Sukses

8 Jenis-Jenis Ikan Predator Air Tawar yang Bisa Dipelihara di Akuarium

Alasan umum yang membuat jenis-jenis ikan dipilih untuk dipelihara di akuarium biasanya karena memiliki corak yang indah.

Liputan6.com, Jakarta Memelihara ikan di akuarium memang bukan hal baru yang telah menjadi hobi banyak orang. Apalagi ada banyak sekali jenis-jenis ikan yang bisa dipelihara di akuarium.

Beberapa jenis-jenis ikan yang bisa dipelihara di akuarium dipilih karena berbagai macam alasan. Alasan umum yang membuat jenis-jenis ikan dipilih untuk dipelihara di akuarium biasanya karena memiliki corak yang indah.

Di samping itu, bagaimana aksi ikan di dalam air juga bisa menjadi pertimbangan untuk dapat dipelihara di dalam akuarium. Bicara soal aksi ikan di dalam air, belakangan jenis-jenis ikan predator air tawar menjadi cukup populer di antara para penggemar ikan.

Salah satu daya tarik jenis-jenis ikan predator air tawar untuk dipelihara di akuarium adalah ketika diberi makan. Jenis-jenis ikan predator air tawar ini dapat menunjukkan aksi yang begitu ganas ketika ada mangsa didekatnya.

Lalu apa saja jenis-jenis ikan predator menarik untuk dipelihara di akuarium? Berikut sejumlah rekomendasi jenis-jenis ikan predator air tawar untuk dipelihara di akuarium, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (8/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Ikan Predator Air Tawar

1. Ikan Arwana

Jenis-jenis ikan predator air tawar pertama yang bisa kamu pelihara di akuarium adalah ikan Arwana. Ikan Arwana merupakan salah satu jeni ikan predator yang cukup populer dipelihara di akuarium. Ada banyak jenis-jenis ikan Arwana, yang salah satunya memiliki habitat di Indonesia, terutama di Kalimantan dan Papua.

Ikan arwana umumnya memiliki warna keperak-perakan yang sangat indah jika terkena cahaya lampu. Namun ada pula jenis-jenis ikan Arwana yang memiliki warna keemasan dan kemerahan. Adapun jenis-jenis ikan arwana antara lain arwana merah, arwana golden, arwana hijau, banjar merah, dan masih banyak lagi jenis-jenis ikan arwana.

2. Ikan Louhan

Ikan Louhan merupakan salah satu dari jenis-jenis ikan predator air tawar yang sempat populer di Indonesia. Apa yang menarik dari ikan Louhan adalah bentuknya yang tidak biasa. Ikan Louhan memiliki kepala yang besar. Dahi ikan louhan bisa membesar, dan semakin besar, maka semakin indah ikan louhan.

Sebagai salah satu dari jenis-jenis ikan predator air tawar, Louhan bisa memakan jangkrik, udang, ulat, cacing, potongan ikan segar dan lainnya.

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Ikan Predator Air Tawar

3. Ikan Channa

Ikan channa atau yang lebih dikenal dengan nama ikan gabus merupakan salah satu dari jenis-jenis ikan predator air tawar yang belakangan populer untuk dipelihara.

Channa adalah sebuah genus ikan predator dalam keluarga Channidae yang berasal dari habitat air tawar di Asia. Genus tersebut terdiri dari sekitar 50 spesies terdeskripsi secara ilmiah. Genus tersebut memiliki persebaran alami besar yang terbentang dari Irak di barat, Indonesia dan Tiongkok di timur, dan sebagian Siberia di Timur Jauh.

Jenis-jenis ikan Channa pun ada banyak sekali.Setidaknya ada lebih dari dua puluh jenis ikan channa, di antaranya adalah Channa Argus, Channa Barca, Channa bankanensis, Channa Andrao, Channa asiatica, Channa Bleheri, Channa Amphibeus, dan sebagainya.

Yang menjadi daya tarik dari ikan channa sehingga sering dipelihara di akuarium adalah coraknya yang sangat indah. Selain itu, bentuk ikan channa juga memiliki bentuk memanjang yang unik, dengan kepalanya yang menyerupai kepala ular. Maka tidak mengherankan jika jenis-jenis ikan channa ini sering juga disebut sebagai snakehead fish.

Ikan Channa merupakan salah satu jenis-jenis ikan predator yang cukup agresif. Semakin agresif ikan Channa, maka semakin menarik ikan ini untuk dipelihara. Ikan channa bisa memakan jenis ikan lainnya yang lebih kecil, cacing, bahkan untuk ikan channa yang memiliki ukuran besar, dia bisa memakan sepotong daging.

4. Ikan Genghis Khan

Ikan Genghis Khan merupakan salah satu dari jenis-jenis ikan predator yang sangat menarik untuk dipelihara di akuarium. yang menarik dari ikan ini adalah bentuknya yang menyerupai ikan hiu. Meski mirip ikan hiu, ikan Genghis Khan sebenarnya masuk dalam keluarga ikan lele.

Ikan Genghis Khan merupakan ikan yang aktif berenang. Sesekali, ikan ini mungkin akan menabrak kaca aquarium. Karena itu kamu perlu membuat tangki akuarium yang luas dengan kaca yang tebal.

 

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Ikan Predator Air Tawar

 

5. Ikan Palmas

Ikan Palmas adalah salah satu dari jenis-jenis ikan predator air tawar yang bisa menjadi opsi menarik untuk dipelihara di akuarium. Daya tarik ikan ini terletak bentuk dan coraknya yang sangat unik.

Ikan palmas memiliki bentuk yang bisa dibilang mirip dengan naga, karena sirip bagian atasnya. Ikan ini memiliki tubuh memanjang layaknya ular. Karena itu, kamu memerlukan aquarium yang agak luas untuk pergerakan ikan ini.

Meski ikan palmas adalah salah satu dari jenis-jenis ikan predator air tawar, ikan ini bukan termasuk ikan yang sangat agresif. Karenanya, ikan palmas bisa dipelihara bersama ikan-ikan lain seperti pbass atau ikan oscar.

6. Ikan Aligator

Salah satu dari jenis-jenis ikan predator air tawar yang bisa dipelihara di akuarium adalah ikan aligator. Ikan aligator atau sering disebut sebagai ikan buaya ini memiliki bentuk yang mirip dengan buaya. Mulutnya panjang, moncong dan badannya seperti buaya hanya saja tidak memiliki kaki. Jenis ikan aligator sendiri sangatlah banyak namun yang paling banyak dipelihara adalah jenis aligator gar (Atractosteus spatula).

Habitat aslinya adalah di Amerika pada perairan Sungai Mississippi sampai Rio Grande Del Norte dan bermuara pada Teluk Meksiko. Besar ikan alligator gar bisa mencapai 3 meter dan beratnya 120 kg. Untuk harga berkisar jutaan kalau sudah jadi monster. hehe Tapi ada juga yang hibah (menghadiahkan) secara cuma-cuma.

 

 

5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Ikan Predator Air Tawar

7. Ikan Peacock Bass

Salah satu dari jenis-jenis ikan predator air tawar yang bisa dipelihara di akuarium adalah ikan Peacock Bass atau yang juga dikenal dengan sebutan Pbass. Peacock bass adalah ikan pemangsa asli dari Amazon yang terkenal rakus dan lahap ketika makan.

Ikan hias ini memiliki bentuk tubuh yang cantik dengan corak warna yang mencolok. Ciri dari ikan ini adalah memiliki tubuh dengan warna dasar hijau dengan motif bintik atau garis, motif ini yang menjadi perbedaan antar jenis ikan peacock bass.

Ikan ini termasuk kedalam keluarga Cichlidae yang tergabung dalam genus Cichla, tersebar di wilayah Amerika Selatan seperti Suriname, Guyana, Venezuela, Peru hingga Amazon. Peacock bass mendiami perairan yang tenang atau berarus kecil dengan suhu antara 24°C - 27°C.

Peacock bass merupakan ikan yang memakan ikan yang lebih kecil, serangga dan katak. Ikan ini memakan dengan cara menyambar mangsanya secara utuh, cara makan inilah yang membuat banyak orang menyukai ikan peacock bass.

8. Ikan Oscar

Ikan berikutnya yang termasuk dalam jenis-jenis ikan predator air tawar yang bisa dipelihara di akuarium adalah ikan Oscar. Ikan Oscar adalah salah satu ikan predator yang populer di Indonesia. Meski demikian, ikan ini ternyata berasal dari kawasan sungai Amazon, Brazil, Amerika Selatan.

Ikan yang masih termasuk dalam keluarga Cichlid ini mempunyai karakter atau sifat agresif sehingga tidak bisa disatukan dengan ikan hias lain dalam satu akuarium yang sama. Ikan ini memangsa ikan-ikan lain dengan ukuran lebih kecil, serta kepiting, udang, ataupun jangkrik.

Ikan oscar mampu tumbuh hingga 40 cm dengan berat hingga 3 kilogram. Jika diberi makan dan dirawat dengan cara yang benar, masa hidup ikan oscar mencapai 14 tahun sehingga cocok menjadi ikan hias peliharaan jangka panjang.

Demikian adalah sejumlah rekomendasi jenis-jenis ikan predator yang bisa dipelihara di akuarium. Selain itu, sebenarnya masih ada banyak lagi jenis-jenis ikan predator air tawar yang bisa dipelihara di akuarium. hanya saja, jenis-jenis ikan predator yang telah dibahas tersebut adalah jeni yang paling umum dipelihara di akuarium.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.