Sukses

Skema adalah Suatu Rancangan, Pahami Pengertian dan Sinonimnya

Skema adalah bagan, rangka, kerangka (rancangan dan sebagainya), garis besar, dan denah.

Liputan6.com, Jakarta Skema adalah istilah yang sangat familiar di telinga masyarakat. Bahkan, skema sering kali diucapkan atau disebutkan dalam sebuah percakapan. Meski begitu, masih ada orang yang belum mengetahui apa itu skema.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian skema adalah padanan dari ‘bagan’, ‘rangka-rangka’, ‘rancangan’. Secara etimologi, kata skema adalah kata serapan yang berasal dari bahasa Inggris ‘schema’.

Schema atau skema menggambarkan pola pemikiran atau perilaku yang mengatur kategori informasi dan hubungan di antara mereka. Dengan skema, seseorang akan lebih paham dalam mengartikan sesuatu.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai definisi skema dan sinonimnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (4/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Skema Adalah

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, definisi skema adalah padanan dari ‘bagan’, ‘rangka-rangka’, ‘rancangan’. Definisi lainnya, skema adalah bagan, rangka, kerangka (rancangan dan sebagainya), garis besar, dan denah. Secara etimologi, kata skema adalah kata serapan yang berasal dari bahasa Inggris ‘schema’. Skema adalah sebuah kata yang sering digunakan oleh seorang perancang atau pembuat suatu alat. Umumnya sebelum membuat sesuatu, perancang akan memikirkan skema alat yang dibuat dengan cara membuat abstrak pada kertas terlebih dahulu atau gambar pada buku.

Skema adalah suatu sistem yang konseptual yang perlu untuk memahami sesuatu. Skema adalah suatu bentuk rancangan atau kerangka yang memuat gambaran tentang bagaimana cara mencapai suatu tujuan. Definisi terkait skema menurut Chaplin (1981) yang terdapat dalam Dictionary of Psychology adalah:

  1. Skema sebagai suatu peta kognitif yang terdiri atas sejumlah ide yang tersusun rapi.
  2. Skema sebagai kerangka referensi untuk merekam berbagai peristiwa atau data.
  3. Skema sebagai suatu model.
  4. Skema sebagai suatu kerangka referensi yang terdiri atas responsrespons yang pernah diberikan, kemudian menjadi standar bagi responsrespons selanjutnya.

Sedangkan dalam kamus ‘A Dictionary of Reading’ (1981) dijelaskan tentang makna skema sebagai berikut:

  1. Skema adalah suatu pemberian yag digeneralisasikan, suatu rencana atau struktur, seperti yang digunakan dalam kalimat “Skema proses membaca setiap orang boleh dikatakan tidak pernah sama”.
  2. Skema adalah suatu sistem yang konseptual yang perlu untuk memahami sesuatu. Contoh, skema tentang kebudayaan yang dimiliki oleh si A dapat menolong pemahamannya dalam bidang bahasa.
  3. Skema adalah suatu cerita yang melahirkan kenyataan yang disimpan dalam pikiran, tetapi tidak ditransformasikan lewat pikiran (Piaget).

Dengan pemahaman di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa skema adalah sebagai latar belakang atau asosiasi-asosiasi yang dapat bangkit dan muncul atau membayang kembali pada saat seseorang melihat atau membaca kata, frasa, atau kalimat. Dengan demikian, skema sangat membantu terhadap pemahaman sesuatu yang didengar atau dibaca. Banyak skema yang dapat kita miliki tentang objek-objek tertentu, misalnya tempat (sekolah, rumah, pasar, bioskop), berbagai kegiatan (sepak bola, pertunjukan sandiwara, pesta ulang tahun), tentang peranan (ayah, ibu, guru, kakak), tentang perasaan (kasih, benci, sayang, senang, bahagia).

3 dari 4 halaman

Perbedaan Skema dan Sketsa

Mengutip dari Sukses Menulis Buku Ajar dan Referensi yang diterbitkan oleh Grasindo, menjelaskan terntang skema adalah suatu gambaran kasar dan sederhana teerkait suatu rangkaian objek. Dalam skema, objek atau sesuatu yang rumit dalam kenyataannya bisa digambarkan secara sederana sehingga lebih mudah untuk dipahami. Menerangkan suatu rangkaian peralatan yang menggunakan mesin misalnya, perlu dibuat skema tentang peralatan tersebut. Skema sering digunakan dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan alam.

Sementara, sketsa adalah gambaran atau lukisan pendahuluan yang kasar, ringan dan semata-mata garis besar. Biasanya sketsa ini digunakan dalam karya seni. Definisi lainnya, sketsa adalah karya gambar yang biasanya tidak dimaksudkan sebagai hasil karya akhir. Sebuah sketsa dapat memiliki beberapa tujuan yakni untuk merekam sesuatu yang dilihat oleh seniman, merekam atau mengembangkan gagasan untuk dipakai kemudian, atau dapat juga digunakan sebagai cara singkat menggambarkan citra, gagasan, atau prinsip.

Sketsa dapat dibuat pada beragam media gambar. Istilah ini sering diterapkan pada karya grafis yang dikerjakan pada media kering, seperti silverpoint, grafit, pensil, arang, atau pastel, namun dapat juga diterapkan pada gambar yang dikerjakan menggunakan pena dan tinta, pena ballpoint, cat air, dan cat minyak.

4 dari 4 halaman

Sinonim dari Kata Skema

Selain kata skema untuk menyebut rancangan atau kerangka, ada persamaan kata lain yang bisa anda gunakan untuk menggantikan kata skema. Berikut sinonim dari kata skema adalah:

  1. Teori
  2. Aturan
  3. Filosofi
  4. Hukum
  5. Ide
  6. Konsep
  7. Paham
  8. Prinsip
  9. Sintesis
  10. Tabel
  11. Bagan
  12. Daftar
  13. Diagram
  14. Grafik
  15. Indeks
  16. Jadwal
  17. Katalog
  18. Lis
  19. Ruang
  20. Senarai
  21. Susunan
  22. Tabulasi
  23. Strategi
  24. Cetak Biru
  25. Desain
  26. Muslihat
  27. Program
  28. Rencana
  29. Siasat
  30. Garis Haluan
  31. Kebijakan
  32. Khitah
  33. Pendekatan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.