Sukses

4 Fakta Pemeran Ikal Laskar Pelangi Ditangkap Usai Acungkan Sajam dan Tabrak Lari

Zulfani Pasha, pemeran Ikal Laskar Pelangi ditangkap polisi usai acungkan senjata tajam (sajam) dan lakukan tabrak lari.

Liputan6.com, Jakarta Kabar kurang mengenakkan datang dari salah satu pemeran film Laskar Pelangi. Zulfani Pasha atau yang lebih dikenal dengan Ikal Laskar Pelangi ditangkap Polres Belitung Timur (Beltim), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pria 26 tahun itu ditangkap karena membawa senjata tajam (sajam) dan terlibat tabrak lari. Tidak sendiri, Zulfani Pasha alias ZP ditangkap bersama empat rekannya yang lain. Mereka ditangkap pada Sabtu (29/4), pukul 02.00 WIB dini hari.

"Kami telah mengamankan ZP dan empat laki-laki serta satu perempuan yang diduga melakukan tindak pidana pada pasal 2 ayat 1 Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951," ujar Kasat Reskrim Polres Belitung Timur AKP Wawan Suryadinata di Manggar, Belitung Timur, Minggu (30/4/2023), dikutip kanal Regional Liputan6.com dari Antara.

Kronologinya, pemeran Ikal di film Laskar Pelangi itu diketahui mengacungkan senjata tajam jenis katana di jalan kawasan jembatan Boom Gantung, Belitung Timur pada Jumat (28/4) lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Membawa senjata tajam (sajam)

ZP ditangkap bersama empat rekannya. Ada juga seorang wanita bersama ZP dan rekannya di dalam mobil Ertiga yang mereka tumpangi. Mereka menakut-nakuti pengendara yang melintas di sekitar lokasi jembatan.

"Jadi pada Jumat (28/4) para tersangka menaiki mobil Suzuki Ertiga dan membawa satu buah Katana atau pedang samurai dengan menakut-nakuti pengendara yang melintas di sekitar lokasi jembatan tersebut," ujar Wawan, dikutip dari kanal Regional Liputan6.com.

3 dari 5 halaman

2. Kabur dengan kecepatan tinggi

Oleh karena mengganggu ketertiban umum, seorang warga yang melintas dan merasa terancam kemudian melaporkan kejadian tersebut ke personel yang berjaga di Pos Pengamanan Operasi Ketupat Menumbing 2023 Polres Belitung Timur, di Kecamatan Gantung, Belitung Timur.

Anggota Pospam Gantung dan personil Pospam pun langsung mengejar tersangka yang telah meresahkan pengguna jalan. Dikatakan bahwa tersangka kabur dengan kecepatan tinggi.

"Menerima laporan itu anggota Pospam dan Kanit Intel Polsek Gantung mengejar tersangka yang kabur dengan kecepatan tinggi," kata Wawan menambahkan.

4 dari 5 halaman

3. Tersangka sempat tabrakkan mobil ke kendaraan anggota Pospam

Saat pengejaran sedang dilakukan, personel dari Pospam Operasi Ketupat Menumbing 2023 Polres Belitung Timur di Kecamatan Gantung juga menerima laporan tabrak lari yang dilakukan oleh ZP dan kawan-kawanya pada Sabtu (29/4) pukul 01.00 WIB.

Kemudian pada akhirnya, dini hari yang sama pukul 02.00 WIB, ZP dan rekannya berhasil diamankan. Saat anggota mencoba menghentikan kendaraan itu, pengemudi mobil yang ditumpangi ZP sempat menabrakkan kendaraan yang dikendarai anggota Pospam.

"Akhirnya kami berhasil menghentikan mobil tersebut dan pada saat anggota mencoba menghentikan kendaraan itu pengemudi menabrakkan kendaraan yang dikendarai anggota Pospam sampai ringsek ke bawah kolong mobil pelaku tersebut," katanya.

5 dari 5 halaman

4. Amankan barang bukti

Ia menambahkan, saat ini pemeran Ikal Laskar Pelangi dan empat rekannya sudah diamankan di Polsek Gantung untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

"Barang bukti berupa satu buah senjata tajam jenis Katana samurai, satu unit mobil Suzuki Ertiga dan telepon genggam turut kami amankan," kata Wawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.