Sukses

Arti Mimpi Kiamat Menurut Psikologi, Primbon, dan Islam

Arti mimpi kiamat biasanya terkait dengan kehidupan sehari-hari orang yang mengalami mimpi tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Kiamat sering digambarkan sebagai akhir dari dunia, di mana pada saat itu terjadi banyak bencana alam yang memiliki daya yang dapat menghancurkan alam semesta. Bayangan tentang kehancuran dunia semacam itu sering sekali muncul dalam mimpi. Lalu apa arti mimpi kiamat?

Sebagian mimpi kadang memang hanya bungan bunga tidur. Namun beberapa mimpi yang menunjukkan gambaran yang jelas, biasanya bisa memiliki arti atau petunjuk tertentu, termasuk arti mimpi kiamat.

Arti mimpi kiamat bisa menjadi suatu petunjuk bagi seseorang yang mengalami mimpi itu . Arti mimpi kiamat biasanya juga terkait dengan kehidupan sehari-hari orang yang mengalami mimpi tersebut.

Apalagi, kiamat merupakan suatu peristiwa dari akhir dunia, yang tidak hanya diyakini oleh agama tertentu saja, tapi juga dari berbagai sistem kepercayaan dan kebudayaan. Meski dari istilah dan penggambaran detailnya, setiap agama atau sistem kepercayaan memiliki perbedaan, namun secara umum kiamat digambarkan dengan hancurnya dunia dan seisinya.

Selain bencana, banyak sistem kepercayaan dan kebudayaan sering menggambarkan kiamat dengan adanya perang besar, misalnya dalam kisah mitologi Nordik ada perang Ragnarok.

Lalu, apakah arti kiamat memiliki petunjuk tentang datangnya peristiwa seperti itu? Berikut penjelasan selengkapnya mengenai arti mimpi kiamat seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (20/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti Mimpi Kiamat sebagai Fenomena Psikologi

Arti mimpi kiamat diyakini memuat suatu petunjuk. Namun dalam kajian ilmu psikologi, mimpi sering dipahami sebagai pengalaman psikologis yang terjadi dalam tidur seseorang. Mimpi menunjukkan bagaimana otak manusia yang tidak terhubung dengan lingkungan sekitarnya tersebut dapat mengalami kondisi dunia sadar dengan sendirinya.

Lalu apa arti mimpi kiamat dari sudut pandang ilmu psikologi? Menurut psikolog, arti mimpi kiamat adalah menandakan bahwa seseorang yang mengalami mimpi tersebut terlalu mengkhawatirkan masa depan atau cemas terhadap hal-hal yang bersifat materi.

Arti mimpi kiamat juga menandakan keputusasaan terhadap kehidupan si pemimpi. Bermimpi tentang kiamat juga menunjukkan kepasrahan terhadap apa yang terjadi di dalam kehidupan Anda. Tentu saja, arti mimpi kiamat bisa berbeda-beda bagi setiap orang, tergantung bagaimana detail gambaran yang terjadi pada mimpi tersebut.

3 dari 4 halaman

Arti Mimpi Kiamat Menurut Primbon

Sementara itu jika menurut Primbon Jawa, arti mimpi kiamat bisa menjadi petunjuk bahwa akan terbuka banyak peluang dalam hidup. Tentu saja, jenis peluang atau kabar baik ini tergantung pada kondisi ketika bermimpi dan detail gambaran mimpi kiamat. Namun sebagian besar arti mimpi kiamat merupakan pertanda baik menurut Primbon Jawa.

Misalnya saja mimpi kiamat yang terjadi ketika seseorang dalam keadaan sakit. Arti mimpi kiamat itu adalah si pemimpi akan sembuh dari penyakitnya. Mimpi ini merupakan sebuah kabar yang bagus untuknya.

Ketika mimpi kiamat menunjukkan si pemimpi berada dalam peperangan, arti mimpi kiamat ini menjadi tanda kabar yang cukup baik. Jika saat ini Anda sedang menjalankan suatu proyek atau bisnis dan bersaing dengan pebisnis lain, mimpi ini menandakan Anda akan mengalami kemenangan dan kesuksesan.

Jika Anda pernah bermimpi kiamat dan Anda menyelamatkan seseorang, arti mimpi kiamat tersebut sangat baik. Arti mimpi kiamat itu adalah tanda rasa percaya diri yang Anda miliki saat ini bisa membuat kehidupan Anda lebih maju dan lebih baik lagi kedepannya.

Menurut primbon, jika perempuan mengalami mimpi kiamat, maka dia akan mendapatkan kebaikan. Apabila perempuan tersebut single atau belum menikah, mimpi ini bisa jadi pertanda jika ia akan mendapatkan jodoh. Selain pasangan, mimpi hari kiamat yang dialami perempuan pun menjadi pertanda bahwa ia akan mendapatkan awalan baru atau perlakuan yang lebih baik dari sebelumnya.

4 dari 4 halaman

Arti Mimpi Kiamat Menurut Islam

Sedangkan menurut Islam, arti mimpi kiamat biasanya terkait dengan kehidupan spiritual seseorang. Misalnya saja, apa bila mimpi kiamat menunjukkan salah satu tanda-tanda kiamat seperti munculnya Dajjal, maka artinya bahwa si pemimpi tergolong orang yang taat. Arti mimpi kiamat itu juga menandakan sebuah pertobatan atau tanda baik yang datang dari Tuhan.

Akan tetapi, arti mimpi kiamat bukan berarti bahwa Anda merupakan orang yang taat. Arti mimpi kiamat bisa jadi tanda peringatan bagi orang-orang yang berdosa. Menurut Ibnu Sirin, mimpi kiamat yang dialami seorang laki-laki bisa menjadi pertanda bahwa ia akan memenangkan sebuah persaingan, pertandingan, maupun kompetisi yang tengah dijalaninya. Bahkan, mimpi ini juga bisa dimaknai bahwa kamu memiliki kesadaran beribadah yang baik kepada Allah SWT.

Ibnu Sirin pun berpendapat bahwa mimpi kiamat atau melihat kehancuran di dunia bisa jadi peringatan bagi orang-orang yang selama ini banyak berbuat salah atau dosa. Oleh karena itu, ada baiknya bagi kamu untuk mulai introspeksi diri dan melakukan kebaikan.

Misalnya saja ketika bermimpi tentang hari kiamat, dan di dalam mimpi itu matahari terbit dari barat. Tafsir mimpi ini menunjukkan Anda keliru dalam menjalani hidup. Oleh karena itu, Anda harus segera muhasabah diri dan segera melakukan perbaikan diri.

Arti mimpi kiamat menurut Islam juga bisa berarti tanda bahwa akan datang keajaiban. Misalnya saja mimpi sedang salat kemudian terjadi kiamat. Arti mimpi kiamat itu menandakan akan ada suatu keajaiban yang datang untuk Anda sehingga membuat banyak orang terpukau dan kagum kepada Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.