Sukses

Jari Wanita Ini Infeksi dan Sulit Digerakan Usai Bertahun-Tahun Pakai Gel Kuku

Kuku wanita ini hingga lepas dari jari-jarinya.

Liputan6.com, Jakarta Bagi wanita, kuku adalah salah satu anggota tubuh yang dapat menunjang penampilan. Tak heran jika di salon ada beberapa perawatan untuk kuku seperti manicure dan pedicure. Dengan kuku yang cantik, kepercayaan diri seorang wanita tentu akan bertambah.

Manicure dan pedicure pun menjadi salah satu perawatan kuku yang memiliki banyak peminat. Setelah dirawat di salon atau klinik, akan diberi gel kuku yang membuat jari menjadi lebih enak dilihat. Namun kamu juga harus sadar ada bahaya yang mengancam buat kamu yang terlalu sering melakukan perawatan tersebut.

Seperti yang dialami seorang wanita bernama Lisa Dewey ini. Ia bercerita telah mendapatkan manicure gel selama bertahun-tahun tanpa masalah apa pun. Akan tetapi baru-baru ini, ia mengalami nyeri dan pembengkakan yang parah, dan kukunya mulai rapuh serta copot.

Kemudian Lisa Dewey Lisa lalu memeriksakan diri ke dokter dan didiagnosa kukunya mengalami infeksi bakteri. Dokter pun memberi resep krim steroid dan antibiotik untuk mengobati infeksi pada kukunya. Berikut kisah selengkapnya, dilansir Liputan6.com dari New York Post, Kamis (11/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infeksi hingga Tak Bisa Menggerakan Jarinya

Rasa sakit itu dimulai pada bulan Februari, ketika ibu dua anak ini menyadari kukunya baru meradang dengan cat kuku yang terkelupas. Pada saat itu, dokter mengaitkan gejala tersebut dengan infeksi bakteri dan Dewey diberi krim steroid dan antibiotik untuk melawannya.

Rasa sakit dan tanda-tanda infeksi sudah hilang. Kemudian ia memutuskan untuk mencoba kembali perawatan dengan memasang kuku palsu dari akrilik. Selang beberapa hari setelahnya, kukunya mulai terkelupas. Kulitnya juga seperti 'kertas robek' dari jari-jarinya.

Lisa Dewey merasa begitu kesakitan hingga ia 'nyaris' tidak bisa menggerakkan tangannya. Kekhawatirannya meningkat ketika kukunya segera berubah menjadi ungu, membuatnya curiga bahwa ia alergi terhadap produk kuku. Ujung jarinya yang meradang juga membatasi rutinitas kecantikannya, karena produk perawatan kulit dan kosmetik biasa hanya memperburuk ketidaknyamanannya.

“Hal ini sangat merusak kepercayaan diri saya, saya biasanya tidak peduli apa yang orang pikirkan tentang saya, tetapi sekarang saya menyembunyikan tangan saya,” kata Dewey.

3 dari 3 halaman

Mengingatkan Orang Lain Untuk Berhati-Hati Memakai Gel Kuku

Sekarang mantan penggemar manicure telah bersumpah untuk menjauh dari produk gel kuku untuk selamanya, dan memperingatkan orang lain tentang reaksi yang dapat ditimbulkan oleh produk tersebut. Ia mengakui kepercayaan dirinya akibat kukunya yang rusak.

“Memalukan memiliki tangan seperti ini,” katanya dengan sedih, menambahkan bahwa hal itu juga memengaruhi kehidupan sosialnya. "Ada pesta penobatan minggu ini, dan jika tanganku tidak lebih baik, aku tidak akan pergi."

Dewey berharap dapat memperingatkan orang lain untuk berhati-hati. Dokter kulit baru-baru ini melaporkan melihat peningkatan reaksi alergi terhadap kuku akrilik dan gel, dengan beberapa dokter melihat fenomena tersebut 'hampir setiap minggu'.

Bahan kimia metakrilat yang digunakan dalam manicure kuku akrilik dan gel diketahui memicu alergi kontak, dengan British Association of Dermatologists menyebut fenomena tersebut sebagai 'epidemi' di Inggris dan Irlandia dalam beberapa tahun terakhir.

Bahan kimia tersebut dapat menyebabkan ruam yang parah dan gatal di bagian tubuh mana pun, membuat sumber reaksi sulit untuk didiagnosis, catat BAD. Dalam beberapa kasus, orang melaporkan kuku mereka lepas. Sebuah studi tahun 2018 memperkirakan bahwa 2,4% orang memiliki alergi terhadap setidaknya satu jenis bahan kimia yang digunakan dalam manicure berbasis akrilik dan gel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.