Sukses

Perbedaan WhatsApp Komunitas dan Grup, Kenali Cara Membuatnya

Liputan6.com, Jakarta Perbedaan WhatsApp Komunitas dan Grup mungkin masih belum dipahami sebagian orang. Pasalnya, banyak orang menganggap fitur terbaru dari aplikasi bertukar pesan dan panggilan sederhana ini sama saja.

Pengguna WhatsApp dapat membuat komunitas dengan maksimum 50 grup selain grup pengumuman. Kamu dapat menambahkan hingga 5.000 anggota ke grup komunitas. Komunitas di WhatsApp tersedia di negara-negara tertentu dan mungkin belum tersedia di beberapa negara.

Perbedaan WhatsApp Komunitas dan Grup bisa kamu pahami dari maknanya. Di mana fitur Komunitas di WhatsApp memungkinkan pengguna dari beberapa Grup untuk terhubung satu dengan yang lainnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari laman resmi WhatsApp, Kamis (8/12/2022) tentang perbedaan WhatsApp Komunitas dan WhatsApp Grup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

WhatsApp Komunitas

Perbedaan WhatsApp Komunitas dan Grup bisa kamu ketahui dengan mengenali Komunitas sebagai fitur terbaru aplikasi olah pesan ini. Melansir laman resmi WhatsApp, komunitas di WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengelola dan menggabungkan grup-grup terkait di bawah satu payung.

Seorang admin Komunitas dapat menyampaikan pembaruan penting kepada anggota dengan mengirim pengumuman, dan anggota komunitas dapat tetap terhubung dengan menjelajahi dan melakukan chat di grup yang penting bagi mereka. Para anggota dapat menerima informasi terbaru yang dikirim ke seluruh anggota komunitas dan dengan mudah mengorganisasi grup diskusi lebih kecil berdasarkan kategori yang penting bagi mereka.

Pesan dan panggilan pribadi kamu di komunitas selalu terenkripsi secara end-to-end. Jadi, tidak seorang pun, termasuk WhatsApp, yang dapat membaca atau mendengarkannya. Untuk melengkapi Komunitas, WhatsApp juga akan meluncurkan fitur baru ke chat grup untuk membantu pengguna, termasuk Reaksi, Berbagi file, Panggilan suara dengan peserta lebih banyak, hingga Kontrol admin.

Kamu dapat menambahkan hingga 50 grup selain grup pengumuman di WhatsApp Komunitas. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan hingga 5.000 anggota ke grup pengumuman komunitas. Grup terbuka untuk setiap anggota komunitas yang ingin bergabung. Grup pengumuman komunitas akan secara otomatis dibuat untuk komunitas. Di sini, admin komunitas dapat mengirim pesan ke semua anggota komunitas di grup pengumuman.

Perbedaan WhatsApp Komunitas dan Grup

Perbedaan WhatsApp Komunitas dan Grup yang sangat kentara yaitu di mana Komunitas adalah gabungan dari beberapa grup. Sementara itu, WhatsApp Grup merupakan grup tunggal yang berisi anggota-anggotanya saja. Hal ini juga bisa menjadi perbedaan bahwa, pada Komunitas admin dapat mengirim chat kepada semua orang yang tergabung, meliputi banyak grup. Sementara pada Grup, kamu hanya bisa mengiri chat pada anggota grup saja.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat WhatsApp Komunitas

Cara membuat WhatsApp Komunitas adalah sebagai berikut:

1. Klik Menu di atas daftar chat di WhatsApp. Alternatif lainnya, klik ikon Chat baru.

2. Masukkan nama komunitas, deskripsi, dan foto profil.

- Nama komunitas dibatasi maksimum 24 karakter.

- Deskripsi harus memberikan gambaran tentang komunitas kepada anggota.

- Kamu dapat menambah ikon komunitas dengan mengetuk ikon Kamera. Kamu dapat memilih Ambil foto, Pilih foto, atau Cari di web untuk menambahkan gambar. Setelah disetel, ikon tersebut akan ditampilkan di samping nama komunitas di tab Chat.

3. Klik ikon panah hijau untuk menambahkan grup yang sudah ada atau membuat grup baru.

4. Untuk menambahkan grup ke komunitas:

- Klik Buat grup baru atau Tambahkan grup yang ada.

- Buat grup baru: Masukkan subjek grup. Ini menjadi nama grup yang akan dilihat oleh semua peserta.

- Kamu dapat membuat hingga 10 grup baru.

- Kamu dapat menambahkan ikon grup dan deskripsi pendek.

- Kamu dapat menambahkan peserta nanti.

- Tambahkan grup yang ada: Kamu dapat memilih untuk menambahkan grup yang saat ini kamu menjadi adminnya ke komunitas. Pilih grup mana yang akan ditambahkan, lalu klik ikon panah hijau.

5. Setelah selesai menambahkan grup ke komunitas, klik ikon centang hijau.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat WhatsApp Grup

Cara membuat WhatsApp Grup adalah sebagai berikut:

1. Buka tab Chat di WhatsApp.

2. Ketuk Chat Baru > Grup Baru.

- Jika kamu telah memiliki chat di tab Chat, cukup ketuk Grup Baru.

3. Cari atau pilih kontak yang ingin Anda tambahkan ke grup. Lalu ketuk Lanjut.

4. Masukkan subjek grup. Ini menjadi nama grup yang akan dilihat oleh semua peserta.

- Batas jumlah karakter untuk subjek adalah 25 karakter.

- Untuk menambah ikon grup, ketuk ikon Kamera. Kamu dapat memilih Ambil Foto, Pilih Foto, atau Cari di Web untuk menambah gambar. Setelah diatur, ikon tersebut akan tampil di samping nama grup di tab Chat.

5. Ketuk Buat setelah selesai.

 

Cara Mengundang Peserta ke Grup Melalui Tautan

Jika menjadi admin grup, kamu dapat mengundang peserta untuk bergabung ke grup dengan membagikan tautan kepada mereka. Admin dapat menggunakan opsi Atur ulang tautan kapan saja untuk membatalkan tautan undangan sebelumnya dan membuat tautan baru.

1. Buka chat grup WhatsApp, lalu ketuk subjek grup.

- Alternatif lainnya, gesek grup ke kiri di tab Chat. Kemudian ketuk Lainnya > Info Grup.

2. Ketuk Undang ke Grup via Tautan.

3. Pilih Bagikan Tautan, Salin Tautan, atau Kode QR.

- Untuk mengatur ulang tautan, ketuk Atur Ulang Tautan > Atur Ulang Tautan.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS