Sukses

4 Cara Reset HP Samsung dengan Mudah, Ketahui Manfaatnya

Cara reset HP Samsung bisa jadi solusi saat HP hang.

Liputan6.com, Jakarta Cara reset HP Samsung penting diketahui para penggunanya. Samsung merupakan salah satu brand terkenal di dunia. Banyak orang mempercayakan Samsung sebagai pilihan HP-nya.

Terkadang kamu perlu me-resep HP Samsungmu. Saat menggunakan smartphone Samsung Galaxy, Note, atau Tab, kamu mungkin menemukan perangkatmu mengalami masalah seperti aplikasi yang tiba-tiba keluar, freezing, membuat suara aneh atau tidak membuat suara sama sekali, tidak menyinkronkan dengan perangkat lain, atau tidak bisa menerima atau membuat panggilan. Cara reset HP Samsung bisa jadi jalan untuk mengatasi masalah ini.

Cara reset HP Samsung sebenarnya terbilang mudah. Namun, tak sedikit orang belum mengetahui cara reset HP Samsung. Melalui cara reset HP Samsung, HP-mu akan kembali ke pengaturan pabrik dan dapat digunakan sedia kala.

Ada sejumlah cara reset HP Samsung yang bisa dicoba. Berikut cara reset HP Samsung yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (12/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat reset HP Samsung

Sebelum mengetahui cara reset HP Samsung, kamu mungkin perlu tahu apa manfaat dari reset HP Samsung. Reset atau factory reset merupakan proses mengembalikan HP ke pengaturan pabrikan aslinya. Ini berarti bahwa semua aplikasi akan dihapus, bersama dengan file, pengaturan, dan pembaruan aplikasi pabrikan.

Proses ini juga kadang-kadang disebut sebagai pemformatan atau "hard reset". Reset pabrik adalah metode pemecahan masalah terakhir yang efektif untuk ponsel.

3 dari 6 halaman

Backup data sebelum reset

Cara reset HP Samsung akan mengembalikan ponselmu pengaturan pabrik aslinya dan menghapus semua data dalam proses. Karena itu, penting untuk membackup semua file dan informasi penting sebelum melakukan reset pabrik.

Reset pabrik menghapus semua informasi dan data pada perangkat termasuk semua aplikasi, pengaturan, musik, foto, dan video. Kamu bisa mencadangkan atau membackup terlebih dahulu data penting sebelum melakukan cara reset HP Samsung. Kamu bisa membackup datamu ke Cloud yang disediakan oleh Google.

4 dari 6 halaman

Cara reset HP Samsung: melalui pengaturan

Cara reset HP Samsung adalah melalui menu pengaturan. Berikut caranya reset HP Samsung untuk versi Android Oreo dan versi di atasnya:

1. Buka pengaturan. Di layar Pengaturan (settings), geser ke atas dalam daftar kategori (jika perlu) sampai melihat menu Manajemen Umum atau General Management.

2. Ketuk menu Manajemen Umum atau General Management.

3. Di layar Manajemen Umum (General Management), ketuk Atur Ulang (Reset).

4. Di layar Reset, ketuk Reset Data Pabrik (Factory Data Reset).

5. Di layar Reset Data Pabrik, ketuk Atur Ulang atau Atur Ulang Perangkat (Reset Device).

6. Setelah satu atau dua menit, kamu akan melihat layar Android Recovery. Tekan tombol Volume Turun hingga opsi Wipe data / factory reset dipilih.

7. Tekan tombol Daya.

8. Di layar peringatan, tekan tombol volume turun sampai opsi Ya disorot.

9. Tekan tombol Daya.

10. Setelah beberapa detik, layar Android Recovery muncul kembali dengan opsi Reboot System Now dipilih. Tekan tombol Daya untuk mem-boot ulang sistem.

Jika Anda memiliki perangkat Samsung yang menjalankan Android 6.0 (Marshmallow) atau versi sebelumnya, berikut ini cara melakukan reset data pabrik:

1. Pilih menu pengaturan (settings).

2. Di layar Pengaturan, ketuk Cadangkan dan Atur Ulang (Back Up and Reset.).

3. Di layar Cadangkan dan Atur Ulang, ketuk Atur Ulang Data Pabrik (Factory Data Reset).

4. Di layar Reset Data Pabrik, ketuk (Reset Device).

5. Ketuk Hapus Semua (Delete All).

6. Setelah perangkat diatur ulang, kamu akan melihat layar Welcome dan kamu dapat mengatur perangkat.

5 dari 6 halaman

Cara reset HP Samsung: melalui kode khusus

Selain melalui menu pengaturan, kamu bisa reset HP Samsung melalui kode khusus. Kode ini harus kamu masukkan pada menu dial-up. Setiap merek HP juga memiliki kode rahasia yang berbeda-beda. Begitupun samsung yang memiliki kode rahasia untuk melakukan reset HP.

Berikut cara reset HP Samsung melalui kode khusus:

1. Masuk pada menu Dial, seperti saat hendak menelepon.

2. Ketikan *2767*3855# lalu klik call.

3. Setelah mengeti ini kamu secara otomatis akan di bawa ke menu factory reset.

4. HP-mu kemudian akan ter-reset secara otomatis ke pengaturan pabrik.

6 dari 6 halaman

Cara reset HP Samsung: melalui tombol ponsel

Selain pengaturan dan kode khusus, ada satu cara reset HP Samsung. Cara reset HP Samsung ini dilakukan melalui tombol yang ada pada HP itu sendiri. Cara ini bisa digunakan saat kamu benar-benar tidak bisa mengakses pengaturan atau menu dial sama sekali. Biasanya cara ini berguna saat HP blank atau freeze. Berikut caranya:

1. Pastikan kondisi baterai berada di atas 75%

2. Dengan posisi HP yang mati , tekan dan tahan tombol Volume Up + Home + Power secara bersamaan dalam beberapa detik.

3. Setelah itu kamu akan di bawa ke menu Android System Recovery samsung

4. Untuk menjalankan perintah kamu bisa menggunakan tombol Volume up & Down.

5. Lanjutkan dengan mencari menu Wipe data/Factory reset.

5. Jika sudah ketemu maka tekan tombol home maka dengan otomatis HP akan di reset. Proses reset bisa memakan waktu sekitar 5-10 menit tergantung seberapa banyak file yang tersimpan di memori internal HP.

6. Kemudian pilih lagi menu Reboot System Now untuk merestart HP.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini