Sukses

Protein Adalah Nutrisi Penting untuk Tubuh, Kenali Fungsi dan Jenisnya

Liputan6.com, Jakarta Protein adalah salah satu nutrisi yang berperan penting dalam membentuk dan merawat tubuh. Menjadi salah satu nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh, pemenuhan kebutuhan protein harian penting untuk diketahui dan dipenuhi.

Protein adalah zat gizi yang digunakan untuk menjaga metabolisme dan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Protein yang dikonsumsi akan dipecah dan kemudian tersebar ke seluruh tubuh sebagai sumber energi dan pendukung imunitas tubuh. Sehingga penting memenuhi kebutuhan protein harian.

Untungnya, protein adalah nutrisi yang bisa didapatkan dengan dari sumber nabati dan hewani. Sehingga untuk pemenuhan protein harian, terdapat banyak jenis makanan baik tumbuhan maupun hewan yang bisa dikonsumsi untuk pemenuhan protein harian tubuh.

Lantas apa saja manfaat dan sumber protein yang baik untuk tubuh, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Senin (28/11/2022). Pengertian protein, fungsi protein, jenis protein dan sumber-sumber protein. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Protein Adalah

Protein Adalah

Protein adalah zat yang ditemukan di seluruh tubuh, baik itu di otot, tulang, kulit, rambut dan hampir di setiap bagian atau jaringan tubuh lainnya. Protein membentuk enzim yang menggerakkan banyak reaksi kimia dan hemoglobin yang membawa oksigen dalam darah. Setidaknya 10.000 protein berbeda membentuk tubuh dan merawatnya.

Protein adalah molekul yang sangat besar yang terdiri dari unit dasar yang disebut asam amino. Protein mengandung karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen, dan belerang. Molekul protein adalah molekul besar dan kompleks yang dibentuk oleh satu atau lebih untaian asam amino yang terpuntir dan terlipat. 

Protein adalah molekul yang sangat kompleks yang secara aktif terlibat dalam aspek kehidupan yang paling mendasar dan penting. Ini termasuk metabolisme, gerakan, pertahanan, komunikasi seluler, dan pengenalan molekuler

Protein terbuat dari dua puluh lebih blok bangunan dasar yang disebut asam amino. Karena kita tidak menyimpan asam amino, tubuh kita membuatnya dengan dua cara berbeda, yaitu dari nol dan dengan memodifikasi yang lain. Sembilan asam amino yang ada yaitu histidin, isoleusin, leusin, lisin, metionin, fenilalanin, treonin, triptofan, dan valin.

Protein dibutuhkan untuk sel-sel dalam tubuh untuk tumbuh dan memperbaiki. Makan makanan kaya protein setiap hari adalah cara terbaik untuk memastikan tubuh anda mendapatkan cukup nutrisi penting ini. Protein adalah molekul besar yang sangat penting untuk banyak fungsi dalam tubuh. Protein melakukan sebagian besar pekerjaan dalam sel dan membantu jaringan dan organ tubuh bekerja.

Kebanyakan orang mendapatkan cukup protein dalam makanan sehari-hari mereka. Tetapi sangat penting untuk memastikan anda mengonsumsi cukup protein pada saat sel-sel anda perlu tumbuh atau diperbaiki, seperti ketika anda masih anak-anak atau remaja, jika anda sakit atau menjalani operasi serta jika anda adalah seorang yang sedang hamil atau menyusui.

Tubuh juga menggunakan protein untuk energi, terutama jika anda tidak cukup mengonsumsi karbohidrat. Jika seseorang kekurangan protein secara serius, semua organnya akan terpengaruh, termasuk otak, sistem kekebalan dan usus.

3 dari 6 halaman

Jumlah Protein yang Dibutuhkan Tubuh

Jumlah Protein yang Dibutuhkan Tubuh

National Academy of Medicine merekomendasikan agar orang dewasa mendapatkan minimal 0,8 gram protein untuk setiap kilogram berat badan per hari, atau lebih dari 7 gram untuk setiap 20 pon berat badan. 

- Untuk orang seberat 140 pon, itu berarti sekitar 50 gram protein setiap hari.

- Untuk orang seberat 200 pon, itu berarti sekitar 70 gram protein setiap hari.

National Academy of Medicine juga menetapkan rentang asupan protein yang dapat diterima, mulai dari 10 persen hingga 35 persen kalori setiap hari. Di luar itu, hanya ada sedikit informasi padat tentang jumlah ideal protein dalam makanan atau target kalori yang disumbangkan oleh protein. 

Efek dari kekurangan protein dan malnutrisi berkisar pada tingkat keparahan dari kegagalan pertumbuhan dan hilangnya massa otot hingga penurunan kekebalan , melemahnya jantung dan sistem pernapasan dan kematian.

4 dari 6 halaman

Fungsi Protein

Fungsi Protein

Selain air, protein adalah zat yang paling banyak terdapat di tubuh Anda. Protein ini diproduksi oleh tubuh menggunakan protein makanan yang dikonsumsi. Protein memiliki banyak fungsi untuk tubuh, berikut fungsi protein bagi tubuh:

1. Perbaikan dan Pemeliharaan

Fungsi protein sangat penting dalam pemeliharaan jaringan tubuh, termasuk perkembangan dan perbaikannya. Rambut, kulit, mata, otot dan organ semuanya terbuat dari protein. Inilah mengapa anak-anak membutuhkan lebih banyak protein per pon berat badan daripada orang dewasa, mereka tumbuh dan mengembangkan jaringan protein baru.

2. Energi

Protein adalah sumber energi utama. Jika mengonsumsi lebih banyak protein daripada yang anda butuhkan untuk pemeliharaan jaringan tubuh dan fungsi lain yang diperlukan, tubuh akan menggunakannya untuk energi. Jika tidak dibutuhkan karena asupan sumber energi lain yang cukup seperti karbohidrat, maka protein akan digunakan untuk membuat lemak dan menjadi bagian dari sel lemak.

3. Hormon

Protein terlibat dalam pembuatan beberapa hormon. Zat ini membantu mengontrol fungsi tubuh yang melibatkan interaksi beberapa organ. Insulin, protein kecil, adalah contoh hormon yang mengatur gula darah. Ini melibatkan interaksi organ seperti pankreas dan hati. Secretin adalah contoh lain dari hormon protein. Zat ini membantu proses pencernaan dengan merangsang pankreas dan usus untuk membuat cairan pencernaan yang diperlukan.

4. Enzim

Enzim adalah protein yang meningkatkan laju reaksi kimia dalam tubuh. Bahkan, sebagian besar reaksi kimia yang diperlukan dalam tubuh tidak akan berjalan efisien tanpa enzim. Misalnya, satu jenis enzim berfungsi sebagai bantuan dalam mencerna molekul protein, karbohidrat dan lemak besar menjadi molekul yang lebih kecil, sementara yang lain membantu pembuatan DNA.

5. Transportasi dan Penyimpanan Molekul

Protein adalah elemen utama dalam transportasi molekul tertentu. Misalnya, hemoglobin adalah protein yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Protein juga terkadang digunakan untuk menyimpan molekul tertentu. Ferritin adalah contoh protein yang bergabung dengan besi untuk disimpan di hati.

6. Antibodi

Protein membentuk antibodi yang membantu mencegah infeksi, penyakit, dan penyakit. Protein ini mengidentifikasi dan membantu menghancurkan antigen seperti bakteri dan virus. Mereka sering bekerja bersama dengan sel sistem kekebalan lainnya. Misalnya, antibodi ini mengidentifikasi dan kemudian mengelilingi antigen agar tetap terkandung sampai dapat dihancurkan oleh sel darah putih.

5 dari 6 halaman

Klasifikasi Protein

Klasifikasi Protein

Molekul protein adalah molekul besar dan kompleks yang dibentuk oleh satu atau lebih untaian asam amino yang terpuntir dan terlipat. Setiap asam amino terhubung ke asam amino berikutnya dengan ikatan kovalen.

- Primer (tingkat pertama) : Struktur protein adalah urutan asam amino dalam rantai.

- Sekunder (tingkat sekunder) : Struktur protein dibentuk dengan melipat dan memutar rantai asam amino.

- Tersier (tingkat ketiga) : Struktur protein terbentuk ketika puntiran dan lipatan struktur sekunder terlipat lagi untuk membentuk struktur tiga dimensi yang lebih besar.

- Kuarter (tingkat keempat) : Struktur protein adalah protein yang terdiri dari lebih dari satu rantai asam amino terlipat.

Protein dapat berikatan dengan senyawa organik lain dan membentuk molekul campuran. Misalnya, glikoprotein yang tertanam dalam membran sel adalah protein dengan gula yang menempel. Lipoprotein adalah kombinasi lipid-protein.

6 dari 6 halaman

Sumber Protein

Sumber Protein 

Anda bisa mendapatkan sumber protein dari mengonsumsi berbagai makanan seperti daging tanpa lemak, unggas, ikan, telur, susu, kacang-kacangan, biji-bijian, polong-polongan dan buncis. Anda dapat menemukan protein sehat dari tumbuhan atau hewan sesuai dengan keinginan. 

1. Protein Nabati

- Biji : Biji-bijian mengandung protein tinggi dan mengandung nutrisi lain yang dapat menurunkan kolesterol serta serat. Pilihan yang baik termasuk buncis, buncis, lentil, kacang polong dan kacang kedelai.

- Tahu : Tahu tinggi protein dan merupakan pengganti yang baik untuk daging atau unggas.

 

2. Protein Hewani

- Ikan dan makanan laut : 2-3 porsi ikan atau makanan laut seminggu baik untuk jantung. Satu porsi adalah 150g.

- Telur : Telur mengandung protein tinggi serta vitamin A, E dan B12, kolin selenium serta zat besi dan kolesterol. Jika anda memiliki kolesterol tinggi, diabetes tipe 2 atau penyakit jantung, sebaiknya anda tidak makan lebih dari 7 telur seminggu.

- Unggas : Nikmati unggas seperti ayam, kalkun, dan bebek sebagai bagian dari diet seimbang yang sehat.

- Daging merah : Daging merah adalah sumber protein yang sangat baik, tetapi telah dikaitkan dengan penyakit jantung dan stroke, jadi batasi 1 hingga 3 kali makan daging merah tanpa lemak per minggu. Daging merah termasuk daging sapi, daging sapi muda, babi dan domba.

- Susu: Protein ditemukan dalam susu, keju, dan yoghurt. Ini juga mengandung kalsium dan melindungi dari penyakit. Memilih sebagian besar varietas rendah lemak adalah yang terbaik untuk kesehatan.

Protein juga ditemukan dalam daging olahan seperti ham dan salami. Tapi ini cenderung tinggi lemak dan tinggi garam serta mengandung banyak zat aditif. Yang terbaik adalah menghindari atau membatasi daging olahan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS