Sukses

7 Manfaat Bunga Kitolod Bagi Kesehatan, Meredakan Sakit Gigi dan Obati Asma

Manfaat bunga kitolod bagi kesehatan, bisa meredakan sakit gigi.

Liputan6.com, Jakarta Di lingkungan sekitar rumah, Anda pasti menemukan tumbuhan liar yang biasanya memiliki manfaat bagi kesehatan. Salah satu tumbuhan liar yang berkhasiat adalah bunga kitolod, yang biasanya tumbuh liar di daerah lembap.

Tanaman ini memiliki daun panjang berwarna hijau, yang memiliki bentuk bergerigi di setiap sisinya. Adapun manfaat bunga kitolod bagi kesehatan, bisa mengatasi sakit gigi serta berfungsi sebagai antibiotik. 

Manfaat bunga kitolod juga dipercaya mengobati berbagai gangguan mata, seperti digunakan sebagai obat tetes mata. Namun, belum ada bukti ilmiah terkait klaim ini.

Tak hanya itu, bunga kitolod diketahui memiliki khasiat untuk mengobati sakit gigi, radang tenggorokan, dan sebagai antibiotik untuk pengobatan luka. Meski kehadirannya sering mengganggu, bunga kitolod ini bisa menjadi tanaman herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Dilansir dari situs Steemit, manfaat bunga kitolod bisa mengatasi radang tenggorokan, iritasi mata, hingga mengatasi kanker. Bunga kitolod adalah tanaman liar yang mengandung senyawa polifenol, alkaloid, dan saponin. Berikut ini manfaat bunga kitolod yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (21/2/2023).   

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Bunga Kitolod

Di lingkungan sekitar rumah, tentu akan banyak ditemui berbagai tanaman-tanaman liar yang hidup dengan subuh. Tanaman liar ini dapat tumbuh di tanah atau pekarangan, parit, bantaran sungai, lingkungan persawahan, hingga danau. Terkadang, tanaman-tanaman liar ini justru tumbuh dengan subur dan lebat dan sering kali mengganggu kebersihan lingkungan.  

1. Meredakan Sakit Gigi

Manfaat bunga kitolod bagi kesehatan berkhasiat meredakan sakit gigi. Manfaat ini tidak lain didapatkan dari daun bunga kitolod, dan bagi Anda yang sering mengalami sakit gigi, pengobatan herbal dengan menggunakan bung akitolod ini bisa dicoba. Caranya ambil 2 lembar daun kitolod lalu tumbuk hingga halus, setelah itu masukkan di lubang gigi yang sakit. Cara ini dinilai efektif untuk meredakan rasa nyeri akibat sakit gigi. Lakukan pengobatan ini jika Anda mengalami rasa nyeri karena sakit gigi.

2. Luka Antibiotik

Manfaat bunga kitolod bagi kesehatan yang terakhir namun tidak kalah menarik, adalah sebagai antibiotik untuk pengobatan luka. Manfaat ini lagi-lagi didapatkan dari daun kitolod yang diketahui mempunyai sifat antibiotik alami untuk mengatasi luka ringan seperti lecet atau sobek. Tentu ini dapat digunakan sebagai obat herbal untuk memberikan pertolongan pertama ketika terjadi luka ringan.

Untuk mendapatkan manfaat ini, maka Anda bisa ambil beberapa daun kitolod, kemudian tumbuk hingga halus. Setelah itu, balurkan daun kitolod yang telah dihaluskan pada bagian luka. Ramuan ini dapat membantu mencegah infeksi akibat bakteri atau kuman yang masuk pada luka tersebut. Bukan hanya itu, ramuan ini juga membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Manfaat Bunga Kitolod

3. Mengobati Asma dan Radang Tenggorokan

Manfaat bunga kitolod sangat baik bagi kesehatan, karena dapat mengobati asam urat dan radang tenggorokan. Perlu diketahui, bahwa daun kitolod sering digunakan untuk pengobatan tradisional asma dan bronkitis. Jika Anda tertarik untuk melakukan perawatan ini, ambil 2-3 lembar daun kitolod dan rebus dengan air bersih hingga mendidih. Setelah itu, saring air rebusan daun kitolod tersebut dan minum hingga 2 kali sehari.

Jika dilakukan secara rutin, pengobatan ini dapat membantu meredakan gejala. Namun Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan keamanannya.

4. Obat Merah

Manfaat bunga kitolod selanjutnya, digunakan sebagai obat merah yang bisa membantu mempercepat penyembuhan luka luar. Adapun luka luar yang ringan seperti lecet dan robek bisa diatasi dengan mudah menggunakan kitolod. Anda dapat memanfaatkan kitolod sebagai antibiotik alami, di mana cara penggunaannya dilakukan dengan tumbuk daun kitolod, kemudian balurkan pada luka dan area sekitarnya.

Meski memiliki beberapa manfaat, tetapi masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan keamanan dan manfaat dari kitolod. Tak apa jika ingin mencoba pengobatan alternatif tersebut, tetapi tetap konsultasikan kesehatan ke dokter untuk mendapat saran dan penanganan yang tepat.

5. Mengobati Katarak

Manfaat bunga kitolod bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat membantu mengobati katarak. Katarak adalah gangguan mata yang membutuhkan operasi medis untuk menyembuhkan atau menghilangkannya. Bunga kitolod diyakini bisa mengobati katarak. Tapi, secara medis, faktanya  bunga kitolod tidak bisa digunakan untuk menyembuhkan mata katarak. Bunga kitolod juga belum teruji secara ilmiah dapat menyembuhkan mata katarak.

4 dari 4 halaman

Manfaat Bunga Kitolod

6. Obat Mata

Manfaat bunga kitolod umumnya digunakan sebagai obat mata, yang bisa mengatasi masalah iritasi. Penggunaan bunga kitolod sebagai obat mata ini, sudah terbukti aman sehingga bisa digunakan sebagai obat herbal. Namun, penggunaan herbal ini tak boleh sembarangan.

7. Kanker

Manfaat bunga kitolod bagi kesehatan selanjutnya, bisa membantu pengobatan kanker. Daun kitolod dipercaya memiliki kandungan yang berkhasiat, untuk membantu menyembuhkan penyakit kanker. Meskipun begitu, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan manfaat kesehatan ini.

Perlu Anda ketahui bahwa, dengan mencoba pengobatan herbal ini bisa dengan merebus 3 lembar daun kitolod yang masih segar, dan menempel pada batangnya (hindari daun kitolod di pangkal batang) dengan 5 gelas air bersih. Tunggu sampai mendidih dan menguap hingga hanya menyisakan 1 gelas saja, lalu minum air rebusan daun kitolod 1 kali sehari. Rasanya memang tidak enak untuk dikonsumsi, namun Anda perlu menghabiskan minuman tersebut dengan baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini