Sukses

Doa Koronka Kerahiman Ilahi Umat Katolik dan Manfaatnya

Doa Koronka merupakan salah satu doa dalam ajaran agama Katolik. Doa Koronka kadang disebut juga sebagai Doa Kerahiman Ilahi.

Liputan6.com, Jakarta Doa Koronka merupakan salah satu doa dalam ajaran agama Katolik. Doa Koronka kadang disebut juga sebagai Doa Kerahiman Ilahi, karena dalam satu rangkaian Doa Koronka, diawali dengan doa Kerahiman Ilahi, kemudian dilanjutkan dengan Rosario Kerahiman.

Doa Koronka adalah doa yang biasa dipanjatkan dalam serangkaian doa permohonan pertobatan. Umat Katolik percaya bahwa dengan rajin membaca Doa Koronka, maka jiwa mereka akan diselamatkan oleh malaikan ketika kematian tiba.

Doa Koronka biasanya dibaca pada pukul 3 sore waktu setempat. Umat Katolik meyakini bahwa jam 3 sore merupakan waktu Kerahiman Ilahi bagi umat Katolik.

Doa Koronka pertama kali didaraskan oleh Santa Faustina saat dirinya sedang melihat penampakkan Yesus. Lalu ia mencatatnya pada buku hariannya dengan judul Divine Mercy.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, serangkaian Doa Koronka terdiri dari beberapa doa. Untuk membaca Doa Koronka juga harus sesuai dengan urutannya, jadi membaca Doa Koronka tidak dapat dilakukan secara sembarangan.

Dikutip dari Liputan6.com dari berbagai sumber pada Rabu (3/5/2023), berikut bacaan Doa Koronka selengkapnya sesuai dengan urutan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Doa Kerahiman Ilahi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Doa Koronka diawali dengan membaca doa Kerahiman Ilahi. Doa Kerahiman Ilahi sendiri terdiri dari beberapa doa, yakni doa jam Kerahiman Ilahi dan doa utama Kerahiman Ilagi.

Doa jam Kerahiman Ilahi

 

Ya Yesus, Engkau telah wafat,Namun sumber kehidupan telah memancar bagi jiwa-jiwa,dan terbukalah lautan kerahiman bagi segenap dunia.O, sumber kehidupan Kerahiman Ilahi yang tak terselami,Naungilah segenap dunia dan curahkanlah diri-Mu pada kami.

Doa utama untuk Kerahiman Ilahi

Darah dan Air yang telah memancar dari hati Yesus sebagai sumber kerahiman bagi kami,Engkaulah Andalanku(Hening sejenak)Allah yang kudus, kudus dan berkuasa, kudus dan kekal, kasihanilah kami dan seluruh dunia (3x)Yesus Raja Kerahiman Ilahi, Engkaulah Andalanku. Amin.
3 dari 5 halaman

2. Doa Koronka

Setelah membaca diawali dengan membaca Doa Kerahiman Ilahi, baru dilanjutkan dengan membaca Doa Koronka. Adapun bacaan Doa Koronka adalah sebagai berikut,

 

Bapa Kami...

Salam Maria...

Aku Percaya...

Bapa yang kekal, ku persembahkan kepada-Mu, Tubuh dan Darah, Jiwa dan Ke-Allah-an Putra-Mu yang terkasih, Tuhan kami, Yesus Kristus, sebagai pendamaian untuk dosa kami dan dosa seluruh dunia.

Demi sengsara Yesus yang pedih, tunjukkanlah belas kasih-Mu kepada kami dan seluruh dunia. (10x)

Bapa yang kekal...

Demi sengsara... (10x)

Bapa yang kekal...

Demi sengsara... (10x)

Bapa yang kekal...

Demi sengsara... (10x)

Bapa yang kekal...

Demi sengsara... (10x)

Allah yang kudus, kudus dan berkuasa, kudus dan kekal, kasihanilah kami dan seluruh dunia (3x)

Yesus Raja Kerahiman Ilahi, Engkaulah Andalanku.

 

4 dari 5 halaman

3. Doa Penutup Kerahiman Ilahi

Setelah selesai membaca Doa Koronka, selanjutnya adalah membaca doa penutup Kerahiman Ilahi. Adapun bacaan doa penutup Kerahiman Ilahi adalah sebagai berikut;

Allah yang kekal, dalam diri-Mu ada Kerahiman yang tanpa batas dan harta belas kasihan yang tak kunjung habis.Pandanglah kami dengan rela hati dan tingkatkanlah Kerahiman-Mu dalam diri kami,supaya pada saat-saat sulit kami tidak menjadi putus asa atau remuk hati,tetapi dengan kepercayaan yang teguh menyerahkan diri kami kepada kehendak-Mu yang kudus, Sang Kasih dan Sang Kerahiman sendiri. Amin.

Demikianlah serangkaian doa Koronka yang biasa dibaca oleh umat Katolik setiap jam 3 sore.

5 dari 5 halaman

Manfaat Membaca Doa Koronka

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, membaca Doa Koronka dapat menghadirkan sejumlah manfaat. Salah satu manfaat dari membaca Doa Koronka adalah jiwanya akan diselamatkan oleh malaikat ketika kematian.

Doa Koronka bisa dikatakan Doa Syafaat yang berarti tidak bersifat personal. Doa ini mengandung kepentingan bersama agar umat manusia selamat.

Jadi, Doa Koronka tidak terbatas untuk mendoakan umat Katolik saja. Doa ini bisa dipanjatkan untuk kepentingan seluruh umat manusia di dunia.

Manfaat memanjatkan Doa Koronka:

  • Mengimani kekuasaan Tuhan
  • Merasakan kedamaian jiwa
  • Meyakini Tuhan yang Maha Pengasih
  • Menerima perlindungan Tuhan.

Doa-Doa Lain

Seperti yang telah dijelaskan Doa Koronka tidak hanya mendoakan umat Katolik saja. Bahkan Doa Koronka bisa dipanjatkan untuk kepentingan seluruh umat manusia. Ada banyak doa-doa dalam agama Katolik yang bisa dipanjatkan untuk mengharapkan kebaikan kepada sleuruh umat manusia. Adapun doa-doa tersebut adalah sebagai berikut,

1. Bagi kedamaian abadi jiwa-jiwa yang telah dipanggil Tuhan

Serta semua jiwa yg masih berada di api pencucian

Semoga kerahiman Tuhan mengampuni dosa2 mereka dan segera menerima mereka dlm kerajaan di surga, serta memberikan kekuatan pd keluarga yang ditinggalkannya,

Kami Mohon ….

2. Doa untuk perekonomian saat ini

Ya Bapa , kami berdoa pula khususnya utk mereka yang sedang merasa kecewa dan berputus asa, serta bagi mereka yang kehilangan pekerjaan dan bagi mereka yang usahanya sedang menurun, maupun bagi mereka yang baru lulus sedang mencari pekerjaan pada masa sekarang ini,kiranya Tuhan berkenan memberikan kesabaran dan ketekunan bagi mereka utk selalu berani berharap hanya pada Mu saja. Dan bukakanlah pintu rejeki bagi mereka semua agar mereka boleh mendapatkan masa depan yang lebih baik,

Kami Mohon ….

3. Doa utk bencana alam

Ya Tuhan Yang Maha Baik dan berbelas kasih. Engkau Maha Tahu akan segala yang terjadi dan tidak ada yang luput dari tangan-Mu. Kami mohon kepada-Mu, semoga semua saudara yang mengalami bencana alam mendapatkan perlindunganMu. Utuslah malaikat-malaikat-Mu untuk menolong mereka melalui para dermawan sehingga banyak yg tergerak hatinya memberikan bantuan pada mereka yang terkena musibah. Lindungilah dan sembuhkanlah yang luka akibat bencana alam. Dan berikanlah kedamaian abadi bagi yang meninggal. Berikanlah kekuatan pada mereka yg terkena musibah, agar tetap percaya akan KasihMu yang Luar Biasa,

Kami Mohon ….

4. Doa bagi anak-anak

Ya Allah yang Maha Rahim, kami mohon Berkat dan perlindungan - Mu utk anak2 kami yang sedang menjalani kehidupan di masa sekarang ini, semoga Kau berikan kekuatan dan keselamatan serta kesehatan yang baik  bagi anak2 kami yang mulai sekolah, kuliah dan bekerja. Baik yang jauh dari kami maupun yang dekat pada kami,

Kami Mohon ….

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.