Sukses

15 Manfaat Shalat Dhuha, Hajat Rutin dan Berjamaah, Membawa Kecukupan Rezeki

Ada beberapa manfaat shalat dhuha.

Liputan6.com, Jakarta Shalat merupakan salah satu rukun yang penting dalam Islam, di mana hal ini merupakan kewajiban bagi setiap Muslim untuk meyakini serta melaksanakannya. Bagi umat muslim, ketika melakukan shalat tentu memiliki manfaat dalam kehidupan.

Adapun manfaat shalat, membuat terhindar dari keburukan dan bahaya. Memang setiap umat muslim dituntut untuk mendirikannya setiap lima kali sehari di tiap-tiap waktunya. Mendirikan shalat mempunyai aturan, yang juga lengkap dengan syarat-syarat, rukun-rukun, dan adab-adabnya, baik lahir maupun batin. 

Manfaat shalat yang di lansir dari laman resmi NU Online, salah satunya adalah memberi pengaruh pada ketenangan jiwa. Pernyataan ini tentu bukan tanpa alasan, Karena masih banyak penelitian psikologis yang dilakukan, serta mengungkapkan berdasarkan kajian ilmiah, yakni dengan istilah bernama 'terapi religius'. Shalat juga memiliki norma khusus yang dapat memelihara pikiran manusia yang mengerjakannya. 

Manfaat shalat tentu bisa Anda peroleh, selagi memiliki niat yang ikhlas dan tulus ketika melakukannya. Bahkan Allah sudah banyak menegaskan betapa pentingnya shalat dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya dalam surat Al-Ankabut ayat 45:

اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ ۖ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

"Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu al-Kitab (Al-Qur’an) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan."

Berikut ini manfaat shalat Dhuha bagi umat muslim yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (21/10/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Shalat Dhuha

1. Terhindar dari Keburukan

Manfaat shalat dhuha yang pertama adalah, membuat Anda untuk terhindar dari keburukan, sehingga hal ini menjadi keutamaan, serta sesuai dengan hadis berikut ini:

“Barangsiapa yang shalat dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak empat rakaat, maka ditulis sebagai orang yang ahli ibadah. Barangsiapa yang mengerjakannya enam rakaat, maka diselamatkan di hari itu. Barangsiapa mengerjakannya delapan rakaat, maka Allah tulis sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakannya dua belas rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya.” (HR. At-Thabrani).

2. Membawa Kecukupan Rezeki

Manfaat shalat dhuha  juga akan membawa kecukupan rezeki, di mana keutamaan dan manfaat shalat dhuha yang pertama menurut hadis adalah:

“Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: “Wahai Anak Adam, jangan sekali-kali kamu malas mengerjakan empat rakaat pada awal siang (shalat dhuha), nanti akan Aku cukupi kebutuhanmu pada akhirnya (sore hari).” (HR Daud, Ahmad, Tirmidzi).

3. Menjadi Bentuk Sedekah Terbaik

Manfaat shalat dhuha selanjutnya yang bisa Anda sebagai umatnya peroleh adalah sebagi bentuk sedekah yang terbaik. Hal ini sesuai dengan hadis yang menegaskan sebagai berikut:

"Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan melarang berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan shalat Dhuha dua rakaat." (HR Muslim)

4. Waktu Paling Ijabah

Selain membawa rezeki, manfaat shalat dhuha juga ditentukan oleh waktu, di mana waktu shalat dhuha juga diketahui merupakan waktu paling ijabah untuk berdoa. Hal tersebut ditegaskan pada wahyu Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Al-Isra ayat 78, sebagai berikut ini:

“Laksanakanlah salat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan (laksanakan pula salat) Subuh. Sungguh, shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).”  (Al-Qur’an surat Al-Isra ayat 78). Jika pada waktu dhuha Anda gunakan untuk memohon dan berharap doa, maka malaikat akan menolong mendoakannya agar diterima oleh Allah SWT. 

5. Waktu Tepat Memohon Ampunan

Manfaat shalat selanjutnya, merupakan waktu yang tepat jika Anda ingin memohon ampunan dari yang maha kuasa. Berdoa dan memohon ampunan di saat melakukan shalat dhuha merupakan hal yang selanjutnya didapat, hal ini sesuai dengan hadis berikut ini:

“Barangsiapa yang menjaga shalat Dhuha, maka dosa-dosanya diampuni walaupun dosanya itu sebanyak buih di lautan.” (HR. Tirmidzi).

3 dari 4 halaman

Manfaat Shalat Hajat Rutin

1. Menumbuhkan Rasa Ikhlas

Selain manfaat sholat dhuha, ada juga manfaat shalat hajat rutin yang bisa Anda peroleh adalah memberikan perasaan ikhlas. Melalui sholat hajat, seseorang biasanya mampu untuk merasakan manfaatnya, seperti menerima apapun yang ditakdirkan oleh Allah SWT. Ketika Anda berada dalam situasi yang sulit, maka manfaat shalat hajat rutin akan membuat Anda seolah diajarkan untuk bersikap lebih ikhlas dan lebih sabar untuk menghadapi kenyataan hidup yang silih berganti. 

2. Berserah Diri pada Allah SWT

Manfaat shalat hajat rutin selanjutnya, membuat umat muslim lebih mampu berserah diri kepada Allah SWT. Allah SWT menyukai hamba-Nya ketika ia kembali kepada-Nya dalam kepasrahan. Oleh karena itu, sebagai umatnya ketika Anda semakin cepat menyadari bahwa tanpa tuntunanya, Anda tak dapat hidup tanpa bantuan-Nya. Sehingga hal ini membuat Anda lebih mudah untuk berserah dan meminta bantuan-Nya, tidak peduli berapa banyak dosa yang Anda miliki.

3. Mengendalikan Kebutuhan

Manfaat shalat hajat rutin juuga membuat Anda sebagai umat muslim lebih mengendalikan kebutuhan, di mana ketika Anda melakukan shalat maka hati menjadi lebih tenang. Keadaan ini membuat kebanyakan orang ketika melakukan hajat rutin, bisa mengendalikan keinginan dan kebutuhannya. Adanya manfaat sholat hajat rutin dengan melakukan sholat hajat, maka seorang hamba akan belajar mensyukuri apa yang dimiliki.

4. Terhindar dari Kesulitan

Manfaat shalat hajat juga membuat umat muslim menjadi terhindar dari kesulitan. Perlu diketahui bahwa seorang muslim yang tengah mendapat kesulitan dalam menjalani hidup, dianjurkan untuk mengerjakan sholat hajat. Umat muslim tersebut juga dianjurkan berdoa meminta pertolongan dari Allah SWT usai sholat hajat. Lantaran, Allah SWT akan memberikan pertolongan bagi hamba-Nya yang mau berdoa.

5. Terhindar dari Bahaya

Manfaat shalat hajat rutin juga selain membuat Anda terhindar dari kesulitan, mampu juga menjauhkan Anda dari bahaya. Allah SWT telah menjanjikan siapa pun manusia yang berwudu, sholat dua raka'at, dan kemudian memohon dengan sungguh-sungguh, maka ia akan mendapatkan pertolongan. Adanya manfaat sholat hajat rutin ini ditegaskan Allah SWT dalam Al-Qur’an berikut ini: “Dan mintalah pertolongan kepada Tuhanmu dengan melaksanakan shalat dan dengan sikap sabar.” (QS. Al-Baqarah: 45)

4 dari 4 halaman

Manfaat Shalat Berjamaah

1. Pengampunan Dosa

Manfaat shalat berjamaah membuat umat muslim mendapatkan pengampunan dosa. Ketika seseorang melakukan dosa, maka wajib untuk menebusnya. Melakukan shalat berjamaah tentu bisa membantu menebus dosa. Hal ini dikarenakan shalat berjamaah mampu mendekatkan manusia kepada Allah SWT. Allah adalah satu-satunya yang mengampuni dosa-dosa ini dengan kehendaknya. Oleh karena itu, saat seseorang berwudhu dan melakukannya dengan baik, kemudian dia datang ke masjid tidak ada tujuan lain selain berdoa, Allah mengangkatnya satu derajat dengannya dan menghapus salah satu dosanya, sampai dia masuk masjid. 

2. Meruntuhkan Perbedaan Sosial

Manfaat shalat berjamaah selanjutnya, dapat meruntuhkan perbedaan sosial yang terjadi. Ketika orang mulai berkumpul di masjid, maka tak akan ada perbedaan yang terjadi, sebab yang kaya bisa di sebelah orang miskin. Pangeran di sebelah penguasa. Dengan begitu, tiap orang akan merasa dirinya setara sehingga akan timbul keakraban sosial. Shalat berjamaah juga mampu meningkatkan perasaan cinta, persaudaraan, kebahagiaan di antara umat Islam. 

3. Janji Surga dari Allah

Manfaat shalat berjamaah juga tentu membawa seseorang ke jalan surga. Allah menjanjikan surga bagi mereka yang shalat secara berjamaah. Ini dijelaskan dalam hadis:

“Ada tiga golongan yang semuanya dijamin oleh Allah Ta’ala, yaitu orang yang keluar untuk berperang di jalan Allah, maka ia dijamin oleh Allah hingga Dia mewafatkannya lalu memasukannya ke dalam Surga atau mengembalikannya dengan membawa pahala dan ghanimah, kemudian orang yang pergi ke masjid, maka ia dijamin oleh Allah hingga Dia mewafatkannya lalau memasukkannya ke dalam Surga atau mengembalikannya dengan membawa pahala, dan orang yang masuk rumahnya dengan mengucapkan salam, maka ia dijamin oleh Allah.” (HR. Abu Dawud).

4. Pahala Berlipat

Manfaat shalat berjamaah juga membuat umat muslim mendapatkan pahala berlipat, seperti yang tertuang dalam hadis, di mana Allah akan memberi pahala sebanyak 27 derajat bagi orang yang melaksanakan shalat berjamaah. Dengan shalat berjamaah menunjukkan bahwa barang siapa yang mencari dan melaksanakan shalat berjamaah, pahala mereka atas shalatnya akan berlipat ganda. 

"Shalat berjamaah melampaui sholat sendirian dengan (mendapatkan) 27 derajat." (HR. Bukhari).

Perlu juga Anda ketahui sebagai seorang muslim bahwa, shalat yang dilakukan secara berjamaah memiliki lebih banyak manfaat spiritual daripada shalat secara individual.

5. Menghindari Kemunafikan

Manfaat shalat berjamaah juga membantu mengetahui di mana Anda berdiri dengan kemunafikan. Jika ingin menghindari kemunafikan, kita harus bertekad untuk memanfaatkan setiap shalat berjamaah dengan penekanan pada shalat Isya dan Subuh.

“Dari Abu Hurairah berkata, 'Rasulullah SAW bersabda, "Shalat yang dirasakan berat bagi orang-orang munafik adalah sholat Isya dan sholat subuh, sekiranya mereka mengetahui keutamaannya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak." [Al-Bukhari dan Muslim].

Hadis lain juga berbunyi:

“Barangsiapa shalat isya’ secara berjamaah maka seakan-akan dia melakukan shalat separuh malam. Barangsiapa shalat subuh berjamaah maka seakan-akan dia shalat seluruh malam.” (HR. Muslim)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini