Sukses

14 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan, Kenali Pula Efek Sampingnya

Selain menyedapkan masakan ternyata manfaat bawang putih juga baik bagi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Bawang putih dikenal sebagai salah satu jenis bumbu dapur yang ada di berbagai jenis masakan dari penjuru dunia. Bawang putih memberikan rasa dan aroma yang kuat pada bahan makanan lain sehingga masakan menjadi lebih sedap dan selera makan meningkat.

Selain menyedapkan masakan ternyata manfaat bawang putih juga baik bagi kesehatan. Bawang putih mengandung beberapa nutrisi yang baik bagi kesehatan seperti, anti jamur, anti bakteri, fosfor, besi, kalium, protein dan jenis nutrisi lainnya.

Mendapatkan manfaat bawang putih dapat dilakukan dengan mengonsumsi bawang putih sebagai bumbu atau sebagai pelengkap masakan lain. Anda juga dapat mengkonsumsi bawang putih yang masih mentah atau bawang putih yang sudah diolah menjadi black garlic. Berikut manfaat bawang putih yang sudah Liputan6.com kumpulan dari berbagai sumber, Jumat (28/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Bawang Putih

1. Memperkuat Sistem Imun

Bawang putih mengandung senyawa bernama allicin yang dapat membantu melawan virus dan bakteri yang dapat merugikan tubuh. Allicin efektif membunuh bakteri penyebab penyakit, seperti pilek, radang tenggorokan, dan batuk. Selain itu, allicin juga membantu meredakan peradangan dan menangkal radikal bebas. 

2. Mengobati Flu

Seperti sudah dijelaskan, mengkonsumsi bawang putih dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sebuah penelitian dari Advances in Therapy menyatakan, orang yang mengkonsumsi suplemen bawang putih memiliki resiko terkena pilek lebih rendah dibandingkan orang yang hanya mengkonsumsi obat placebo. 

3. Rendah Kalori

Bawang putih memiliki jumlah kalori yang rendah. Jika anda sedang dalam proses diet maka tidak perlu khawatir untuk menambahkan bawang putih ke dalam makanan. Selain dapat menyedapkan masakan, mengkonsumsi bawang putih dapat membantu melancarkan metabolisme dalam tubuh. Dengan begitu berat badan lebih cepat turun.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Senyawa allicin dalam bawang putih juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Allicin dalam bawang putih dipercaya memiliki efektifitas yang sama dengan obat penurun tekanan darah tinggi generik. Mengkonsumsi bawang putih mentah setiap hari terbukti mampu mengontrol tekanan darah tetap stabil

5. Menurunkan Jumlah Kolesterol

Sebuah penelitian yang dilakukan Pakistan Journal of Pharmaceutical Medicine, menemukan manfaat bawang putih jika dikonsumsi mentah dapat meningkatkan jumlah kolesterol HDL atau kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol total dalam darah. Anda dapat mengkonsumsi satu siung bawang putih mentah sebelum tidur untuk menjaga kadar kolesterol tetap stabil. 

6. Mengandung Antibiotik

Antibiotik adalah obat yang diberikan untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan  infeksi bakteri. Mengkonsumsi antibiotik buatan pada beberapa orang dapat menimbulkan efek samping. Oleh sebab itu banyak orang yang mencari alternatif antibiotik alami seperti bawang putih.

3 dari 4 halaman

Manfaat Bawang Putih

7. Membantu Proses Detoksifikasi

Antioksidan dalam bawang putih dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Baik racun yang masuk lewat asing yang masuk ke dalam tubuh, maupun racun yang diproduksi sendiri oleh tubuh. Bawang putih mendorong produksi glutathione yang membantu hati mendetoks tubuh. 

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Bawang putih juga dapat menjaga kepadatan tulang sehingga mencegah pengeroposan pada tulang. Sebuah penelitian dilakukan pada wanita menopause, mengungkapkan bahwa bawang putih mentah dapat menurunkan tanda defisiensi estrogen yang dapat menyebabkan gangguan tulang.

9. Mengontrol Kadar Gula Darah

Mengkonsumsi bawang putih mentah secara rutin juga dapat mengontrol kadar gula dalam darah tetap stabil. Kandungan allicin pada bawang putih membantu nemingkatkan kinerja insulin yang mengontrol kadar gula dalam darah.

10. Meningkatkan Kapasitas Fisik

Bawang putih secara tradisional digunakan dalam budaya kuno untuk mengurangi kelelahan. Pada sebuah penelitian, bawang putih terbukti mampu meningkatkan kapasitas fisik untuk melakukan aktivitas sehingga tidak mudah lelah.

11. Menurunkan Resiko Kanker

Antioksidan dalam bawang putih dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel. National Cancer Institute, bahkan merekomendasi untuk mengkonsumsi bawang putih mentah dibandingkan suplemen diet bawang putih.

12. Menjaga Kesehatan Otak

Konsumsi bawang putih dapat memperlambat penuaan dan melindungi otak dari kerusakan otak yang menyebabkan Alzheimer dan Parkinson. Seperti, studi yang dilakukan para peneliti di Universitas Missouri yang mengatakan kandungan bermanfaat dari bawang putih dapat menghambat, bahkan mengembalikan kerusakan sel otak yang disebabkan oleh masalah lingkungan, seperti asap rokok, polusi udara.

13. Melawan Bakteri dan Jamur 

Bawang putih memiliki potensi yang besar untuk menjadikannya sebagai alternatif antibiotik alami. Kandungan diallyl sulfide pada bawang putih dapat mengatasi bakteri Campylobacter yang merupakan penyebab gangguan pencernaan. Bawang putih bahkan memiliki kemampuan 100 kali lipat lebih efektif daripada antibiotic pada umumnya.

14. Mengobati Jerawat

Sejalan dengan  fungsinya sebagai antibakteri, bawang putih juga dapat membantu menyembuhkan jerawat yang membandel. Salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah bakteri, kandungan sulfat yang terbentuk dari dekomposisi allicin yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat, dan alergi penyakit kulit lainnya.

4 dari 4 halaman

Manfaat Bawang Putih: Efek Samping

Meskipun memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, bawang putih dapat menimbulkan efek samping. Salah satu efek samping yang sangat terasa setelah mengkonsumsi bawang putih adalah bau mulut. Sebaiknya langsung bersihkan mulut dengan menyikat gigi agar bau nafas tidak menganggu. 

Beberapa orang juga memiliki reaksi alergi terhadap bawang putih. Seorang dengan gangguan pendarahan atau sedang mengkonsumsi obat pengencer darah, sebaiknya mengkonsultasikan konsumsi bawang putih kepada dokter. 

Perlu diingat pula apapun yang berlebihan dapat menimbulkan efek buruk pada tubuh, begitu juga dengan bawang putih. Mengkonsumsi bawang putih secara berlebihan juga dapat menyebabkan anemia. Selain itu konsumsi bawang putih berlebihan dapat mengakibatkan diare, kembung, iritasi lambung, dan masalah kesehatan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.