Sukses

15 Manfaat Glutathione Bagi Kesehatan, Tingkatkan Kekebalan Tubuh dan Kualitas Tidur

Manfaat glutathione bagi kesehatan, dapat meningkatkan kesehatan otak dan sistem kekebalan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Glutathione adalah senyawa tripeptida yang terdiri dari tiga asam amino, yaitu glisin, sistein, dan glutamat. Senyawa ini diproduksi secara alami dalam tubuh, dan memiliki peran penting dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan stres oksidatif. Selain itu, manfaaat glutathione juga berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan metabolisme dan produksi energi.

Manfaat glutathione bagi kesehatan juga dapat meningkatkan kesehatan hati, meningkatkan kesehatan kulit, dan meningkatkan kesehatan otak. Glutathione juga terlibat dalam proses detoksifikasi tubuh, yaitu proses pengeluaran zat beracun dari tubuh. Meskipun glutathione diproduksi secara alami dalam tubuh, namun ada juga sumber glutathione dari makanan, seperti daging, ikan, sayuran hijau, dan buah-buahan.

Glutathione juga tersedia dalam bentuk suplemen, namun sebaiknya dikonsumsi dengan pengawasan dan rekomendasi dari dokter atau ahli gizi. Ketika glutathione diproduksi dalam tubuh, sistein merupakan asam amino yang paling penting dan sering menjadi faktor pembatas dalam produksi glutathione. Sistein biasanya diperoleh dari asupan makanan, terutama dari protein hewani seperti daging, ayam, dan telur. Namun, sistein juga dapat diproduksi dalam tubuh dari asam amino lainnya.

Penting untuk menjaga kadar glutathione yang seimbang dalam tubuh, karena kekurangan glutathione dapat menyebabkan kerusakan sel dan berbagai masalah kesehatan. Beberapa faktor yang dapat mengurangi kadar glutathione dalam tubuh adalah paparan zat beracun, infeksi, polusi udara, radikal bebas, stres, dan faktor usia. Berikut ini manfaat glutathione yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (23/2/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Glutathione

Glutathione adalah senyawa antioksidan yang diproduksi secara alami oleh tubuh manusia. Senyawa ini terdiri dari tiga asam amino: sistein, glisin, dan asam glutamat. Glutathione memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan memberikan beberapa manfaat kesehatan yang signifikan. Berikut adalah beberapa manfaat glutathione: 

Kurangi stres oksidatif

Glutathione adalah antioksidan kuat dan alami, yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan stres oksidatif. Stres oksidatif dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, seperti penyakit kardiovaskular, kanker, dan penuaan.

Tingkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat glutathione membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dengan meningkatkan jumlah sel-sel kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Hal ini dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai macam infeksi, termasuk infeksi virus dan bakteri.

Meningkatkan kesehatan kulit

Manfaat glutathione akan membantu meningkatkan kesehatan kulit, dengan mengurangi produksi melanin yaitu pigmen yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Senyawa ini akan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan polusi lingkungan.

Detoksifikasi tubuh

Manfaat glutathione berkhasiat melakukan detoksifikasi tubuh, dengan mengikat senyawa beracun dan membantunya dikeluarkan dari tubuh. Senyawa ini juga membantu meningkatkan fungsi hati, organ yang bertanggung jawab untuk memproses dan mengeluarkan zat-zat beracun dari tubuh.

Kesehatan jantung

Glutathione membantu meningkatkan kesehatan jantung, dengan mengurangi peradangan dan stres oksidatif, dua faktor yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular. Senyawa ini juga membantu melindungi sel-sel jantung dari kerusakan akibat hipoksia, kondisi di mana sel-sel tidak mendapatkan cukup oksigen.

Fungsi insulin

Glutathione berkhasiat meningkatkan fungsi insulin, dengan membantu mengatur kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Hal ini tentu bisa mencegah diabetes tipe 2 dan penyakit metabolik lainnya.

Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat glutathione bagi kesehatan, mampu meningkatkan kualitas tidur dengan memperbaiki fungsi hormon dan sistem saraf. Senyawa ini juga membantu mengurangi stres dan kecemasan, yang dapat mempengaruhi kualitas tidur.

3 dari 4 halaman

Manfaat Glutathione

Meningkatkan kesehatan otak

Manfaat glutathione membantu menjaga kesehatan otak, dengan mengurangi peradangan dan stres oksidatif yang dapat mempengaruhi fungsi otak. Senyawa ini juga berfungsi melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer dan Parkinson.

Meningkatkan kualitas sperma

Glutathione dapat membantu meningkatkan kualitas sperma, dengan melindungi sel-sel sperma dari kerusakan akibat stres oksidatif. Senyawa yang terkandung juga bisa meningkatkan motilitas sperma, sehingga meningkatkan kemungkinan keberhasilan pembuahan.

Meningkatkan fungsi paru-paru

Manfaat glutathione membantu meningkatkan fungsi paru-paru, dengan mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan sel-sel paru-paru akibat polusi, dan paparan zat beracun lainnya. Senyawa ini juga membantu meningkatkan kapasitas paru-paru dan meningkatkan aliran udara.

Kurangi efek samping kemoterapi

Glutathione dapat mengurangi efek samping kemoterapi, dengan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radiasi dan kemoterapi. Senyawa ini juga akan meningkatkan fungsi hati, yang dapat membantu memproses dan mengeluarkan zat-zat beracun dari tubuh.

Kualitas hidup pada pasien HIV/AIDS

Manfaat gutathione dapat meningkatkan kualitas hidup pada pasien HIV/AIDS, di mana fungsi sistem kekebalan tubuh ini, mengurangi efek samping obat-obatan. Senyawa baik yang terkandung, juga bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat infeksi dan stres oksidatif.

Kesehatan mata

Glutathione membantu meningkatkan kesehatan mata, dengan melindungi sel-sel mata dari kerusakan akibat stres oksidatif dan radikal bebas. Senyawa ini juga membantu meningkatkan aliran darah ke mata dan meningkatkan fungsi retina.

Kesehatan gigi dan gusi

Glutathione juga bisa membantu meningkatkan kesehatan gigi dan gusi, dengan mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel gigi dan gusi dari kerusakan akibat stres oksidatif. Senyawa ini juga membantu meningkatkan kesehatan mulut secara keseluruhan.

Tingkatkan stamina dan daya tahan tubuh

Glutathione dapat membantu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, di mana mengurangi peradangan dan stres oksidatif, yang bisa menyebabkan kelelahan dan kelemahan. Senyawa ini juga membantu meningkatkan metabolisme dan produksi energi dalam tubuh.

Meskipun glutathione memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun diingat bahwa suplemen glutathione tidak selalu diperlukan dan dapat berpotensi menyebabkan efek samping. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi, sebelum mengambil suplemen glutathione atau mempertimbangkan cara lain untuk meningkatkan kesehatan Anda.

4 dari 4 halaman

Efek Samping Glutathione

Secara umum, glutathione dianggap aman dan tidak menyebabkan efek samping yang serius jika dikonsumsi dalam dosis yang wajar dan sesuai dengan rekomendasi dokter atau ahli gizi. Namun, penggunaan suplemen glutathione dalam dosis yang terlalu tinggi atau dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan beberapa efek samping, antara lain:

1. Gangguan pencernaan

Penggunaan suplemen glutathione dalam dosis yang tinggi, dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti sakit perut, mual, dan diare. Hal ini biasanya terjadi pada penggunaan suplemen glutathione oral yang tidak tepat dosis atau penggunaan suplemen glutathione yang tidak disertai dengan makanan.

2. Efek alergi

Beberapa orang dapat mengalami efek alergi terhadap glutathione atau bahan-bahan dalam suplemen glutathione, yang menyebabkan ruam kulit, gatal-gatal, dan sesak napas. Jika Anda mengalami gejala alergi setelah mengonsumsi suplemen glutathione, segera hentikan penggunaannya dan berkonsultasi dengan dokter.

3. Sakit kepala

Penggunaan suplemen glutathione dalam dosis yang tinggi, juga dapat menyebabkan sakit kepala pada beberapa orang.

4. Peningkatan kadar enzim hati

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan suplemen glutathione dalam dosis yang tinggi, dapat menyebabkan peningkatan kadar enzim hati tertentu (SGOT dan SGPT) pada beberapa orang. Namun, peningkatan kadar enzim hati ini biasanya bersifat sementara dan tidak berbahaya.

5. Pengurangan efektivitas obat

Penggunaan suplemen glutathione dalam dosis yang tinggi, dapat mempengaruhi efektivitas beberapa obat, terutama obat-obatan yang diberikan dalam bentuk infus. Hal ini dikarenakan glutathione dapat memodifikasi reaksi kimia dalam tubuh, yang dapat mengubah sifat obat tersebut. Selain itu, penggunaan suplemen glutathione juga dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, sehingga perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya. 

Sebaiknya hindari penggunaan suplemen glutathione pada wanita hamil atau menyusui, anak-anak, dan orang yang memiliki riwayat alergi terhadap glutathione atau bahan-bahan dalam suplemen glutathione. Selain itu, hindari juga penggunaan suplemen glutathione, jika Anda sedang menjalani terapi kemoterapi atau radioterapi, karena penggunaan suplemen glutathione dapat mempengaruhi efektivitas terapi tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.