Sukses

Bacaan Sholawat Nabi Sesuai Sunnah, Teks Arab, Latin dan Arti Serta Keutamaannya

Bacaan sholawat nabi bisa dijadikan seorang muslim sebagai ibadah harian.

Liputan6.com, Jakarta Bacaan sholawat nabi sesuai sunnah wajib dikenali oleh umat Islam. Pasalnya, membaca sholawat nabi dapat menjadi ibadah sehari-hari yang penuh keutamaan bagi seorang muslim. Sholawat nabi merupakan wujud rasa cinta terhadap Nabi Muhammad SAW. Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Ahzab tentang sholawat nabi, yang artinya:

"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (Q.S. Al-Ahzab; 56).

Sholawat adalah pujian kepada Nabi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), selawat atau sholawat adalah doa kepada Allah untuk Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabatnya. Secara bahasa, sholawat adalah bentuk jamak dari kata Salla yang memiliki arti; doa, keberkahan, kemuliaan, kesejahteraan, dan ibadah.

Bacaan sholawat nabi bisa dijadikan seorang muslim sebagai ibadah harian. Dengan mengucapkan sholawat setiap harinya sesering mungkin, seseorang akan mendapatkan berbagai manfaat dan keutamaan bagi hidupnya di dunia maupun di akhirat kelak.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (16/3/2023) tentang bacaan sholawat nabi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Bacaan Sholawat Nabi Pendek

Sebelum mengenali bacaan sholawat nabi lainnya, kamu perlu tahu terlebih dahulu tentang lafaz bacaan sholawat nabi yang paling ringkas yang sesuai dalil yang shahih, yaitu:

Allahumma shallii wa sallim ‘alaa nabiyyinaa Muhammad

Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada Nabi kami Muhammad).

 

2. Bacaan Sholawat Fatih

Bacaan sholawat nabi yang pertama yaitu sholawat Fatih. Berikut bacaan sholawat Fatih:

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ وَالهَادِي اِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ. صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

Allaahumma shalli wa sallim wa baarik 'alaa sayyidinaa Muhammadinil Faatihi limaa ughliqa, wal khaatimi limaa sabaqa, wan naashiril haqqaa bil haqqi, wal haadii ilaa shiraatin mustaqiim. Shallallaahu 'alayhi, wa 'alaa aalihii, wa ashhaabihii haqqa qadrihii wa miqdaarihil 'azhiim.

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah shalawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan shalawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung."

 

3. Bacaan Sholawat Nariyah

Bacaan sholawat nabi selanjutnya yaitu sholawat Nariyah. Berikut bacaan sholawat Nariyah:

اَللّٰهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَــمَّدِ ࣙالَّذِيْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضٰى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىٰ اٰلِهِ وِصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Allaahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaamaan taamman ‘alaa sayyidinaa muhammadinil ladzii tanhallu bihil’uqodu watanfariju bihilkurobu watuqdhoo bihilhawaaiju watunaalu bihir roghooibu wahusnul khowaatimi wayustasqaal ghomaamu biwajhihilkariimi wa’alaa aalihii washohbihii fii kulli lamhatin wanafasin bi’adadi kulli ma’luumin laka

Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.”

3 dari 4 halaman

4. Bacaan Sholawat Ma’tsuroh

Bacaan sholawat nabi berikutnya yaitu sholawat Ma’tsuroh. Berikut bacaan sholawat Ma’tsuroh:

اَللَّــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَـيِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَـبِـيِّكَ وَرَسُوْلِكَ نَبِى الْأُمِّـى وَعَــلـٰى أَلِـهِ وَصَحْبِهِ وَسِلِّـمْ

Allahumma shalli alaa Muhammadinin 'abdika wa rosulika nabiyyil ummi wa'alaa aalihii wa sallim

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, hambaMu, nabiMu, dan utusanMu yang ummi serta limpahkan pada keluarganya dan sahabatnya, juga limpahkan salam atas mereka."

 

5. Bacaan Sholawat Mukafaah

Bacaan sholawat nabi lainnya yaitu sholawat Mukafaah. Berikut bacaan sholawat Mukafaah:

اَللّٰــهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَــيِّــدِنَا مُحَـــمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِهِ سَــيِّـدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً دَائِمَةً مَقْــبُوْلَةً تُــؤَدِّىْ بِــهَا عَــنَّا حَقَّهُ الْعَظِـيْمِ

Allohumma sholli ‘ala sayidina muhammadin wa ‘ala alihi sayidina muhammad, sholatan maqbulatan tu,addi biha ‘anna haqqohul ‘adzim

Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat, salam dan berkah kepada junjungan kita Muhammad SAW yang ummi (tidak bisa baca tulis) yang menjadi kekasih Allah SWT, yang luhur pangkatnya dan yang agung kemuliaannya, dan limpahkanlah pula atas keluarganya dan para sahabatnya.”

 

6. Bacaan Sholawat Ibrohimiyah

Bacaan sholawat nabi berikutnya yaitu sholawat Ibrohimiyah. Berikut bacaan sholawat Ibrohimiyah:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما صَلَّيْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وعلى آلِ إبْراهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما بَاركْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آل إبراهيم في العالَمِينَ إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa muhammad wa’alaa aali sayyidinaa muhammadin kamaa shallaita ‘alaa sayyidinaa ibraahiima wa’alaa aali sayyidinaa ibrahiia wabaarik ‘alaa aali sayyidinaa muhammadin kamaa baarakta ‘alaa sayyidinaa ’alaa sayyidinaa ibraahima wa ‘alaa aali sayyidina ibraahima, fil ‘aalamiina innaka hamiidun majiidun

Artinya:

“Ya Allah, berilah kasih saying kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberi kasih sayangmMu kepada junjungan kita Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan berkatilah kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkati junjungan kita nabi Ibrahim dan kelurganya diantara makhluk makhlukmu, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia.”

4 dari 4 halaman

Keutamaan Membaca Sholawat Nabi

Keutamaan sholawat nabi begitu besar untuk umat Islam. Sebuah hadis tentang sholawat nabi yaitu dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian kuburan dan jangan lah kalian menjadikan kuburanku sebagai tempat perayaan, bersholawatlah kepadaku karena sesungguhnya ucapan sholawat kalian akan sampai kepadaku di manapun kalian berada.” (H.R. Abu Daud No. 2044 dengan Sanad Hasan)

Berikut beberapa keutamaan membaca sholawat nabi:

1. Mendapatkan Balasan Sholawat dari Allah SWT

Keutamaan sholawat nabi yang pertama yaitu dibalas oleh Allah SWT dengan 10 kali sholawat. Hal ini didasarkan pada sebuah hadits, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

Artinya: “Barangsiapa bershalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Muslim)

2. Mendapatkan Balasan Sholawat dari Rasulullah SAW

Keutamaan sholawat nabi yang berikutnya yaitu Rasulullah SAW juga akan bersholawat untuk umat muslim tersebut. Hal ini berdasarkan hadis riwayat Imam Thabrani dari Sahabat Anas bin Malik, Rasululullah SAW bersabda:

“Siapa yang bersholawat untukku maka shalawat itu akan sampai padaku dan aku akan bershalawat untuknya, dan baginya akan dicatat 10 kebaikan.”

3. Malaikat Bersholawat Untukmu

Keutamaan sholawat nabi yang berikutnya yaitu malaikan juga akan bersholawat untuk kamu. Hal ini tertuang dalam sebuah hadis, yang artinya:

“Siapa yang bershalawat untuk Nabi Muhammad saw sekali, maka Allah swt dan malaikatnya akan bershalawat untuknya 70 kali.”

4. Diangkat Derajat, Mendapatkan Kebaikan, dan Menghapuskan Keburukan

Keutamaan sholawat nabi selanjutnya yaitu dapat mengangkat derajat, memberikan kebaikan, dan menghapuskan keburukan seorang muslim. Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa yang bersholawat kepadaku dari umatku sholawat secara ikhlas dari hatinya, Allah SWT akan bersholawat untuknya 10 kali sholawat, menaikkan derajatnya 10 kali, mencatat untuknya 10 kali kebaikan, dan menghapuskan untuknya 10 keburukan.”

Bacaan sholawat nabi sesuai sunnah juga memberikan keutamaan lainnya bagi umat Islam, seperti dosa-dosanya diampuni, penghibur di alam kubur, mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW, mendapatkan banyak berkah, menjadi manusia paling utama di sisi Rasulullah SAW, hingga keberkahan dan kebaikan akan terus berlimpah hingga anak dan cucunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.