Sukses

Doa untuk Orang Menikah Bahasa Arab dan Ucapan Pernikahan Islami

Doa untuk orang menikah bisa kamu ucapkan ketika menghadiri pernikahan seseorang dan saat berjabat tangan dengan mereka.

Liputan6.com, Jakarta Doa untuk orang menikah tentunya perlu dipahami oleh setiap orang. Doa ini merupakan harapan dan permohonan agar pernikahan kedua mempelai selalu diliputi berkah oleh Allah SWT. Apalagi, menikah adalah momen bahagia bagi kedua pasangan.

Dalam Islam, menikah merupakan salah satu bentuk ibadah yang memberikan pahala sangat besar. Menikah menjadi penyempurna ibadah dan diibaratkan sebagai ibadah terpanjang dalam hidup seorang muslim.

Doa untuk orang menikah bisa kamu ucapkan ketika menghadiri pernikahan seseorang dan saat berjabat tangan dengan mereka. Selain itu, kedua mempelai juga dianjurkan untuk membaca doa setelah akad nikah.

Kebahagiaan pernikahan tidak hanya dirasakan oleh kedua mempelai, tapi juga orang-orang di sekitarnya. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (7/3/2023) tentang doa untuk orang menikah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Doa untuk Orang Menikah

Doa untuk orang menikah tentunya sangat penting untuk kamu ucapkan saat menghadiri pernikahan. Doa untuk orang menikah ini merupakan harapan kamu untuk keduanya agar selalu dinaungi berkah Allah SWT. Doa untuk orang menikah juga menjadi harapan agar kedua mempelai selalu berada dalam kebaikan.  

Berikut doa untuk orang menikah yang bisa kamu sampaikan:

Baarakallahu laka wa jama’a bainakuma fi khairin. Baarakallahu likulli wahidin minkuma fi shahibihi wa jama’a bainakuma fi khairin.

Artinya: “Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagimu. Dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagi masing-masing kalian berdua atas pasangannya, dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan."

Ketika berjabat tangan dengan pengantin, kamu bisa membaca doa untuk orang menikah berikut:

"Baarakallahu laka wa baaraka 'alaika wa jama'a bainakumaa fii khair"

Artinya: "Semoga Allah memberkahi engkau dalam segala hal (yang baik) dan mempersatukan kamu berdua dalam kebaikan."

3 dari 5 halaman

Doa yang Dibaca Mempelai Setelah Akad

Setelah mengenali doa untuk orang menikah, kamu juga perlu tahu doa yang harus dibaca pengantin setelah akad. Bagi mempelai juga perlu mengucapkan doa sebagai rasa syukur karena diberi kesempatan untuk menyempurnakan ibadahnya. Doa untuk orang menikah ini dianjurkan dibaca oleh mempelai laki-laki sambil memegang ubun-ubun mempelai perempuan setelah akad nikah. Berikut doanya:

Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya.

Doa untuk pengantin baru setelah akad nikah ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW:

"Jika dari kalian menikahi seorang wanita, maka ucapkanlah: 'Ya Allah sungguh aku meminta kepada-Mu kebaikannya dan kebaikan yang Engkau ciptakan atasnya dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan apa yang Engkau ciptakan atasnya'. Dan bila seseorang membeli unta, maka peganglah ubun-ubunnya dan ucapkanlah seperti itu.” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah)

4 dari 5 halaman

Hukum Menikah dalam Islam

Sebagaimana hadis Nabi Muhammad saw yang artinya sebagai berikut:

“Wahai para pemuda! Barangsiapa di antara kalian berkemampuan untuk nikah, maka nikahlah, karena nikah itu lebih menundukkan pandangan, dan lebih membentengi farji (kemaluan). Dan barangsiapa yang tidak mampu, maka hendaklah ia puasa, karena puasa itu dapat membentengi dirinya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Hukum menikah dalam Islam bisa menjadi sunah, makruh, mubah, bahkan haram tergantung dengan kondisinya. Secara umum, hukum menikah adalah sunah.Orang yang menikah akan mendapat pahala, tapi jika tidak melakukannya pun tidak akan mendatangkan dosa.

Pernikahan menjadi wajib hukumnya jika seseorang telah mampu berumah tangga baik secara fisik, mental, maupun finansial. Pernikahan juga wajib jika seseorang sulit menghindari zina. Pernikahan akan berhukum mubah jika seseorang menikah tidak dengan tujuan membina rumah tangga sesuai syariah, melainkan hanya untuk memenuhi syahwat.

Menikah bisa makruh hukumnya jika seseorang tidak ingin menikah karena alasan penyakit atau watak. Menikah juga makruh jika laki-laki tidak mampu menafkahi istri. Dan menikah bisa haram hukumnya jika seseorang tidak mampu bertanggung jawab untuk membangun rumah tangga. Menikah juga haram jika dilakukan dengan maksud menyiksa atau menelantarkan pasangannya. Pernikahan kontrak, sedarah, beda agama, dan kondisi khusus sejenisnya juga haram dilakukan.

5 dari 5 halaman

Ucapan Selamat Menikah yang Menyentuh Hati

Selain doa untuk orang menikah, kamu juga perlu mengenali ucapan selamat yang bisa disampaikan, yaitu sebagai berikut:

1. "Selamat menempuh hidup baru, semoga menjadi keluarga sakinah, mawaddah, dan warrahmah."

2. "Selamat menikah, semoga Allah menyempurnakan kebahagiaan kalan dan menyempurnakan ibadah kalian, serta memberikan petunjuk dalam setiap keputusan."

3. "Selamat menempuh hidup baru. Semoga cinta dan kebahagiaan selalu mengisi hari-hari kalian dan menjadi keluarga sakinah, mawadah, warohmah untuk kalian berdua."

4. "Tidak ada pasangan yang sesempurna kalian berdua. Selamat atas pernikahan kalian. Allah menciptakan kalian untuk satu sama lain."

5. "Semoga pernikahan ini bertahan selama-lamanya dan membawa kegembiraan tanpa akhir bagi semua orang yang dekat dengan jiwa-jiwa yang indah ini. Semoga Allah menghujani kalian berdua dengan kedamaian dan kebahagiaan abadi!"

6. "Alhamdulillah, selamat atas pernikahan kalian. Semoga selalu dilimpahi keberkahan, kebaikan, dan cinta. Jazakallahu khairan katsiran."

7. "Selamat atas pernikahanmu, semoga kamu bisa menjadi imam yang baik dan mampu menuntun keluargamu menuju surga Allah SWT."

8. "Doa-doaku selalu bersamamu. Semoga Allah melimpahkan keberkahannya pada dirimu dan istrimu."

9. "Semoga Allah memberikan kebijaksanaan dan pengetahuan yang kalian butuhkan untuk menjalankan fase baru dalam hidup ini."

10. "Semoga Allah membantu kalian berdua untuk menemukan kebahagiaan dan kesenangan satu sama lain. Selamat menikah."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.