Sukses

5 Manfaat Bawang Putih untuk Jerawat, Jangan Dioleskan Langsung

Manfaat bawang putih untuk jerawat berasal dari kandungan senyawa allicin yang memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan yang dapat membantu mengatasi jerawat.

Liputan6.com, Jakarta Bawang putih adalah salah satu bahan makanan yang dapat menjadi alternatif alami untuk mengatasi jerawat. Manfaat bawang putih untuk jerawat berasal dari kandungan senyawa allicin yang memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan yang dapat membantu mengatasi jerawat. Konsumsi bawang putih untuk mengatasi jerawat, sebaiknya memilih bawang putih mentah dan mengolahnya dengan panas yang minimal. Hal ini karena proses pemanasan dapat menghilangkan senyawa allicin yang terdapat pada bawang putih.

Bawang putih juga dapat dikonsumsi mentah sebagai tambahan salad atau pendamping daging bakar. Namun, cara mendapatkan manfaat bawang putih untuk jerawat ini agak sulit untuk beberapa orang karena rasanya yang tajam dan aromanya yang kuat. Sebaiknya konsumsi bawang putih dilakukan dalam jumlah yang seimbang dan tidak terlalu berlebihan. Konsumsi yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti gangguan pencernaan, bau mulut yang tidak sedap, dan reaksi alergi pada kulit.

Selain dikonsumsi, manfaat bawang putih untuk jerawat juga dapat diperoleh dengan memakai produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak bawang putih. Penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung bawang putih lebih dianjurkan ketimbang mengoleskan bawang putih langsung ke kulit. Mengoleskan bawang putih langsung ke kulit dapat memicu terjadinya iritasi yang malah merugikan. Berikut manfaat bawang putih untuk jerawat yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (15/3/203).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Sifat Antibakteri

Manfaat bawang putih untuk jerawat berasal dari kandungan senyawa allicin yang dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Senyawa ini dapat membantu membunuh bakteri yang terdapat di kulit dan membantu mencegah infeksi baru. Mengonsumsi bawang putih secara teratur atau mengoleskan bawang putih yang sudah dihaluskan pada kulit yang berjerawat dapat membantu mengurangi jumlah bakteri di kulit dan mencegah timbulnya jerawat baru.

2. Sifat Anti-inflamasi

Jerawat sering disebabkan oleh peradangan di kulit. Bawang putih mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan pada kulit yang terkena jerawat. Senyawa-senyawa ini juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan kulit yang rusak akibat jerawat.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat bawang putih untuk jerawat juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang sehat dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat dan mencegah timbulnya jerawat baru. Konsumsi bawang putih secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah jerawat.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Bawang putih mengandung banyak nutrisi penting yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Senyawa-senyawa seperti vitamin C dan vitamin B6 dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak akibat jerawat. Selain itu, bawang putih juga mengandung selenium, mineral yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

5. Mengontrol Produksi Minyak

Produksi minyak yang berlebihan dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Bawang putih mengandung senyawa yang dapat membantu mengontrol produksi minyak pada kulit. Konsumsi bawang putih secara teratur dapat membantu menjaga keseimbangan minyak pada kulit dan mencegah timbulnya jerawat.

3 dari 3 halaman

Jangan Oleskan Bawang Putih Langsung ke Kulit

Meskipun manfaat bawang putih untuk jerawat yang berasal dari kandungan senyawa allicin efektif mengatasi jerawat, tetapi tidak disarankan untuk mengoleskan bawang putih secara langsung pada kulit. Hal ini karena bawang putih yang dioleskan langsung ke wajah kulit dapat menyebabkan iritasi. Kandungan senyawa allicin yang te dioleskan secara langsung ke kulit dapat menyebabkan kulit kemerahan, bahkan bisa menimbulkan sensasi terbakar dan perih. Selain itu, bawang putih mentah juga mengandung zat-zat yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan infeksi.

Jika ingin menggunakan manfaat bawang putih untuk jerawat secara topikal, sebaiknya pakai produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak bawang putih saya. Produk perawatan kulit dengan ekstrak bawang putih telah disesuaikan pH nya dengan kulit sehingga dapat meminimalisir resiko iritasi. Namun agar lebih aman, sebelum menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak bawang putih, lakukan test patch untuk memastikan tidak ada reaksi alergi di kulit.

Manfaat bawang putih untuk jerawat juga dapat diperoleh dengan mengkonsumsinya secara teratur dalam jumlah yang wajar. Konsumsi bawang putih juga tidak dianjurkan untuk dilakukan secara berlebihan keran dapat mengakibatkan gangguan pencernaan dan menyebabkan bau yang tidak sedap.

Selain itu, penggunaan bawang putih untuk mengatasi jerawat sebaiknya diimbangi dengan menjaga kebersihan kulit secara teratur, menghindari makanan berlemak dan bergula yang dapat memicu timbulnya jerawat, serta mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam. Jam istirahat yang teratur dan olahraga juga akan membantu proses penyembuhan jerawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.