Sukses

Essence adalah Produk Perawatan Kulit Wajah, Kenali Manfaatnya

Essence adalah produk skincare yang sering juga disebut sebagai serum dengan kandungan lebih ringan.

Liputan6.com, Jakarta Essence adalah salah satu produk perawatan kulit wajah yang cukup populer. Namun, tidak semua orang memahami kegunaan dan perbedaannya dengan produk skincare lainnya. Banyak orang masih bingung dengan perbedaan essence dengan toner maupun serum.

Essence, toner, dan serum merupakan produk kecantikan yang memiliki fungsi berbeda satu sama lain. Tidak hanya berbeda terkait fungsinya, penggunaan bahan-bahan higga tekstur dari setiap produk skincare tersebut juga berbeda-beda.

Essence adalah produk skincare yang sering juga disebut sebagai serum dengan kandungan lebih ringan. Fungsi utamanya adalah untuk membuat kulit wajah dapat menyerap produk skincare lainnya dengan lebih baik.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (31/3/2023) tentang essence.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Essence adalah

Essence adalah produk yang biasanya diaplikasikan setelah kamu cuci muka dan sebelum mengaplikasikan pelembab. Essence umumnya berbahan dasar air. Essence adalah istilah yang juga bisa disebut sebagai serum dengan kandungan yang lebih ringan. Jadi, essence adalah produk perawatan kulit yang memiliki konsentrasi bahan aktif yang cukup tinggi dengan tekstur cair dan ringan.

Produk ini pada dasarnya untuk mempersiapkan kulit, yaitu untuk membentuk lapisan dasar dari pelembab. Selain itu essence adalah produk skincare yang membuat sebuah tekstur kulit agar mampu menyerap kandungan produk skincare lainnya dengan lebih baik, yang akan diaplikasikan setelahnya.

Essence adalah produk perawatan kulit wajah yang memiliki banyak manfaat, seperti membuat kulit wajah menyerap serum atau produk skin care lain dengan lebih baik, melembapkan, hingga mencegah penuaan dini. Produk perawatan wajah ini juga bertugas untuk membantu mengatasi kerutan serta warna kusam yang tidak rata pada kulit.

Jadi, essence adalah produk perawatan kulit wajah yang tugas utamanya adalah untuk meyiapkan kulit agar lebih mudah menyerap produk skincare lainnya. Penggunaan essence dapat membantu memaksimalkan manfaat dari pelembap, serum, hingga masker wajah.

3 dari 4 halaman

Manfaat Essence

Essencer adalah produk skincare yang mengandung beragam nutrisi dan kandungan yang baik untuk kesehatan kulit wajah. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, essence memiliki manfaat untuk membantu kulit menyerap skincare lainnya dengan lebih baik, melembapkan, serta mencegah penuaan dini.

Manfaat essence adalah sebagai berikut:

Menjaga Kelembapan

Manfaat essence yang pertama yaitu menjaga kelembapan kulit wajah. Hal ini didapatkan dengan adanya kandungan hyaluronic acid dan zinc di dalam essence, yang dapat menjaga kelembapan kulit wajah dan mencegah kulit menjadi kering. Kandungan ini juga baik untuk memelihara kulit agar tetap sehat.

Menyiapkan Kulit Agar dapat Menyerap Produk Skincare dengan Lebih Baik

Produk ini pada dasarnya bermanfaat untuk mempersiapkan kulit, yaitu untuk membentuk lapisan dasar dari pelembab. Selain itu manfaat essence dapat membuat sebuah tekstur kulit agar mampu menyerap kandungan produk skincare lainnya dengan lebih baik, yang akan diaplikasikan setelahnya.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat essence selanjutnya yaitu dapat mencegah penuaan dini. Essence dapat mengencangkan dan menjaga elastisitas kulit, sehingga wajah tampak lebih muda. Produk perawatan wajah ini juga bertugas untuk membantu mengatasi kerutan serta warna kusam yang tidak rata pada kulit.

4 dari 4 halaman

Perbedaan Essence, Serum, dan Toner

Setelah memahami essence adalah produk skincare untuk memaksimalkan produk lainnya, kamu perlu mengenali perbedaannya dengan serum dan toner. Ketiganya memiliki perbedaan yang perlu dipahami agar kamu tidak salah dalam menggunakannya.

Serum

Produk perawatan kulit seperti moisturizer yang terbuat dari krim atau gel pada umumnya terdiri dari molekul yang besar, sehingga tidak mampu masuk ke dalam lapisan kulit bagian dalam. Namun hal ini berbeda dengan serum. Serum terdiri dari molekul-molekul kecil yang bisa masuk ke lapisan kulit dalam sehingga zat aktif yang dibawanya bisa langsung menyerang target permasalahan pada kulit.

Biasanya serum berbentuk cairan yang cenderung transparan dengan tekstur agak kental dan wajib dipakai untuk kamu yang telah berusia di atas 30 tahun. Bedanya dengan essence, serum sebenarnya memiliki fungsi yang hampir mirip. Namun yang berbeda hanyalah pada teksturnya. Serum lebih kental dengan kandungan yang lebih kaya, sedangkan essence lebih cair dan ringan.

Toner

Biasanya setelah mencuci dan mengeksfoliasi, kulit wajahmu umumnya akan kehilangan kelembaban karena minyak esensial yang ada di permukaannya ikut terbilas saat dibersihkan. Toner memiliki kandungan untuk menghidrasi dan menenangkan, sehingga dapat mengembalikan keseimbangan pH kulit.

Toner akan secara instan mengisi kembali kelembaban sekaligus mengangkat sisa kotoran yang masih ada pada permukaan kulitmu. Selain itu, toner dengan kualitas terbaik biasanya diperkaya dengan antioksidan yang bisa membuat kulit wajahmu menjadi lembut, segar, dan terhidrasi.

Urutan Pemakaian Toner, Essence dan Serum

Setelah mengetahui beda dan fungsi dari masing-masing produk perawatan kulit wajah tersebut, kamu juga perlu mengetahui urutan pemakaiannya. Jadi, setelah mencuci muka, usapkan toner pada wajah. Tepukkan essence secara perlahan, kemudian aplikasikan serum dengan cara memijat lembut pada kulitnya. Kalau semua sudah diaplikasikan pada wajah, kamu bisa melanjutkannya dengan mengaplikasikan krim wajah yang biasa kamu gunakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.