Sukses

7 Manfaat Lemak bagi Kesehatan Tubuh, Kenali Jenisnya

Manfaat lemak bagi kesehatan tubuh harus dikonsumsi secara proporsional dan tidak berlebihan.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat lemak bagi kesehatan tubuh mungkin masih belum banyak dikenali. Hal ini karena kebanyakan orang sudah menganggap lemak sebagai zat yang tidak baik untuk kesehatan. Padahal, lemak memiliki berbagai manfaat yang baik juga untuk tubuh.

Manfaat lemak bagi tubuh tentunya bisa kamu dapatkan jika dikonsumsi dengan benar. Kamu perlu memperhatikan jumlah konsumsinya, dan mengetahui berbagai jenis lemak ini agar tidak salah dalam memilih makanan.

Manfaat lemak bagi kesehatan tubuh harus dikonsumsi secara proporsional dan tidak berlebihan. Pasalnya, tubuh membutuhkan lemak dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Meski sering menjadi momok bagi orang yang ingin menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh, bukan berarti tubuh tidak membutuhkan lemak sama sekali.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (25/6/2020) tentang manfaat lemak bagi kesehatan tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Jenis-jenis Lemak

Sebelum mengetahui berbagai manfaat lemak bagi kesehatan tubuh, sebaiknya kamu mengenali jenis-jenisnya terlebih dahulu. Berikut berbagai jenis lemak yang terkandung di dalam makanan:

Lemak tak jenuh tunggal

Jenis lemak satu ini merupakan lemak yang baik untuk kesehatan. Manfaat lemak ini dapat menjaga kolesterol baik dalam tubuh dan menurunkan tingkat kolesterol jahat. Kamu bisa menemukannya dalam buah alpukat, almond, hingga minyak zaitun.

Lemak tak jenuh ganda

Jenis lemak yang diantaranya adalah omega-3 dan omega-6 ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kamu bisa mengonsumsi ikan salmon, tuna, hingga buah kenari untuk mendapatkan lemak tak jenuh ganda ini.

Lemak trans

Berbeda dengan kedua jenis lemak sebelumnya, lemak trans merupakan lemak yang tidak sehat. Jenis lemak satu ini dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat yang mengakibatkan stroke hingga gangguan jantung jika dikonsumsi berlebihan. Produk olahan seperti kentang goreng, pizza, hingga popcorn merupakan sumber lemak trans ini.  

Lemak jenuh

Jenis lemak satu ini juga sebaiknya dihindari karena dapat meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh. Lemak jenuh ini akan membeku di suhu ruangan biasa. Lemak ini biasanya terdapat pada mentega, daging merah, keju, dan kulit ayam.

3 dari 6 halaman

Manfaat Lemak bagi Kesehatan Tubuh

Setelah mengenali jenis-jenisnya, berikut beberapa manfaat lemak bagi kesehatan tubuh:

Melindungi Organ Penting Tubuh

Lemak berfungsi melindungi organ tubuh dari kerusakan. Manfaat lemak bagi kesehatan tubuh, khususnya lemak sehat berfungsi sebagai bantalan atau melindungi organ vital dari semua jenis benturan atau trauma yang bisa terjadi.

Selain itu, lemak juga membantu membangun sel serta memproduksi hormon, sehingga tubuh bisa berfungsi dengan baik.

Meningkatkan Kolesterol Baik dalam Tubuh

Lemak sehat akan meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol buruk dalam tubuhmu. Pastikan bahwa lemak sehat yang kamu konsumsi berasal dari makanan alami tanpa campuran bahan pengawet.

Mengonsumsi lemak sehat ini bahkan dapat memelihara dan menjaga kesehatan jantung. Tidak hanya itu, hal ini bahkan mengurangi risiko penyakit jantung atau stroke hingga 80%.

4 dari 6 halaman

Manfaat Lemak bagi Kesehatan Tubuh

Mengontrol Gula Darah

Konsumsi lemak sehat juga akan membantumu dalam mengontrol kadar gula darah dan mencegah dari serangan diabetes. Apalagi jika kamu memadukannya dengan konsumsi serat, biji-bijian, maupun protein.

Membantu Tubuh Menyerap Beberapa Vitamin

Selain itu, manfaat lemak bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah membantu tubuh menyerap vitamin A, D, dan E. Beberapa jenis vitamin tersebut memang merupakan jenis vitamin yang larut dalam lemak. Sehingga, untuk dapat diserap oleh tubuh, vitamin ini memerlukan bantuan lemak.

Sumber Energi bagi Tubuh

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, manfaat lemak bagi kesehatan tubuh penting untuk dipenuhi setiap harinya. Lemak juga dapat berguna sebagai sumber energi bagi tubuh dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Namun, bukan berarti kamu bisa mengonsumsi lemak secara berlebihan demi meningkatkan energi.

5 dari 6 halaman

Manfaat Lemak bagi Kesehatan Tubuh

Mengontrol Rasa Lapar

Lemak membantu kamu merasa kenyang. Kepadatan kalori dalam setiap satu gram lemak memiliki sembilan kalori. Sedangkan satu gram karbohidrat atau protein memiliki empat kalori. Hal ini berarti, lemak membantu kamu merasakan puas setelah makan.

Lemak yang sehat butuh waktu lama untuk dicerna sehingga bisa membuat rasa kenyangmu bertahan dalam waktu yang lama pula. Sebaliknya lemak buruk yang ada dalam masakan kemasan seperti keripik atau makanan olahan akan membuatmu merasa lapar lagi dan lagi. Jadi, pilihlah jenis lema sehat.

Membuat Tubuh Tetap Hangat

Manfaat lemak bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah membuat tubuh tetap terasa hangat. Lemak memiliki fungsi sebagai isolator bagi tubuh. Keberadaan lemak bisa membuat tubuh menjadi hangat, seperti halnya ketika kamu mengenakan pakaian yang tebal.

6 dari 6 halaman

Sumber Lemak yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Berikut beberapa makanan berlemak yang baik untuk kesehatan:

- Ikan

Ikan merupaakan makanan yang berlemak dan baik untuk kesehatan. Kosumsi ikan seperti salmon, sarden, makerel, atau tuna yang kaya akan asam lemak omega-3 membuat jantung kamu tetap sehat.

- Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, hazelnut, kenari, atau kacang kedelai, mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung. Walaupun lemaknya tergolong sehat, tapi kacang-kacangan diketahui juga cukup tinggi kalori. Jadi, kamu perlu membatasi porsinya. Hindari mengonsumsi kacang berlebihan, terutama yang sudah digoreng dan dibumbui dengan garam, gula, atau penyedap rasa yang berlebihan.

- Alpukat

Alpukat dikenal sebagai sumber lemak baik. Penyajiannya boleh dikonsumsi langsung atau dijadikan jus, tapi ingat jangan tambahkan gula atau susu kental manis.

- Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung banyak lemak baik. Minyak ini dapat digunakan sebagai pengganti minyak goreng untuk memasak, ataupun dijadikan sebagai salad dressing.

- Telur

Selain mengandung protein yang tinggi, telur juga merupakan sumber lemak yang baik untuk kesehatan. Saat ini pun terdapat jenis telur yang sudah difortifikasi oleh omega-3 di dalamnya. Jenis telur ini adalah yang terbaik, asalkan disajikan dengan cara yang tepat.

- Sayuran

Bayam, kale, brussel sprout, dan peterseli merupakan sumber asam lemak omega-3, yang jika dikonsumsi secara rutin dan pada porsi yang tepat dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.