Sukses

Ambisius adalah Punya Keinginan Kuat, Simak Ciri-Ciri dan Kelebihannya

Ambisius adalah sifat yang menunjukkan adanya keinginan kuat untuk mencapai sesuatu.

Liputan6.com, Jakarta Ambisius adalah sifat yang menunjukkan adanya keinginan kuat untuk mencapai sesuatu. Orang yang ambisius biasanya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan yang ada. Dia akan memanfaatkan sebaik-baiknya kesempatan yang ada dengan bekerja keras.

Bahkan orang yang ambisius sering merasa tidak puas dengan hasil kerja kerasnya, meski sebenarnya hasilnya sudah lebih baik dari kebanyakan orang. Orang yang memiliki sifat ambisius biasanya juga pekerja keras.

Intinya, ambisius adalah suatu sifat yang ditandai dengan tekad yang kuat, kerja keras. Selain itu, orang yang ambisius biasanya juga punya tujuan hidup yang jelas.

Meski demikian, bukan berarti orang yang memiliki sifat ambisius tidak memiliki kekurangan. Orang yang ambisius biasanya tidak tahun kapan harus berhenti dan beristirahat, sehingga sering mengabaikan kesehatan.

Lalu apa yang dimaksud dengan ambisius? Apa saja tanda-tandanya? Berikut penjelasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (16/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ambisius adalah...

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ambisius adalah berkeinginan keras mencapai sesuatu harapan, cita-cita. Ambisius adalah sifat yang penuh dengan ambisi. Sedangkan ambisi adalah keinginan (hasrat, nafsu) yang besar untuk menjadi (memperoleh, mencapai) sesuatu (seperti pangkat, kedudukan) atau melakukan sesuatu.

Dari penjelasan tersebut dapat dipahami bahwa ambisius adalah suatu sifat di mana ada keinginan keras untuk mencapai hal yang menjadi ambisinya, bisa cita-cita, keinginan, harapan, dan sebagainya.

Berdasarkan pemahaman tersebut, ambisius dapat dikatakan sebagai suatu sifat yang positif. Sebab, seseorang yang tidak memiliki keinginan atau ambisi, biasanya memiliki tujuan hidup yang tidak jelas dan mudah untuk ikut-ikutan orang lain.

Dari serangkaian penjelasan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa ambisius adalah sifat seseorang yang berkemauan keras untuk mencapai apa yang sudah menjadi cita-cita atau harapannya. Sifat ambisius akan ditunjukkan dengan berbagai langkah konkret, seperti kerja keras.

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Orang Ambisius

Sifat ambisius adalah salah satu sifat yang dalam kadar tertentu penting untuk dimiliki. Sebab sifat ambisius ini akan memengaruhi cara seseorang bekerja dan berusaha untuk mencapai apa yang menjadi cita-citanya. Seseorang yang memiliki sifat ambisius biasanya dapat dikenali dari ciri-cirinya. Adapun ciri-ciri dari orang yang ambisius antara lain sebagai berikut:

1. Orang Ambisius Memiliki Tujuan

Berbeda dengan orang yang kurang memiliki ambisi, orang yang ambisius biasanya memiliki tujuan sendiri yang ingin dia capai. Dan setiap usaha dan upayanya akan selalu mengarah pada tujuan tersebut.

2. Orang Ambisius Berani Ambil Risiko

Ciri berikutnya dari orang yang memiliki sifat ambisius adalah berani mengambil risiko. Orang yang ambisius adalah sosok yang sadar bahwa setiap pilihan dan tindakan selalu memiliki risiko. Namun dia tidak ragu untuk mengambil risiko agar tetap bisa memberikan ruang bagi diri sendiri untuk mengeksplorasi dan menemukan hal baru.

3. Pikiran yang Terbuka

Orang yang ambisius biasanya memiliki pikiran terbuka atau open minded. Dia tidak ragu untuk belajar mengenai hal-hal baru, bahkan cara berpikir yang baru. Orang yang ambisius menyadari bahwa pikiran yang terbuka adalah salah satu cara untuk terus berkembang.

4. Fokus pada Eksekusi

Membuat perencanaan dan perhitungan matang untuk dapat memperkecil risiko sementara mendapatkan hasil terbaik tentu sangat baik. kana tetapi menghabiskan sebagian besar waktu hanya untuk perencanaan bukan gaya seorang yang ambisius. Orang yang ambisius akan lebih menekankan eksekusi, sebab rencana eksekusi adalah sia-sia.

5. Tidak Bersaing

Pesaing terbesar seseorang yang ambisius adalah dirinya sendiri. Mereka mengukur kesuksesannya dengan cara membandingkan dirinya hari ini terhadap dirinya kemarin. Mereka tidak terjebak membandingkan diri sendiri dengan pencapaian orang lain dan itulah yang membuat mereka tetap bisa berfokus untuk mencapai tujuannya.

4 dari 4 halaman

Kelebihan dan Kekurangan Ambisius

Meski dari serangkaian penjelasan di atas menunjukkan bahwa sifat ambisius adalah sifat yang positif, akan tetapi bukan berarti jika orang yang memiliki sifat ambisius tidak memiliki kekurangan.

Setidaknya ada sejumlah kekurangan yang dimiliki orang yang memiliki sifat ambisius, terutama ketika masuk di dunia kerja. Adapun kelebihan dan kekurangan orang yang ambisius adalah sebagai berikut:

Kelebihan Sifat Ambisius:

  1. Kelebihan dari sifat ambisius adalah dapat menjadi kunci kesuksesan. Sikap ambisius adalah salah satu jalan untuk mencapai tujuan demi tujuan yang lebih besar dan seringkali hal tersebut merupakan kunci kesuksesan.
  2. Sifat ambisius mendorong seseorang bekerja lebih keras.
  3. Sifat ambisius dapat membuat orang menjadi lebih percaya diri sebab mereka percaya dengan kemampuan yang telah mereka asah.
  4. Sifat ambisius akan mendorong seseorang menuju ke tujuan-tujuan besar.

Kekurangan Sifat Ambisius:

  1. Seseorang yang memiliki sifat ambisius biasanya memiliki sifat perfeksionis, sehingga kurang berfokus pada produktivitas.
  2. Sifat ambisius bisa menjadikan seseorang menjadi lebih sensitif terhadap kritik dan kegagalan.
  3. Sifat ambisius dapat merenggangkan hubungan dengan orang lain karena tidak menginvestasikan cukup waktu untuk suatu hubungan.
  4. Seseorang yang ambisius memiliki kecenderungan untuk mengabaikan waktu istirahat pribadi mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini