Sukses

18 Cara Cepat Memanjangkan Rambut dengan Mudah dan Aman, Gunakan Bahan Alami

Cara cepat memanjangkan rambut, bisa gunakan bahan alami seperti alpukat dan lemon.

Liputan6.com, Jakarta Rambut panjang menjadi idaman banyak orang terutama wanita, karena memberikan tampilan yang cantik dan feminin. Namun, mencapai rambut panjang yang sehat dan kuat memerlukan perawatan dan kesabaran yang baik, karena pertumbuhan rambut yang sehat dan panjang memerlukan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, ada beberapa cara cepat memanjangkan rambut yang bisa Anda coba di rumah, salah satunya gunakan bahan alami seperti lidah buaya dan bawang putih. 

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut termasuk faktor genetik, pola makan yang buruk, kebiasaan merokok, kekurangan vitamin dan mineral tertentu, stres, dan kerusakan pada rambut akibat penggunaan produk kimia atau alat styling yang berlebihan. Maka cara cepat memanjangkan rambut yang bisa Anda lakukan, adalah menjaga pola makan yang sehat, hindari kebiasaan merokok, dan merawat rambut dengan benar. 

Selain perawatan dari dalam, cara cepat memanjangkan rambut yang bisa Anda terapkan adalah melakukan perawatan luar, seperti menggunakan minyak alami, ramuan herbal, dan bahan-bahan alami lainnya yang dapat membantu memperkuat rambut, meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala, dan mencegah kerusakan pada rambut. Jangan terlalu sering juga mencuci rambut, karena bisa membuat rambut menjadi kering dan rapuh. 

Berikut ini cara cepat memanjangkan rambut yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (16/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Cepat Memanjangkan Rambut dengan Bahan Alami

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah bahan alami yang dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Minyak kelapa mengandung asam lemak, yang dapat menembus ke dalam akar rambut dan membantu menjaga kelembapan rambut. Untuk menggunakannya, pertama-tama, ambil sekitar 2 sendok makan minyak kelapa dan oleskan pada kulit kepala dan rambut secara merata. Pastikan rambut dan kulit kepala tercover dengan baik. Setelah itu, pijat kulit kepala dengan lembut selama sekitar 10-15 menit untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah. Biarkan minyak kelapa meresap ke kulit kepala selama minimal 30 menit sebelum dicuci dengan sampo.

2. Lidah buaya

Cara cepat memanjangkan rambut selanjutnya adalah dengan lidah buaya, karena memiliki sifat pelembap alami yang bisa mempercepat pertumbuhan rambut. Lidah buaya kaya akan enzim proteolitik yang akan membersihkan kulit kepala dan rambut. Untuk menggunakannya, pertama-tama, iris lidah buaya dan ambil gelnya. Oleskan gel lidah buaya pada rambut dan kulit kepala secara merata. Biarkan selama 30 menit, untuk membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Setelah itu, bilas rambut dengan air bersih dan cuci dengan sampo.

3. Bawang putih

Bawang putih mengandung sulfur yang bisa meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut. Untuk menggunakannya, pertama-tama, haluskan bawang putih dan campur dengan minyak kelapa. Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala dan rambut secara merata, lalu biarkan selama 30 menit sebelum dicuci dengan sampo. Namun, bau bawang putih yang sangat kuat mungkin terasa kurang nyaman, jadi pastikan untuk membilas rambut dengan baik setelah mencuci dengan sampo.

4. Telur

Telur kaya akan protein, sehingga memperkuat rambut dan mendorong pertumbuhannya. Untuk menggunakannya, pertama-tama, campurkan satu butir telur dengan satu sendok makan minyak zaitun atau minyak kelapa. Oleskan campuran tersebut pada rambut dan kulit kepala secara merata. Biarkan selama 30 menit sebelum dicuci dengan sampo. Telur mungkin agak sulit dibersihkan dari rambut, jadi pastikan untuk membilas rambut dengan baik setelah mencuci dengan sampo.

5. Teh hijau

Cara cepat memanjangkan rambut selanjutnya, bisa menggunakan teh hijau yang mengandung antioksidan, di mana berkhasiat meningkatkan pertumbuhan rambut. Untuk menggunakannya, pertama-tama, rendam kantong teh hijau dalam air panas selama beberapa menit, lalu biarkan dingin. Gunakan teh hijau yang sudah dingin digunakan untuk membilas rambut setelah keramas. Pastikan untuk mengoleskan teh hijau pada rambut dan kulit kepala secara merata dan biarkan selama beberapa menit sebelum membilas dengan air bersih.

3 dari 4 halaman

Cara Cepat Memanjangkan Rambut dengan Bahan Alami

6. Minyak jarak

Cara cepat memanjangkan rambut berikutnya bisa gunakan minyak jarak, yang merupakan bahan alami dengan kandungan asam lemak omega-9, membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Minyak jarak juga mengandung zat anti-inflamasi, sehingga meredakan peradangan pada kulit kepala. Untuk menggunakannya, pertama-tama, ambil sekitar 2-3 sendok makan minyak jarak dan oleskan pada kulit kepala dan rambut secara merata. Pijat kulit kepala dengan lembut selama sekitar 10-15 menit untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah. Biarkan minyak jarak meresap ke kulit kepala selama minimal 30 menit sebelum dicuci dengan sampo.

7. Alpukat

Alpukat kaya akan vitamin E dan lemak sehat, dan berperan menjaga kelembapan rambut dan mendorong pertumbuhan rambut. Untuk menggunakannya, pertama-tama, haluskan daging buah alpukat dan campurkan dengan sedikit minyak zaitun. Oleskan campuran tersebut pada rambut dan kulit kepala secara merata. Biarkan selama sekitar 30 menit sebelum dicuci dengan sampo.

8. Biji rami

Cara cepat memanjangkan rambut berikutnya bisa gunakan biji rami, yang mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6. Biji ini dapat memperkuat rambut, dan mendorong pertumbuhan rambut. Untuk menggunakannya, pertama-tama, rendam biji rami dalam air selama beberapa jam. Setelah itu, hancurkan biji rami yang sudah direndam dan campurkan dengan minyak zaitun atau minyak kelapa. Oleskan campuran tersebut pada rambut dan kulit kepala secara merata. Biarkan selama sekitar 30 menit sebelum dicuci dengan sampo.

9. Jus bawang merah

Bawang merah mengandung sulfur dan quercetin, dan berperan penting dalam merangsang pertumbuhan rambut, serta meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala. Untuk menggunakannya, pertama-tama potong beberapa bawang merah dan blender sampai halus. Peras jus dari pasta bawang merah dan oleskan pada kulit kepala dan rambut. Biarkan selama sekitar 30 menit sebelum dicuci dengan sampo.

10. Yogurt

Cara cepat memanjangkan rambut selanjutnya bisa dengan yogurt, karena mengandung protein dan probiotik yang dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatan kulit kepala. Untuk menggunakannya, ambil beberapa sendok makan yogurt dan oleskan pada rambut dan kulit kepala secara merata. Biarkan selama sekitar 20-30 menit sebelum dicuci dengan sampo.

11. Lemon

Lemon mengandung vitamin C, yang dapat meningkatkan produksi kolagen di mana sangat berkhasiat untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Selain itu, asam sitrat yang terdapat pada lemon dapat membantu membersihkan kulit kepala dan mengurangi kelebihan minyak pada rambut. Untuk menggunakannya, campurkan air perasan lemon dengan air dan gunakan campuran tersebut untuk membilas rambut setelah keramas. Biarkan selama beberapa menit sebelum membilas dengan air bersih.

4 dari 4 halaman

Cara Cepat Memanjangkan Rambut

12. Perhatikan asupan nutrisi

Nutrisi yang cukup sangat penting untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Konsumsi makanan yang kaya protein, seperti daging, telur, ikan, kacang-kacangan, dan susu. Protein adalah nutrisi yang sangat penting untuk membentuk keratin, yaitu protein utama pada rambut. Selain itu, konsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan biji-bijian. Vitamin A, C, E, dan B kompleks sangat penting untuk kesehatan rambut, sedangkan zat besi membantu memperkuat akar rambut.

13. Gunakan sampo yang tepat

Cara cepat memanjangkan rambut berikutnya adalah perhatikan penggunaan sampo yang tepat, karena dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Pilih sampo yang mengandung bahan-bahan alami dan bebas dari bahan kimia keras, seperti sulfat dan paraben. Bahan kimia tersebut dapat merusak rambut dan membuatnya lebih mudah rontok. Sampo yang mengandung bahan-bahan alami, seperti lidah buaya, minyak kelapa, atau teh hijau, dapat membantu melembapkan dan memperkuat rambut.

14. Gunakan kondisioner

Selain sampo, penggunaan kondisioner juga sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut. Pilih kondisioner yang mengandung nutrisi penting untuk rambut, seperti protein, vitamin, dan minyak esensial. Kondisioner membantu melembapkan rambut dan mencegah kerusakan, serta membuat rambut lebih mudah diatur.

15. Hindari penggunaan alat pemanas

Penggunaan alat pemanas, seperti catok atau hair dryer, dapat merusak rambut dan memperlambat pertumbuhannya. Hindari atau kurangi penggunaan alat pemanas pada rambut Anda. Jika Anda perlu menggunakan alat pemanas, gunakan suhu yang rendah dan jangan terlalu sering.

16. Potong rambut secara teratur

Meskipun terdengar kontradiktif, memotong rambut secara teratur sebenarnya dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Potong ujung rambut Anda secara teratur, setidaknya setiap 2-3 bulan sekali, untuk mencegah ujung rambut yang bercabang. Ujung rambut yang bercabang dapat membuat rambut lebih mudah patah dan rontok, sehingga memperlambat pertumbuhan rambut.

17. Jangan keramas terlalu sering

Cara cepat memanjangkan rambut selanjutnya adalah jangan keramas terlalu sering, karena bisa  membuat rambut kehilangan minyak alami, sehingga memperlambat pertumbuhan rambut. Hindari keramas setiap hari, cukup keramas 2-3 kali dalam seminggu. Jika Anda perlu membersihkan rambut tanpa keramas, gunakan dry shampoo.

18. Gunakan teknik pengeringan yang tepat

Pengeringan rambut yang salah dapat merusak rambut dan memperlambat pertumbuhannya. Hindari penggunaan pengering rambut yang terlalu panas, atau menarik rambut terlalu kuat saat menyisir. Gunakan pengering rambut dengan suhu rendah atau biarkan rambut mengering secara alami.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.