Sukses

Tata Cara Sholat Tahajud Lengkap dengan Bacaan Doa dan Keutamaannya

Meskipun sholat tahajud hukumnya sunnah, tetapi sholat tahajud memiliki banyak keutamaan yang luar biasa bagi yang menjalankan.

Liputan6.com, Jakarta Tata cara sholat tahajud lengkap dan keutamaannya wajib diketahui oleh umat Islam. Meskipun sholat tahajud hukumnya sunnah, tetapi sholat tahajud memiliki banyak keutamaan yang luar biasa bagi yang menjalankan.

Hal ini telah disebutkan dalam Alquran bahwa sholat tahajud bisa membuat orang yang mengamalkannya diangkat ke tempat yang terpuji di mata Allah.

Sebagai salah satu sholat malam yang istimewa, sudah seharusnya umat Islam melaksanakan ibadah sholat tahajud setiap hari. Oleh karena itu kamu sebagai muslim juga harus paham tata cara sholat tahajud dan keutamaannya agar bisa mengamalkannya sebaik mungkin.

Salah satu tata cara sholat tahajud lengkap yang harus diperhatikan adalah waktu pelaksaannya. Waktu untuk sholat tahajud dikerjakan setelah tidur, yaitu antara sesudah isya hingga sebelum terbit fajar, dengan waktu paling utama di sepertiga malam yang terakhir. Sepertiga malam terakhir ini maksudnya adalah selepas tengah malam hingga masuknya waktu subuh.

Sholat sunnah ini minimal dilakukan sebanyak 2 rakaat. Nabi Muhammad SAW biasanya melaksanakan sholat tahajud 11 rakaat termasuk witir, dan kadang 13 rakaat termasuk witir.

Untuk melaksanakan sholat tahajud dengan khusyuk, tentu tata cara sholat tahajud lengkap harus diperhatikan. Dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut tata cara sholat tahajud lengkap.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tata cara sholat tahajud lengkap

1. Waktu sholat tahajud

Waktu untuk sholat tahajud yaitu selepas isya hingga sebelum terbit fajar, dengan didahului oleh tidur. Sholat tahajud yang paling utama yaitu pada sepertiga malam terakhir.

2. Niat sholat tahajud

Sebenarnya tata cara sholat tahajud lengkap, tidak berbeda jauh dengan sholat sunnah pada umumnya. Sholat tahajud dikerjakan 2 rakaat, 2 rakaat dan seterusnya.

Niat sholat tahajud yaitu sebagai berikut:

Ushallii sunnatat-tahajjudi rak’ataini (mustaqbilal qiblati) lillahi ta’aalaa.

Artinya :

Aku niat sholat sunnah tahajud dua rakaat (dengan menghadap kiblat) karena Allah Ta’ala.”

3. Melakukan takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah

Pada umumnya, terdapat dua doa iftitah yang sering digunakan, di antaranya :

Allahuakbaru kabiiraw walhamdulillahi katsiran, wa subhaanallahi bukrataw wa’ashiila, innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati wal ardha haniifam muslimaw wamaa anaa minal musyrikiina. Inna shalaati wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi Rabbil’aalamiina. La syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiina.

Artinya :

Allah Maha Besar dengan sebesar-besarny. Segala puji yang sebanyak-banyaknya bagi Allah. Maha Suci Allah pada pagi dan petang hari. Aku menghadapkan wajahku kepada Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan dan kepasrahan diri, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang menyekutukanNya.

Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah kepunyaan Allah, Tuhan semesta alam, yang tiada satu pun sekutu bagiNya. Dengan semua itu aku diperintahkan dan aku adalah termasuk orang-orang yang berserah diri.

Atau dapat menggunakan doa iftitah seperti berikut:

Allahumma baa’id bainii wabaina khathaayaaya kamaa baa’adta bainal masyriqi wa maghribi, allahumma naqinii min khathaayaaya kamaa yunaqats tsaubul abyadhu minad dana. Allahumaghsilnii min khathaayaaya bil maa’i wats tsalji

Artinya:Ya Allah, jauhkan antara aku dan kesalahanku, sebagaimana engkau menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah aku dan kesalahan-kesalahanku, sebagaimana baju putih dibersihkan dari kotoran. Ya Allah, cucilah aku dari kesalahan-kesalahanku dengan salju, air dan air es.

3 dari 5 halaman

Tata cara sholat tahajud selanjutnya

4. Membaca surat al fatihah

Setelah melaksanakan takbiratul ihram diikuti dengan doa iftitah, selanjutnya membaca surat al fatihah, yang berbunyi

5. Membaca surat dalam Al Quran

Setelah membaca surat al fatihah, selanjutnya membaca surat Al Quran. Rasullullah SAW biasanya membaca surat-surat yang panjang.

6. Ruku’ dengan tuma’ninah

Setelah membaca surat Al Qur’an, selanjutnya yaitu melakukan ruku’ dengan tuma’ninah sambal membaca doa :

Subhaana robbiyal adhiimi 3x

Artinya : Maha Suci Tuhanku Yang Maha Agung

7. I’tidal dengan tuma’ninah sambil membaca doa i’tidal

Melakukan i’tidal dengan tuma’ninah sambil membaca doa i’tidal:

Robbanaa walakal hamdu

Artinya : Wahai Tuhan kami, bagiMu segala puji

8. Sujud dengan tuma’ninah sambil membaca doa sujud

Subhaana robbiyal ‘a’la wabihamdih 3xArtinya :Maha Suci Tuhanku Yang Maha Tinggi dan segala puji bagiNya

9. Mengulang gerakan seperti rakaat pertama

10. Pada tahiyat akhir, membaca doa tahiyat akhir

Membaca doa tahiyat akhir, yaitu:

Attahiyaatul mubarokaatush sholawatut toyyibatulillah Assalamu’alaika ayyuhan nabiyyu warohmatullohi wabarokaatuhAssalamualaina wa ‘alaa ‘ibaadil laahish shoolihinAsyhadu anlaa ilaaha il llaoh wa asyhadu anna muhammadar rosullullahAllahumma sholli ‘alaa sayyidina muhammadin wa ‘alaa alsli sayyidina ibroohimWa barik ‘alaa sayyidina Muhammad wa ‘alaa aali sayyidina Muhammad kamaa baarokta ‘ala sayyidina ibroohim wa a’alaa aali sayyidina ibroohimFil ‘aalamiina innaka hamiidunmajid.

11. Melakukan gerakan salam dengan tengok ke arah kanan dan kearah kiri.

4 dari 5 halaman

Doa Sholat Tahajud

Nah, itu tadi tata cara sholat tahajud secara umum. Namun, setelah salam disunahkan membaca bacaan wirid, tasbih, tahmid, takbir, sholawat, istigfar, kemudian membaca doa sholat tahajud. Berikut doa sholat tahajud:

Allaahumma lakal hamdu anta qayyimus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqun, wa qauluka haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu ‘alaihi wasallama haqqun wassaa’atu haqqun.

Allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akh-khartu, wa maa asrartu, wa maa a’lantu, wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqaddimu, wa antal mu’akhkhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Arti dari Doa Sholat Tahajud

“Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada).

Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

5 dari 5 halaman

Keutamaan Sholat Tahajud

Setelah mengetahui tata cara sholat tahajud, penting juga memahami keutamaannya. Sholat tahajud memiliki banyak keutamaan diantaranya:

1. Dimudahkan segala urusannya oleh Allah SWT

Orang yang membiasakan diri sholat tahajud akan dimudahkan segala urusannya, baik dalam pekerjaan, keluarga, hingga urusan-urusan lainnya.

2. Diberikan solusi yang terbaik

Seseorang yang rajin melakukan sholat tahajud akan diberikan solusi yang terbaik oleh Allah SWT atas masalah, kebingungan, kecemasan atau problematika yang sedang ia hadapi.

3. Diberikan kemuliaan dan kewibawaan oleh Allah SWT

Kewibawaan akan bermanfaat baginya untuk menegakkan kebaikan dan membawa kebaikan pada sekitarnya. Hal ini pernah disabdakan oleh Rasullulah SAW lewat hadist yang artinya:

Jibril mendatangiku dan berkata, “ Wahai Muhammad, hiduplah sesukamu, karena engkau akan mati, cintailah orang yang engkau suka, karena engkau akan berpisah dengannya, lakukanlah apa keinginanmu, engkau akan mendapatkan balasannya, ketahuilah bahwa sesungguhnya kemuliaan seorang muslim adalah shalat waktu malam dan ketidakbutuhannya dimuliakan orang lain.” (HR. Al Baihaqi).

Baca juga: Tata Cara Sholat Tahajud, Dhuha, Taubat, dan Subuh yang Benar, Lengkap dengan Bacaannya

4. Menjaga kesehatan rohani

Orang yang terbiasa melakukan sholat tahajud, akan mendapatkan kesehatan rohani yang terjaga, dimana Allah SWT telah menyebutkan bahwa orang yang melakukan sholat tahajud akan menjadi pribadi yang rendah hati serta memiliki ketenangan jiwa untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Furqan : 63-64 yang artinya “Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.” (QS. Al-Furqan: 63-64).

 

(Reporter: Addina Zulfa Fa'izah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini