Sukses

Berikut yang Termasuk Alat Musik Ritmis adalah? Lengkap Cara Memainkannya

Berikut yang termasuk alat musik ritmis adalah drum, kendang, gong, angklung, rebana, dan masih banyak lagi lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Alat musik ritmis merupakan jenis alat musik yang dimainkan dengan dipukul atau dikocok. Bunyi yang dihasilkan dari alat musik ini biasanya bersifat ritmis dan digunakan untuk menambah kekuatan dan ketepatan irama pada sebuah lagu atau musik.

Dalam buku berjudul Target Nilai Rapor 10: Kupas Habis Semua Pelajaran SD/MI Kelas 3 oleh Tim Guru Indonesia, berikut yang termasuk alat musik ritmis adalah berupa alat musik yang tidak bernada, tapi nadanya ditentukan oleh pemain dengan cara memukulnya secara beraturan.

Berikut yang termasuk alat musik ritmis adalah drum, kendang, gong, angklung, rebana, dan masih banyak lagi lainnya. Alat musik ini umumnya terdiri dari bahan yang kuat dan tahan lama seperti kayu atau logam. Selain benda tambahan seperti stik drum atau penjepit marakas, alat musik ritmis juga dapat dimainkan dengan tangan kosong.

Dalam buku berjudul Saya Ingin Terampil & Kreatif (2006), meski tak bernada, alat musik ritmis bisa menghasilkan bunyi unik yang tidak terdapat di alat musik melodis maupun harmonis. Simak penjelasan lengkapnya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang berikut yang termasuk alat musik ritmis dan cara memainkannya melansir dari berbagai sumber, Kamis (23/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kendang

Yang termasuk alat musik ritmis adalah kendang. Kendang termasuk alat musik ritmis yang sering digunakan dalam musik tradisional Jawa dan Bali.

Kendang terdiri dari sepasang drum yang dibuat dari kayu dan kulit binatang yang dipasang di atasnya. Kendang digunakan sebagai pengatur irama dan tempo dalam musik tradisional.

2. Bedug

Bedug adalah alat musik ritmis berupa gendang besar yang biasanya digunakan dalam acara-acara keagamaan. Bedug terbuat dari kayu dan kulit binatang dan biasanya dimainkan dengan menggunakan tangan. Bedug digunakan untuk menandai awal dan akhir acara dan juga untuk membangunkan orang untuk sholat.

3. Rebana

Rebana adalah alat musik ritmis berupa gendang kecil yang juga sering digunakan dalam acara-acara keagamaan. Alat musik ritmis ini terbuat dari kayu dan kulit binatang dan dimainkan dengan menggunakan tangan. Rebana digunakan untuk mengiringi nyanyian dan tarian dalam acara-acara keagamaan.

4. Gendang

Gendang adalah alat musik ritmis yang terbuat dari kayu dan kulit binatang yang digunakan dalam berbagai jenis musik tradisional di Indonesia. Gendang sering dimainkan dalam paduan suara, ensemble musik tradisional, dan juga dalam musik modern seperti dangdut dan pop.

5. Gong

Gong adalah alat musik ritmis yang terbuat dari logam dan biasanya dimainkan dengan menggunakan palu. Gong sering digunakan dalam musik gamelan dan juga dalam acara-acara keagamaan. Gong digunakan untuk menandai awal dan akhir lagu atau juga sebagai tanda perubahan irama dan tempo.

6. Claves

Berupa sepasang tongkat kayu yang dimainkan dengan cara dipukul satu sama lain. Biasanya digunakan dalam musik Latin dan salsa.

7. Bonang

Berikut yang termasuk alat musik ritmis adalah bonang. Bonang adalah alat musik ritmis berupa sejumlah gong kecil yang diatur sedemikian rupa sehingga bisa menghasilkan nada tertentu. Bonang biasanya dimainkan dalam musik gamelan dan digunakan untuk menambah kepadatan suara dalam paduan suara.

8. Kempli

Kempli adalah alat musik ritmis yang terbuat dari logam dan digunakan dalam musik gamelan. Kempli dimainkan dengan cara dipukul dan digunakan untuk menandai awal dan akhir lagu atau sebagai tanda perubahan irama dan tempo.

3 dari 4 halaman

9. Drum Set

Drum set merupakan kelompok instrumen yang terdiri dari snare drum, bass drum, tom-tom drum, hi-hat cymbals, dan simbal. Digunakan dalam berbagai genre musik, termasuk rock, pop, jazz, dan blues.

10. Cajon

Cajon merupakan instrumen perkusi yang berasal dari Peru. Biasanya terbuat dari kayu dan dimainkan dengan duduk di atasnya dan memukul bagian depannya dengan tangan.

11. Congas

Congas sepasang drum kecil yang dimainkan dengan tangan. Alat musik ritmis ini terbuat dari kayu atau kulit hewan, dan digunakan dalam berbagai jenis musik seperti salsa, rumba, dan jazz.

12. Bongo

Bongo adalah sepasang drum kecil yang dimainkan dengan tangan. Biasanya digunakan dalam musik latin dan jazz.

13. Djembe

Djembe instrumen asal Afrika Barat yang terbuat dari kayu dan kulit hewan. Berikut yang termasuk alat musik ritmis adalah djembe yang dimainkan dengan tangan dan sering digunakan dalam musik dunia.

14. Maracas

Maracas adalah alat musik perkusi yang terbuat dari bola kecil yang diisi dengan biji-bijian atau koral dan diberi pegangan. Digunakan dalam musik Latin dan Karibia.

15. Shaker

Shaker merupakan alat musik ritmis yang terbuat dari bahan ringan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, atau plastik dan digunakan untuk memberikan suara rattle atau shake. Digunakan dalam berbagai jenis musik.

16. Tambourine

Tambourine alat musik ritmis yang terdiri dari cakram bulat dengan simbal kecil di sekelilingnya. Dimainkan dengan mengocok atau memukul bagian depannya.

4 dari 4 halaman

17. Angklung

Angklung adalah alat musik ritmis yang terbuat dari bambu yang diatur sedemikian rupa sehingga bisa menghasilkan nada tertentu. Angklung biasanya dimainkan dalam grup dan bisa digunakan untuk mengiringi nyanyian atau tarian. Angklung sering dipakai dalam acara-acara budaya dan juga dijadikan sebagai instrumen musik dalam lagu-lagu modern.

18. Woodblock

Woodblock adalah alat musik ritmis yang terbuat dari kayu dan memberikan suara "tok" yang khas ketika dipukul dengan tongkat atau pemukul drum.

19. Cowbell

Berikut yang termasuk alat musik ritmis adalah cowbell. Ini alat musik ritmis yang terbuat dari logam dan memberikan suara "cling" atau "clang" ketika dipukul. Biasanya digunakan dalam musik Latin dan rock.

20. Triangle

Triangle adalah alat musik ritmis yang terbuat dari logam dan memiliki bentuk segitiga. Dimainkan dengan cara memukul bagian tepinya dengan pemukul.

21. Guiro

Ini instrumen perkusi yang terbuat dari logam atau kayu dan memiliki rongga di bagian dalamnya. Suara dihasilkan dengan menggesek bagian luarnya dengan pemukul atau jari.

22. Steel Pan

Steel pan adalah instrumen perkusi yang berasal dari Trinidad dan Tobago. Terbuat dari logam dan dimainkan dengan pemukul atau jari. Biasanya digunakan dalam musik calypso dan soca.

23. Taiko

Taiko adalah instrumen asal Jepang yang terdiri dari drum besar yang dimainkan dengan pemukul. Digunakan dalam musik tradisional Jepang dan musik kontemporer.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.