Sukses

7 Manfaat Sholat Tahajud 40 Hari, Bisa Memperkuat Hubungan dengan Allah SWT

Manfaat sholat tahajud 40 hari, bisa mendekatkan dan memperkuat hubungan manusia dengan Allah SWT.

Liputan6.com, Jakarta Sholat Tahajud adalah salah satu sholat sunnah, yang dilakukan pada malam hari setelah waktu isya' hingga menjelang subuh. Sholat ini sangat dianjurkan oleh agama Islam, dan banyak dianjurkan untuk dilaksanakan secara rutin karena memiliki banyak manfaat spiritual dan kesehatan. Manfaat sholat tahajud 40 hari, dapat mendekatkan diri dan memperkuat hubungan dengan Allah SWT. 

Manfaat sholat tahajud 40 hari yang dilakukan secara teratur, dapat membantu membersihkan diri dari dosa, meningkatkan keberkahan hidup, hingga meningkatkan konsentrasi dan fokus. Perlu diketahui bahwa sholat Tahajud terdiri dari dua rakaat, meskipun pada prakteknya bisa dilakukan dalam jumlah rakaat yang berbeda-beda.

Pada setiap rakaat, dilakukan bacaan Al-Fatihah dan surat Al-Quran lainnya. Sholat Tahajud juga dapat dilakukan dengan melakukan sholat sunnah, atau doa-doa lainnya yang disunnahkan pada waktu malam.

Sholat Tahajud merupakan ibadah yang dianjurkan untuk dilakukan secara khusyuk dan penuh konsentrasi. Sebaiknya sholat Tahajud dilakukan setelah tidur sejenak, untuk menyegarkan tubuh dan pikiran sehingga dapat dilaksanakan dengan semangat yang lebih baik. Selain itu, manfaat sholat tahajud 40 hari yang bisa Anda peroleh yaitu dapat memberikan manfaat kesehatan, dan kebahagiaan bagi tubuh dan juga jiwa.

Berikut ini manfaat sholat tahajud 40 hari yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (21/2/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Keutamaan Sholat Tahajud

Dalam kehidupan sehari-hari, sholat Tahajud juga dapat membantu kita mengatasi masalah atau rintangan yang kita hadapi, baik itu masalah kesehatan, pekerjaan, atau hubungan. Sholat Tahajud dapat memberikan kekuatan spiritual dan mental yang diperlukan untuk menghadapi masalah tersebut, dan membantu kita menemukan solusi yang tepat.

Melansir dari laman resmi Baznas, Sholat tahajud memiliki beberapa keutamaan sebagaimana diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahuanhu (RA), Nabi shallallahualaihi wa sallam (SAW) bersabda:

"Allah Subhanahu wa Taala turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Kemudian Allah berfirman: Siapa yang berdoa kepada-Ku akan Aku ijabahi doanya, siapa yang meminta-Ku akan Aku beri dia, dan siapa yang minta ampunan kepada-Ku akan Aku ampuni dia." (HR. Bukhari, Muslim, Abu Daud, dan lainnya).

Keutamaan salat tahajud

- Salat Sunnah Paling Utama

Tahajud yang juga disebut qiyamul lail atau salat lail merupakan salat sunnah yang paling utama. Sebagaimana sabda Rasulullah:

“Salat yang paling afdhol setelah sholat fardhu adalah sholat malam” (HR. An Nasai)

- Kunci Masuk Surga

Rasulullah shallallahualaihi wasallam bersabda:

“Sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturrahim, dan shalatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Tirmidzi)

- Kemuliaan dan Kewibawaan

Selain mendapatkan kedudukan mulia di akhirat kelak, orang-orang yang ahli shalat tahajud juga akan mendapatkan kedudukan yang mulia di dunia. Allah akan memberinya kemuliaan dan kewibawaan.

“Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada shalat malamnya” (HR. Hakim; hasan)

- Menenangkan Hati

Al-Allamah Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, “Cobalah renungkan bagaimana Allah membalas shalat malam yang mereka lakukan secara sembunyi dengan balasan yang Ia sembunyikan bagi mereka, yakni yang tidak diketahui oleh semua jiwa. Juga bagaimana Allah membalas rasa gelisah, takut dan gundah gulana mereka di atas tempat tidur saat bangun untuk melakukan shalat malam dengan kesenangan jiwa di dalam Surga.” [Baca Haadil Arwaah ilaa Bilaadil Afraah oleh Ibnul Qayyim (hal. 278)]

 

3 dari 5 halaman

Manfaat Sholat Tahajud 40 Hari

1. Mendekatkan diri pada Allah SWT

Manfaat sholat tahajud 40 hari secara teratur, dapat membantu kita mendekatkan diri pada Allah SWT, karena sholat Tahajud dilakukan pada waktu yang paling sulit di malam hari, ketika kebanyakan orang tidur. Sholat Tahajud membutuhkan kesadaran dan ketulusan hati, untuk melakukan ibadah di waktu yang sulit tersebut, sehingga dapat membantu kita lebih dekat dengan Allah SWT.

2. Membersihkan diri dari dosa

Sholat Tahajud dianggap sebagai cara untuk membersihkan diri dari dosa, karena ibadah ini melibatkan pengorbanan waktu dan usaha yang signifikan untuk beribadah pada waktu yang sulit. Selain itu, sholat Tahajud juga melibatkan bacaan surat-surat yang panjang dan penuh makna, yang dapat membantu menghilangkan dosa-dosa kita.

3. Meningkatkan keberkahan hidup

Manfaat sholat tahajud 40 hari umumnya dianggap sebagai cara untuk tepat, dalam meningkatkan keberkahan hidup, karena ibadah ini melibatkan pengorbanan waktu dan usaha yang signifikan untuk beribadah pada waktu yang sulit. Selain itu, sholat Tahajud juga melibatkan bacaan surat-surat yang panjang dan penuh makna, yang dapat membantu membuka pintu-pintu rezeki yang Allah berikan.

4. Meningkatkan konsentrasi dan fokus

Melakukan sholat Tahajud selama 40 hari secara teratur, dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus kita dalam kegiatan sehari-hari, karena ibadah ini melibatkan konsentrasi yang tinggi pada bacaan surat-surat yang panjang dan penuh makna. Selain itu, sholat Tahajud dilakukan pada malam hari ketika pikiran dan jiwa lebih tenang, sehingga dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus kita dalam kegiatan sehari-hari.

 

4 dari 5 halaman

Manfaat Sholat Tahajud 40 Hari

5. Menjaga kesehatan jiwa dan fisik

Manfaat sholat tahajud 40 hari secara teratur, juga dapat membantu menjaga kesehatan jiwa dan fisik kita, karena ibadah ini melibatkan pengorbanan waktu dan usaha yang signifikan untuk beribadah. Selain itu, sholat Tahajud juga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, serta meningkatkan kualitas tidur kita.

6. Memperkuat hubungan dengan Allah SWT

Manfaat sholat tahajud 40 hari dapat membantu memperkuat hubungan kita dengan Allah SWT, karena ibadah ini melibatkan pengorbanan waktu dan usaha yang signifikan untuk beribadah pada waktu yang sulit. Selain itu, sholat Tahajud juga melibatkan bacaan surat-surat yang panjang dan penuh makna, yang dapat membantu memperkuat hubungan kita dengan Allah SWT.

7. Menjadi lebih sabar

Sholat Tahajud juga dapat membantu kita menjadi lebih sabar. Dalam sholat Tahajud, kita belajar untuk memfokuskan perhatian dan ketekunan pada ibadah, yang dapat membantu kita belajar untuk menjadi lebih sabar dalam menghadapi kesulitan dan tantangan hidup.

Namun, penting untuk diingat bahwa manfaat-manfaat tersebut tidak dapat dicapai dengan hanya sekali atau beberapa kali melaksanakan sholat Tahajud. Dibutuhkan ketekunan dan konsistensi, untuk melaksanakan sholat Tahajud selama 40 hari secara teratur. Selain itu, sholat Tahajud juga tidak dapat dipisahkan dari aspek-aspek lain dari kehidupan kita sebagai seorang muslim, seperti menjaga akhlak, berbuat baik kepada sesama, dan mematuhi perintah Allah SWT.

Sholat Tahajud dapat membantu meningkatkan keimanan kita, namun tetap dibutuhkan kesadaran dan usaha untuk mengimplementasikan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Manfaat sholat Tahajud selama 40 hari tentunya harus dilihat sebagai bagian dari upaya kita, untuk menguatkan hubungan kita dengan Allah SWT dan meningkatkan keimanan kita sebagai seorang muslim. 

5 dari 5 halaman

Doa Setelah Sholat Tahajud

Berikut doa setelah sholat tahajud:

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

"Allahumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta nurus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu antal haqq. Wa wa‘dukal haqq. Wa liqa’uka haqq. Wa qauluka haqq. Wal jannatu haqq. Wan naru haqq. Wan nabiyyuna haqq. Wa Muhammadun shallallahu alaihi wasallama haqq. Was sa‘atu haqq.

Allahumma laka aslamtu. Wa bika amantu. Wa ‘alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khashamtu. Wa ilaika hakamtu. Fagfirlii ma qaddamtu, wa ma akhkhartu, wa ma asrartu, wa ma a‘lantu, wa ma anta a‘lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. La ilaha illa anta. Wa la haula, wa la quwwata illa billah."

Artinya:

"Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar.

Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.