Sukses

Apa yang Dimaksud dengan Seni Lukis? Pahami Pengertian, Teknik, dan Contohnya

Apa yang dimaksud dengan seni lukis tentunya berhubungan dengan gambar-menggambar dan lukis melukis.

Liputan6.com, Jakarta Apa yang dimaksud dengan seni lukis perlu dipahami setiap orang, terutama bagi kamu yang ingin mendalami ilmu seni satu ini. Seperti yang diketahui, seni lukis memiliki berbagai macam teknik serta alat dan bahan yang bisa digunakan.

Apa yang dimaksud dengan seni lukis tentunya berhubungan dengan gambar-menggambar dan lukis melukis. Untuk lebih memahami tentang salah satu jenis seni ini, kamu perlu mengenali teknik-teknik dalam seni lukis, hingga bahan dan alatnya.

Teknik seni lukis terdiri dari teknik aquarel, plakat, goresan ekspresif, serta mozaik. Sementara itu, kamu bisa menggunakan bahan-bahan dan alat seperti pensil, penghapus, pensil warna, krayon, kuas, kanvas, cat air, hingga palet cat dalam seni lukis.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Sumber Belajar Kemdikbud, Rabu (15/2/2023) tentang apa yang dimaksud dengan seni lukis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Seni Lukis?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), apa yang dimaksud dengan seni lukis yaitu seni mengenai gambar-menggambar dan lukis melukis. Apa yang dimaksud dengan seni lukis dikenal juga sebagai karya seni rupa dua dimensi yang terbentuk dan tersusun dari unsur-unsur rupa yaitu titik, garis, bidang, bentuk, ruang, warna, tekstur, dan gelap terang.

Apa yang dimaksud dengan seni lukis atau melukis dapat dilakukan di atas medium kertas, kanvas, kain, batu, dinding, ataupun media lainnya. Seni lukis merupakan pengembangan dari kegiatan menggambar. Sebuah lukisan harus dapat menerjemahkan apa yang ada dalam objeknya. Ciri khas dari karya seni lukis biasanya didasarkan pada tema, corak, gaya, teknik, bahan, dan alat pada karya tersebut.

3 dari 6 halaman

Teknik Seni Lukis

Apa yang dimaksud dengan seni lukis tentunya memiliki beragam teknik yang bisa dipraktikkan. Teknik seni lukis yang perlu kamu pahami yaitu sebagai berikut:

1. Teknik Aquarel. Teknik aquarel merupakan teknik yang digunakan baik dalam menggambar maupun melukis dengan sapuan dan paduan warna yang tipis, transparan, dan tembus pandang.

2. Teknik Plakat. Teknik plakat merupakan teknik yang digunakan dalam melukis yang bertolak belakang dengan teknik aquarel, dimana teknik plakat menggunakan sapuan dan paduan warna yang tebal atau menutup latar belakang objeknya.

3. Teknik Goresan Ekspresif. Teknik goresan ekspresif merupakan teknik dalam melukis yang terkesan bebas karena pembuatannya bisa menggunakan alat berupa jari, tangan, kuas, ataupun objek lain yang dianggap menarik oleh senimannya.

4. Teknik Mozaik. Teknik mozaik atau timbul merupakan pembuatan karya seni rupa yang menggunakan material atau bahan dari kepingan-kepingan yang sengaja dibuat dengan cara dipotong-potong atau sudah dibentuk potongan kemudian disusun dengan cara ditempelkan pada bidang datar menggunakan lem. Mozaik pada umumnya masih dianggap seni lukis karena sifatnya yang dua dimensi dan masih dibantu dengan gambar pada proses pembuatan polanya.

4 dari 6 halaman

Alat dan Bahan yang Digunakan dalam Seni Lukis

Apa yang dimaksud dengan seni lukIs tentunya memerlukan beberapa alat dan bahan dalam pembuatannya. Media berkarya dalam seni lukis meliputi alatdan bahan sebagai berikut:

1. Pensil. Pensil adalah alat utama yang dibutuhkan dalam menggambar. Pensil ini terdiri dari banyak jenis dan ketebalan masing-masing. Ada yang berukuran 2H-H (keras), HB (medium), dan B-2B (lunak).

2. Penghapus. Penghapus adalah alat kedua yang dibutuhkan dalam menggambar. Jika terjadi kesalahan dalam menggambar, kita dapat menggunakan penghapus untuk menghilangkan sketsa atau goresan yang tidak dibutuhkan. Penghapus yang baik untuk menggambar adalah penghapus yang lunak dan lentur, agar dalam membersihkan goresan-goresan pensil dapat mengurangi resiko merusak kertas.

3. Pensil Warna. Penggunaan pensil warna dapat dilakukan dengan cara mengarsir atau memblok warna. Tekanan pada penggunaan pensil sangat memengaruhi ketajaman warna.

4. Krayon. Bahan krayon terdiri dari dua macam, yaitu bahan berbasis kapur dan minyak (lilin).

5. Kuas. Kuas merupakan alat yang digunakan untuk menyapukan tinta atau cat diatas kanvas.

6. Kanvas. Merupakan bahan utama yang harus ada dalam melukis, digunakan sebagai media yang dipakai untuk menyapukan tinta atau cat dalam berkarya seni lukis.

7. Cat air. Cat air dalah bahan yang digunakan sebagai media pembentuk objek berupa warna yang dikuaskan pada media kanvas.

8. Palet cat. Palet cat adalah alat yang digunakan sebagai tempat mengaduk dan mencampur cat atau pewarna.

5 dari 6 halaman

Cara Melukis dengan Teknik Aquarel

Apa yang dimaksud dengan seni lukis terdiri dari beberapa teknik, salah satunya teknik aquarel. Tahapan dalam teknik aquarel adalah sebagai berikut:

1. Memunculkan gagasan

Dalam memunculkan gagasan, ada beberapa hal-hal yang harus dilakukan yaitu mengembangkan imajinasi, kemudian melihat objek secara langsung, selanjutnya melihat referensi tidak langsung seperti buku dan internet, lalu menuangkan ide dan gagasan dalam bentuk sketsa.

2. Menyiapkan bahan dan alat

Dalam tahap ini yang perlu dilakukan adalah menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan dalam proses berkarya.

3. Menentukan Teknik

Teknik yang digunakan adalah teknik aquarel yang menggunakan sapuan warna yang tipis dan transparan.

4. Membuat sketsa

Sketsa merupakan gambar dasar atau gambar awal yang dijadikan pedoman dalam membuat karya seni lukis. Sketsa biasanya berupa gambaran umum yang tidak mendetail dan sudah tergambar apa yang akan diungkapkan.

5. Mewarnai dan menyempurnakan lukisan

Setelah pembuatan sketsa, kegiatan sebenarnya dalam melukis akan dilakukan pada tahap ini. Langkah yang biasa dilakukan dalam tahap ini adalah mewarnai sketsa dengan goresan tipis pada objek pokok dan latar belakang. Setelah itu tinggal menyempurnakan dan memberi detail objek pada lukisan.

6. Finishing atau penyelesaian karya

Pada tahap finishing atau penyelesaian karya, kegiatannya adalah pemberian garis kontur, penegasan objek, dan pemberian warna gelap terang.

Apa yang dimaksud dengan seni lukis tentunya perlu kamu ketahui contohnya. Kamu bisa melihat contoh lukisan di bawah ini.

6 dari 6 halaman

Contoh Seni Lukis

Ilustrasi Kebakaran Besar London oleh Rita Greer

Karya Lukis Wassily Kandinsky

Lukisan Napoleon Bonaparte

Lukisan Pangeran Diponegoro

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.