Sukses

Tinjauan Pustaka Adalah Ringkasan Penelitian Ilmiah, Ini Tujuan dan Cara Membuatnya

Tinjauan pustaka adalah ringkasan penelitian-penelitian sebelumnya tentang topik tertentu.

Liputan6.com, Jakarta Tinjauan pustaka adalah ringkasan penelitian-penelitian sebelumnya tentang topik tertentu. Biasanya, letak tinjauan pustaka berada di bab dua dalam sebuah karya tulis ilmiah. Tinjauan pustaka ini wajib ditulis pada sebuah karya ilmiah.

Secara umum, tinjauan pustaka adalah bab yang mengemukakan sejumlah teori serta pendapat ahli terhadap fokus penelitian yang ingin dilakukan. Tinjauan pustaka dapat berupa ringkasan sederhana dari sumber, tetapi biasanya memiliki pola organisasi dan menggabungkan ringkasan dan sintesis.

Tujuan utama dari tinjauan pustaka adalah mensurvei literatur tentang sebuah topik. Dengan adanya tinjauan pustaka ini, maka penulis ingin menunjukkan bahwa penulis memiliki pemahaman mendalam tentang subjek yang dibahas.

Untuk lebih rinci, berikut ini ulasan mengenai definisi tinjauan pustaka beserta tujuan dan cara membuatnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (7/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Definisi Tinjauan Pustaka

Secara istilah, tinjauan pustaka adalah ringakasan komprehensif dari penelitian mengenai suatu topik. Tinjauan pustaka ini dapat bersumber dari artikel ilmiah, buku, dan sumber-sumber lain yang relevan dengan bidang penelitian tertentu. Tinjauan pustaka harus menyebutkan, menjelaskan, merangkum, mengevaluasi secara objektif, dan memperjelas penelitian sebelumnya.

Tinjauan pustaka adalah pengkajian sumber ilmiah tentang topik tertentu. Tinjauan pustaka atau literature review memberikan gambaran tentang pengetahuan yang ada saat ini. Tinjauan pustaka memungkinkan penulis mengidentifikasi teori, metode, dan kesenjangan yang relevan dalam penelitian yang ada. Tinjauan pustaka dapat ditulis secara terpisah atau menjadi satu artikel tersendiri, atau dapat juga digunakan untuk menjadi kerangka teoritis atau nasional pada suatu penelitian.

3 dari 5 halaman

Pengertian Tinjauan Pustaka Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui definisi mengenai tinjauan pustaka, berikut ini ada sejumlah pendapat mengenai pengertian tinjauan pustaka menurut para ahli, antara lain:

Leedy

Tinjauan pustaka adalah uraian yang harus diisi tentang ungkapan-ungkapan peneliti sebelumnya yang serupa dengan penelitian yang akan dilakukan. Dalam penjelasan ini lebih didasari pada langkah-langkah penelitian pengembangan.

Gandas

Tinjauan pustaka adalah bab yang membahas tentang tinjauan mengenai teori-teori terhadap judul tulisan atau makalah yang ingin peneliti lakukan. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa tinjauan pustaka adalah hipotesis dalam penelitian.

Eki Meliansyah

Tinjauan pustaka adalah sebuah kegiatan yang mencari, membaca, menelaah laporan-laporan penelitian, dan bahan pustaka yang relevan dengan penelitian yang akan dilakukan.

4 dari 5 halaman

Tujuan Dibuatnya Tinjauan Pustaka

Tujuan tinjauan pustaka adalah untuk mengevaluasi keadaan penelitian saat ini dan menunjukkan pengetahuan tentang perdebatan ilmiah seputar suatu topik. Sebuah tinjauan pustaka memiliki empat tujuan utama, yaitu:

1. Tinjauan pustaka mensurvei literatur di bidang studi pilihan.

2. Tinjauan pustaka mensintesis informasi dalam literatur itu menjadi ringkasan.

3. Tinjauan pustaka secara kritis menganalisis informasi yang dikumpulkan dengan mengidentifikasi kesenjangan dalam pengetahuan saat ini; dengan menunjukkan keterbatasan teori dan sudut pandang; dan dengan merumuskan area untuk penelitian lebih lanjut dan meninjau area kontroversi.

4. Tinjauan pustaka menyajikan literatur dengan cara yang terorganisir.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Tinjauan Pustaka yang Baik dan Benar

Berikut ini terdapat cara membuat tinjauan pustaka yang baik dan benar, yaitu:

1. Cari Literatur yang Relevan

Sebelum mulai mencari literatur, anda memerlukan topik yang jelas. Jika anda menulis bagian tinjauan pustaka untuk disertasi atau makalah penelitian, anda perlu mencari literatur yang terkait dengan masalah dan pertanyaan penelitian. Jika menulis tinjauan pustaka sebagai tugas yang berdiri sendiri, anda harus memilih fokus dan mengembangkan pertanyaan sentral untuk mengarahkan pencarian. Tidak seperti pertanyaan penelitian disertasi atau skripsi, pertanyaan ini harus dapat dijawab tanpa mengumpulkan data asli.

2. Evaluasi dan Pilih Sumber

Yang terpenting dalam mencari sumber tinjauan pustaka adalah pastikan sumber yang digunakan kredibel. Pastikan juga anda membaca studi penting dan teori utama di bidang penelitian. Anda dapat mengetahui berapa kali sebuah artikel telah dikutip di Google Scholar. Jumlah kutipan yang tinggi berarti artikel tersebut telah berpengaruh di bidangnya, dan tentu saja perlu dimasukkan dalam tinjauan pustaka. Saat membaca, anda juga harus memulai proses menulis. Buat catatan yang nantinya dapat dimasukkan ke dalam teks tinjauan pustaka. Penting untuk melacak sumber dengan kutipan untuk menghindari plagiarisme.

3. Identifikasi Tema, Debat, dan Kesenjangan

Cara memulai mengatur argumen dan struktur tinjauan pustaka adalah anda perlu memahami hubungan dan hubungan antara sumber-sumber yang telah dibaca. Coba cari tren dan pola apakah pendekatan tertentu menjadi lebih atau kurang populer dari waktu ke waktu. Analisis juga tema, perdebatan, konflik, kontradiksi, publikasi penting, dan kesenjangan. Langkah ini akan membantu menyusun struktur tinjauan pustaka dan menunjukkan bagaimana penelitian akan berkontribusi pada pengetahuan yang ada.

4. Buat Garis Besar Struktur

Selanjutnya, cara membuat tinjauan pustaka adalah membuat garis besar struktur tinjauan pustaka. Ada beberapa jenis struktur penulisan tinjauan pustaka yang bisa dipilih seperti kronologis, tematik, metodologi, dan teoritis. Penggunaan struktur ini juga bisa digabungkan,, berikut rinciannya:

a. Kronologis

Pendekatan paling sederhana dari tinjauan pustaka adalah menelusuri perkembangan topik dari waktu ke waktu. Cobalah untuk menganalisis pola, titik balik, dan perdebatan kunci yang telah membentuk arah lapangan. Berikan interpretasi tentang bagaimana dan mengapa perkembangan tertentu terjadi.

b. Tematik

Jika kamu telah menemukan beberapa tema sentral yang berulang, kamu dapat mengatur tinjauan pustaka ke dalam subbagian yang membahas aspek-aspek berbeda dari topik tersebut.

c. Metodologis

Jika mengambil sumber dari berbagai disiplin ilmu atau bidang yang menggunakan berbagai metode penelitian, kamu mungkin perlu membandingkan hasil dan kesimpulan yang muncul dari pendekatan yang berbeda.

d. Teoretis

Tinjauan pustaka sering menjadi dasar untuk kerangka teoritis. Kamu dapat menggunakannya untuk mendiskusikan berbagai teori, model, dan definisi konsep-konsep kunci.

5. Buat Isi Tinjauan Pustaka

Seperti teks akademis lainnya, isi tinjauan pustaka harus memiliki pendahuluan, isi utama, dan kesimpulan. Apa yang disertakan di masing-masing tergantung pada tujuan tinjauan literatur. Pendahuluan harus secara jelas menetapkan fokus dan tujuan dari tinjauan pustaka. Isi utama harus berisi sintesis ringkas tentang poin-poin utama dari setiap sumber. Isi juga berisi analisis, interpretasi dan evaluasi. Sementara kesimpulan, berisi ringkasan temuan kunci yang telah diambil dari literatur dan menekankan signifikansinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.