Sukses

12 Macam Tumbuhan Paku Hias, Jadi Dekorasi Cantik Rumah

Tumbuhan paku bisa dijadikan tanaman hias yang cantik

Liputan6.com, Jakarta Macam tumbuhan paku bisa dijadikan tanaman hias yang cantik. Tumbuhan paku termasuk tumbuhan yang memiliki karakteristik unik. Macam tumbuhan paku atau pakis-pakisan sering menjadi penghias taman atau teras rumah.

Bentuknya yang unik membuat macam tumbuhan paku banyak digemari pencinta tanaman hias. Cara merawat macam tumbuhan paku ini juga cukup mudah. Ada hampir 12.000 spesies dengan beragam ukuran dan bentuk.

Macam tumbuhan paku hias bisa membuat rumah tampak hidup. Terlebih lagi, macam tumbuhan paku selalu membawa gagasan tentang kesuburan, tempat yang kaya akan air, dan terlindung dari dunia luar. Berikut 12 macam tumbuhan paku hisa untuk mempercantik taman dan rumah, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(14/09/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Macam Tumbuhan Paku Hias

Suplir

Suplir merupakan macam tumbuhan paku hias yang sangat populer. Suplir atau juga dikenal sebagai Pakis Maidenhair adalah bagian dari genus Adiantum yang mencakup lebih dari 200 varietas pakis yang tumbuh di seluruh dunia. Tanaman satu ini dikenal dengan daun halus setipis kertas dan warna hijau muda yang kontras terang dengan batang hitamnya yang berkilau. Suplir bisa menjadi tanaman di dalam maupun luar ruangan.

Di luar ruangan, suplir cocok ditempatkan pada lokasi teduh yang tidak terkenal matahari langsung. Di dalam ruangan, suplir bisa ditanam di terarium, rumah kaca, atau pot, asalkan memiliki kelembapan dan naungan yang cukup.

Paku Tanduk Rusa

Macam tumbuhan paku yang tak kalah populer lainnya adalah tanduk rusa. Sesuai namanya, tumbuhan paku ini memiliki bentuk daun mirip tanduk rusa. Daunnya yang jatuh akan terlihat seperti rumput laut yang hijau cerah. Tanaman ini biasa ditemukan menempel di pohon dan bersifat epifit. Namun, ia juga bisa ditempelkan di tembok dengan media yang tepat.

3 dari 9 halaman

Macam Tumbuhan Paku Hias

Paku Pedang

Paku Pedang termasuk macam tumbuhan paku hias yang sering terlihat di taman, jalur hijau, atau bahkan tumbuh liar di jalanan. Paku Pedang atau Nephrolepis exaltata adalah pakis yang tumbuh di banyak daerah tropis di seluruh dunia. Daunnya bebentuk pedang dengan banyak daun kecil tegak dan melengkung saat tumbuh lebih besar. Sebagai tanaman hias, jenis paku ini juga ideal ditanam sebagai tanaman gantung.

Paku Ekor Kuda

Paku Ekor Kuda atau Horsetails adalah macam tumbuhan paku genus Equisetum. Maca, tumbuhan paku hias ini mirip dengan bambu. Ia batang hijau vertikal dengan aksen pita horizontal. Ekor kuda tumbuh dalam kondisi basah dan bahkan dapat tumbuh di genangan air. Untuk alasan ini, biasanya digunakan untuk menghias taman air.

4 dari 9 halaman

Macam Tumbuhan Paku Hias

Pakis Kanguru

Pakis kanguru memiliki daun yang sangat mengkilap dengan warna hijau yang sangat dalam, yang memberikan tampilan yang sangat eksotis. macam tumbuhan paku hias ini akan terlihat bagus dalam pengaturan eksotis dan tropis, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Pakis kulit

Pakis kulit atau leatherleaf fern termasuk macam tumbuhan paku hias yang sering jadi pengisi karangan bunga. Tanaman ini biasanya ditanam di kebun maupun di dalam ruangan. Paku ini memiliki daun berwarna hijau tua, tampak berenda, potongan halus, mengkilap, dan berbentuk segitiga yang memberi penampilan tropis.

5 dari 9 halaman

Macam Tumbuhan Paku Hias

Paku Sarang Burung

Paku sarang burung memiliki daun berbentuk lidah, tampak kuat dan mengkilap, dengan pelepah gelap dan melengkung di bagian atas. Macam tumbuhan paku ini cenderung tumbuh tegak karena mereka semua tumbuh dari titik yang sama di tengah. Makanya ia terlihat seperti sarang.

Pakis Elang

Pakis elang atau cakar elang termasuk macam tumbuhan paku yang terlihat klasik. Ia memiliki daun panjang dan hijau tua, berbentuk segitiga. Jenis pakis ini juga sering dicari untuk dikonsumsi. Tumbuhan paku hias ini sangat cocok untuk ruang terbuka lebar.

6 dari 9 halaman

Macam Tumbuhan Paku Hias

Pakis Buaya

Daun pakis buaya menyerupai penampilan kasar kulit buaya yang khas. Macam tumbuhan paku ini memiliki daun lebar memanjang yang berkerut-kerut. Meskipun teksturnya yang khas dibandingkan dengan kulit buaya, tanaman pakis buaya sebenarnya memiliki penampilan yang anggun dan halus.

Pakis Sayur

Pakis sayur merupakan jenis paku yang bisa dimakan tunas mudanya. Macam tumbuhan paku ini juga bisa jadi ide tanaman hias serbaguna. Paku ini biasanya tumbuh di tepi sungai atau di tebing-tebing yang lembap dan teduh.

7 dari 9 halaman

Macam Tumbuhan Paku Hias

Pakis Kaki Kelinci

Paku kaki kelinci disebut demikian karena memiliki rimpang berbulu halus yang tumbuh dari tanah dan terlihat seperti kaki kelinci. Macam tumbuhan paku ini bersifat epifit. Kaki berbulu mereka akan menutupi batu atau pohon yang ditumpanginya.

Lady Fern

Macam tumbuhan paku hias ini memiliki daun berenda, elegan, dan bertekstur. Batang lady fern bisa berwarna hijau, merah, atau ungu. Pada batangnya bisa muncul daun halus kecil yang membuatnya itu terlihat berbulu dan berenda. Jenis pakis ini juga sering digunakan sebagai tambahan rangkaian bunga atau dekorasi dinding. Lady Fern menambah tekstur dan menciptakan latar belakang yang semarak.

 

8 dari 9 halaman

Ciri-ciri tumbuhan paku

Berikut ciri-ciri macam tumbuhan paku:

Tempat hidup

Berdasarkan tempat hidupnya, tumbuhan paku ditemukan tersebar luas mulai daerah tropis hingga dekat kutub utara dan selatan. Persebaran tersebut mulai dari hutan primer, hutan sekunder, alam terbuka, dataran tinggi maupun dataran rendah, lingkungan yang basah, lembab, rindang, kebun tanaman, hingga pinggir jalan paku dapat dijumpai.

Bentuk

Tumbuhan paku dapat berbentuk pohon yang biasanya tidak bercabang, semak, epifit, tumbuhan merambat, mengapung di air, hidrofit, atau berupa terna dengan rimpang yang menjalar di tanah atau humus.

Pembuluh angkut

Tumbuhan paku memiliki sistem pembuluh angkut baik pada akar, batang, dan daun. Tumbuhan paku secara anatomi sudah memiliki pembuluh angkut, yaitu xilem yang berfungsi mengangkut air dan garam mineral dari akar menuju daun untuk proses fotosintesis, dan floem yang berfungsi mengedarkan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tubuh tumbuhan.

Akar

Akar tumbuhan paku umumnya mempunyai akar adventif. Akarnya tumbuh secara horizontal di permukaan tanah atau di bawah tanah.

9 dari 9 halaman

Ciri-ciri tumbuhan paku

Batang

Batang tumbuhan paku bercabang-cabang menggarpu (dikotom) atau jika membentuk cabang-cabang ke samping, cabang-cabang baru tidak pernah keluar dari ketiak daun.

Daun

Secara umum, tumbuhan paku dikenal dengan daunnya tumbuh dari tunas yang menggulung dan memiliki rambut halus. Tangkai ental (daun) disebut tangkai (stipe) untuk membedakan dengan tangkai yang dimiliki oleh tumbuhan lain.

Sorus

Sorus merupakan bagian paku yang terletak di permukaan bawah daun paku dan bagian dari kelompok sporangia. Sorus terbuka dan spora haploid keluar, setelah germinasi, spora berkembang menjadi gametofit yang ukurannya hanya beberapa milimeter dan umumnya biseksual.

Reproduksi

Ciri tumbuhan paku yang paling khas adalah idak menghasilkan bunga dan buah, melainkan spora untuk berkembang biak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.