Sukses

TC adalah Test Contact, Pahami Makna dan Penggunaannya di WhatsApp

TC adalah test contact atau test chat on pada WhatsApp.

Liputan6.com, Jakarta TC adalah istilah yang sering digunakan dalam aplikasi WhatsApp. TC adalah singkatan dari Test Contact atau Test Chat On, yang artinya adalah tes kontak jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

TC adalah istilah yang umum dikalangan anak muda, meski terbilang populer namun masih banyak pengguna WhatsApp yang belum mengetahui arti dari TC dan penggunaannya. Selain singkatan TC, terdapat beberapa singkatan lain yang mengacu pada fitur atau kegiatan tertentu pada aplikasi WhatsApp.

Supaya anda tidak salah dalam mengartikan, berikut Liputan6.com ulas mengenai arti, makna, dan penggunaan dari TC yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (7/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti, Makna, dan Penggunaan TC

TC adalah singkatan dari Test Contact atau Test Chat On, yang artinya adalah tes kontak. TC sendiri digunakan untuk memeriksa keaktifan dari akun pengguna lain. Biasanya, seseorang akan mengirim pesan singkat “TC on” tanpa keterangan apa-apa lagi. Setelah mengirimkan "TC", pengguna akan melihat apakah suatu pesan terkirim atau tidak. Pada umumnya jika kontak masih aktif akan bertanda centang dua alias terkirim. Sebaliknya, jika kontak sudah tidak aktif, maka pesan tersebut hanya akan menampilkan centang 1 saja.

Pada umumnya, TC ini digunakan untuk mengirim pesan pada pengguna yang lama tak dihubungi. Selain itu, TC juga berfungsi untuk mengawali komunikasi kita pada orang yang sudah lama tidak berkomunikasi.

3 dari 4 halaman

Cara Menjawab TC

Setelah mengetahui makna dan penggunaan TC adalah sebagai mengetes apakah nomor ponsel atau HP yang di WhatsApp aktif atau tidak, anda perlu mengetahui cara menjawab TC. Berikut ini beberapa cara untuk menjawab TC yang dikirim oleh pengguna WhatsApp yang lainnya:

  1. Hadir
  2. TC on
  3. TC on + sebut nama
  4. Sebut nama saja juga bisa
  5. Yuhuu
  6. Dan bebas kalian untuk menjawab, terpenting teman yang mengirim TC mengetahui bahwa nomor kalian di WhatsApp masih aktif.
4 dari 4 halaman

Istilah Populer Lainnya di WhatsApp

Selain istilah TC, terdapat beberapa istilah lainnya yang sering digunakan pengguna WhatsApp adalah sebagai berikut:

a. PC

PC adalah singkatan dari personal chat. Istilah ini lebih sering digunakan secara umum jika seseorang ingin mengirim chat personal ke salah satu pengguna WhatsApp.

b. PM

PM merupakan singkatan dari kata Personal Message atau dalam Bahasa Indonesia yaitu Pesan Pribadi. Bila seseorang mengatakan "Saya PM", "PM saja", atau "hubungi lewat PM, ya", hal itu menandakan bahwa mereka mengingatkan kalain untuk mengirim pesan pribadi melalui WhatsApp. Biasanya istilah PC digunakan pengguna ketika sedang melakukan aktivitas jual beli atau berbisnis. Selain di aplikasi WhatsApp, kata PM juga digunakan saat seseorang sedang mempromosikan bisnisnya di media sosial lain seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan TikTok.

c. Join

Arti kata Join di WhatsApp adalah gabung atau ikut serta. Biasanya join ini digunakan untuk mereka yang ikut gabung dalam grup WhatsApp.

d. VC

VC atau Video Call merupakan istilah yang digunakan seseorang untuk mengajak pengguna lain melakukan panggilan video atau video call. Biasanya seseorang akan lebih dulu mengirimkan pesan di kolom chat sebelum melakukan panggilan video. VC ini pun bisa mengajak delapan peserta sekaligus dalam satu sesi video call. Sebelumnya, panggilan video di WhatsApp hanya bisa dilakukan maksimal empat orang.

e. VN

VN atau Voice Note merupakan istilah yang sering dipakai jika seseorang ingin mengirim atau meminta pesan suara. Biasanya seseorang menggunakan pesan suara atau VN ketika menerangkan sesuatu yang panjang dan detail. Untuk menggunakan VN, pengguna WhatsApp hanya perlu menekan ikon mikrofon (berwarna hijau) yang berada di pojok kanan bawah kolom chat dan baru berbicara apa yang ingin disampaikan.

f. PAP

PAP adalah singkatan dari Post a Picture. Istilah ini merujuk pada permintaan seseorang untuk meminta foto lawan bicara. Biasanya istilah PAP digunakan untuk mengetahui kabar aktivitas atau keberadaan terkini dari pengguna WhatsApp yang lain.

g. SW

SW merupakan singkatan dari Story WhatsApp atau Status WhatsApp. Status merupakan fitur di WhatsApp yang memungkinkan penggunanya untuk bertukar informasi update berupa teks, foto ataupun video. Hal ini nantinya dapat dilihat oleh pengguna lain dan mengetahui informasi maupun kondisi terkini dari pengguna WhatsApp tersebut.

h. P

P atau biasa disebut juga dengan Ping adalah istilah yang digunakan untuk menyerukan balasan yang cepat dari pengguna lain. Sebenarnya, istilah ini sering digunakan ketika era Blackberry Messenger masih berjaya. Namun kini istilang P atau Ping banyak digunakan pada aplikasi WhatsApp, Instagram, maupun Twitter.

i. Shareloc

Shareloc atau biasa disebut dengan share location adalah istilah yang digunakan jika seseorang meminta untuk berbagi lokasi. Share location merupakan salah satu fitur yang bisa digunakan di aplikasi WhatsApp. Hal ini lebih memudahkan pengguna lain untuk mengetahui posisi dari lawan bicara.

j. BC

BC adalah singkatan dari broadcast atau menyiarkan pesan. BC ini biasanya digunakan untuk membuat pesan ke banyak kontak sekaligus di WhatsApp. Contoh penggunaanya bisa seperti ini, “Untuk pengumumannya, nanti aku buat BC”.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.