dengan harga yang kompetitif. Minimum berat paket yang dikirimkan adalah 10 Kg. JTR juga berlaku untuk pengiriman motor.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini